Cara Membuat dan Menggulung Spul Speaker Sendiri

Cara Membuat dan Menggulung Spul Speaker Sendiri. Mungkin kita pernah mengalami atau menjumpai sebuah loud speaker yang rusak. Dalam memperbaiki loud speaker yang rusak  tidak lah harus dilakukan oleh pabrik melainkan kita sendiri bisa membuat dan menggulung spul speaker sendiri.

Biasanya untuk spul speaker ini banyak dijual dipasaran dengan berbagai merk dan ukuran. Namun, apabila kita mengalalmi kesulitan dalam mendapatkan spull speaker yang cocok dengan speaker kita yang rusak maka alternatif yang bisa kita lakukan adalah dengan menggulung spul speaker sendiri.

Apabila kalian ingin mencoba untuk menggulung membuat spul speaker sendiri maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti hal nya pemilihan bahan yang berkualitas dan juga pengerjaan dengan teliti serta hati-hati agar kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan juga maksimal.

Tentu bahan-bahan yang akan kalian gunakan untuk membuat spul speaker ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir. Apalagi untuk bahan kawat email nya yang mana memiliki pengaruh yang kuat terhadap kualitas suara.

Cara Membuat dan Menggulung Spul Speaker Sendiri.


Cara Membuat dan Menggulung Spul Speaker Sendiri

Dalam melakukan atau mulai menggulung spul maka kita cermati dan teliti untuk ukuran diameter spul speaker agar nantinya bisa pas saat kita memasang spul speaker tersebut. Sebelum memulai menggulung tentunya ada beberapa bahan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu yang diantaranya meliputi :

Bahan-Bahan Untuk Menggulung Spul Speaker.

1. Kawat email (kawat spul).


Dalam memilih kawat email untuk spul speaker maka alangkah baiknya pilih yang berkualitas bagus. Kawat email yang bagus adalah kawat email yang full tembaga atau kuningan.

2. Mika koker spul.


Umumnya koker atau lingkaran spul menggunakan mika. Namun tak sedikit juga spul speaker yang menggunakan seng aluminium, kertas yang kaku, atau juga ebonit.

3. Lem besi cair.


4. Alat penggulung spul poros engkol.


Alat ini yang nantinya akan digunakan untuk melilit atau menggulung kawat email spul speaker. Dengan alat gulung spul ini maka bisa dengan mudah mengetahui berapa jumlah lilitan atau berapa putaran.

5. Pipa paralon.


Pipa paralon ini digunakan sebagai tumpuan mika koker saat akan menggulung spul speaker sehingga apabila sudah jadi bisa dengan mudah untuk melepas spul tersebut.

Apabila bahan-bahan di atas sudah tersedia maka kita bisa memulai melakukan gulung spul speaker sendiri yang mana cara dan langkah-langkahnya adalah sebagi berikut :

Cara dan Langkah - Langkah Menggulung Spul Speaker.

  • Pertama silahkan gunting koker atau aluminium sesuai ukuran spul speaker.
  • Pasang koker tersebut pada pipa paralon.
  • Siapkan lem besi cair dan aduk lem tersebut kemudian oleskan pada permukaan koker dengan rata.
  • Masukan pipa paralon pada poros engkol dan pipa paralon beri kelonggaran sedikit agar spul mudah di lepas saat spul nantinya sudah jadi.
  • Putar poros engkol dan mulailah menggulung kawat email dengan jumlah seperti spul yang asli.
  • Banyak nya jumlah gulungan bisa kita lihat pada penunjuk jarum di poros engkol.
  • Setelah selesai maka keringkan gulungan spul hingga benar-benar kering.
  • Jika sudah benar-benar kering lepas koker dari pipa paralon.
  • Terakhir kalian bisa menutupi ujung gulungan atau ujung kawat dengan kertas tipis.

Spul speaker yang kita buat sudah jadi dan sudah siap untuk kita pasang pada loud speaker yang rusak. Sementara saat pemasangan spul pada speaker maka lakukan lah dengan perlahan dan hati-hati agar gulungan kawat tidak lepas.

Rekomendasi :

Pilih kawat email yang bermutu bagus agar hasil spul bisa maksimal dan bagus. Sementara untuk koker bisa pakai ebonit karena selain tahan panas ebonit juga bukan dari bahan logam sehingga ebonit tidak akan mengganggu gaya magnet antara magnet speaker dan spul saat speaker berbunyi.

Demikian informasi tentang cara menggulung spul speaker. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita serta bisa bermanfaat untuk kita semua.

10 Responses to "Cara Membuat dan Menggulung Spul Speaker Sendiri"

  1. Terimakasih banyak informasinya sangat bermanfaat sekali buat saya yang lagi berusaha belajar mengenai speaker. Saya mau nanya.
    1. Untuk Koker berbahan ebonit itu kita buat sendiri beli lembaran terus kita bentuk sendiri atau bisa kita beli jadi?
    2. Untuk alat penggulung spul itu buat sendiri atau beli jadi om?

    BalasHapus
  2. Artikel yang bagus dan bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Sangat lengkap ulasan tentang Cara Menggulung Spul Speaker ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.

    BalasHapus
  4. thanks sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Terima kasih juga atas kunjunganya semoga bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainya di blog ini.. :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih gan artikelnya semoga bermamfaat tp ibonet itu kita beli dimana yaa ga?

    BalasHapus
  7. salam kenal dari kami trima kasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. Untuk semua bahan bisa beli mas di toko online juga banyak yang jual.

    BalasHapus
  9. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel