Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Yang Kena Air Agar Tidak Mati Total

Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Yang Kena Air Agar Tidak Mati Total. Segala kemungkinan bisa saja terjadi dan mungkin juga di antara kalian ada yang mengalami suatu kejadian dimana HP kesayangan terkena air atau bahakan kecebur air. Air merupakan musuh bebuyutan dari perangkat elektronik dan salah satunya adalah HP.

HP sendiri merupakan perangkat elektronik yang sangat rentan terkena air, apabila HP tersebut kena air dan air masuk ke dalam rangkaian atau komponen-komponen yang ada di dalam HP maka bisa mengakibatkan kerusakan yang serius bahkan HP bisa mati total.

Air yang masuk ke dalam komponen tersebut akan membuat sistem rangkaian menjadi hubungan singkat atau konslet. Arus listrik yang terdapat pada rangkaian akan menjadi terhubung langsung antar komponen-komponen lewat air tersebut sehingga akan menimbulkan kerusakan pada HP.

Kita bisa meminimalisir atau mengantisipasi agar HP kita yang terkena air tidak terjadi kerusakan yang fatal. Lantas apa yang harus kita lakukan jika HP kita terlanjur terkena air? Jangan panik, disini admin akan berbagi tips dan juga cara mencegah serta memperbaiki HP yang terkena air.

Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Yang Kena Air Agar Tidak Mati Total.

Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Yang Kena Air Agar Tidak Mati Total


Cara Memperbaiki HP Kena Air.


1. Segera Lepaskan Baterai HP.

Pertolongan pertama pada HP yang sudah terkena air adalah dengan langsung melepas baterai dari HP tersebut. Hal ini bertujuan agar mesin HP tidak terjadi konslet akibat air yang sudah masuk ke dalam HP. Jangan menyalakan HP pada saat HP masih terkena air atau basah.

2. Lepas Kartu SIM dan Kartu Memori.

Langkah selanjutnya yaitu dengan melepas kartu SIM dan juga kartu memori untuk mencegah terjadinya kerusakan kartu tersebut akibat konslet HP yang terkena air.

3. Bongkar dan Lepas casing HP.

Lepas casing dan bongkar HP lepaskan baut-baut yang ada di HP. Jika mendapati titik air pada mesin maka tiup dengan sekencang-kencang nya atau bersihkan sisa-sia air tersebut. Ini bertujuan agar air yang masih menempel pada pcb dan komponen-komponen HP bisa segera keluar dan tidak mengendap.

4. Bersihkan LCD.

Bersihkan layar LCD dan lap dengan kain bersih secara perlahan-lahan. LCD merupakan komponen yang terdiri dari filamen lunak yang mana komponen ini tidak tahan terhadap kelembaban air. Apabila air sudah masuk ke komponen LCD maka bisa menimbulkan flek hitam pada layar LCD.

5. Keringkan HP.

Keringkan mesin atau pcb HP baik dengan hair dryer, kipas, atau blower. Disarankan apabila menggunakan hair dryer dan blower jangan sampai terlalu dekat dan jangan terlalu lama. Hal ini bertujuan agar udara panas dari alat tersebut tidak merusak komponen yang ada pada pcb HP. Jangan ambil tindakan pintas dengan menjemur HP di bawah terik matahari karena dari panas sinar matahari bisa merusak komponen-komponen HP.

6. Pengeringan Total.

Lakukan pengeringan secara total agar air yang mungkin masih ada bisa benar-benar hilang. Hal ini dapat kalian lakukan dengan cara merendam HP kedalam beras.

  • Masukan HP ke dalam kotak atau toples dengan di isi beras.
  • Bila perlu lepas pcb HP tersebut kemudian tutup toples tersebut dan diamkan sekitar 1 sampai 2 hari.
  • Dari suhu beras yang ada dalam toples tersebut mampu menyerap kadar air yang ada dalam HP tersebut.

7. Charge Baterai HP Dengan Cas Desktop.

Meski kalian meyakini ponsel sudah dalam keadaan kering, biarkan dulu dan jangan terburu-buru memasang kan baterai dan menghidupkan ponsel. Charge terlebih dahulu baterai dengan charge dekstop sampai penuh.

Jika semua langkah di atas telah dilakukan dan baterai sudah terisi penuh rakit kembali dan pasang kembali pcb, casing, baterai, dan lainnya lalu coba nyala kan HP tersebut. Dengan cara di atas besar kemungkinan HP akan menyala dengan normal kembali namun hal itu tergantung juga dari parahnya HP yang terkena air atau terendam air.

Demikian cara memperbaiki HP kena air, semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita serta bisa bermanfaat untuk kita semua.

2 Komentar untuk "Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Yang Kena Air Agar Tidak Mati Total"

  1. Kalo hpnya pakai batre tanam gimana gan?

    BalasHapus
  2. Kalau HP pakai baterai tanam bongkar HP nya dan rendam dengan beras beserta baterainya.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel