Cara Memperbaiki DVD Player Mati Standby & Tidak Bisa Menyala

Cara Memperbaiki DVD Player Mati Standby & Tidak Bisa Menyala. Kali ini admin akan membahas DVD Player merk NIKO dengan kerusakan mati standby. Kerusakan seperti ini sering juga terjadi pada DVD Player merek lain termasuk juga dengan merk china.

Sekilas DVD Player ini tampak normal atau seperti tidak rusak. Jika di perhatikan maka kerusakan seperti DVD di off kan atau dimatikan dari remote atau tombol on/off nya. Namun apabila DVD Player ini dinyalakan maka tidak ada reaksi apapun alias digital DVD Player tidak menyala.

Selain itu lampu indikator tetap menyala namun DVD tetap tidak ada reaksi baik di tombol open/close. Kerusakan seperti inilah yang di maksud dengan mati standby.

Kerusakan seperti ini dalam mencari sumber atau letak kerusakannya bisa di bilang lumayan susah. Dikarenakan kerusakan ini jarang terletak pada bagian power supply. Power supply dalam kondisi normal dan apabila di cek output tegangan power supply juga normal-normal saja.

Seperti yang admin perbaiki ini kerusakannya adalah mati standby namun bukan dari bagian power supply melainkan rusak pada bagian blok MPEG DVD tersebut.

Cara Memperbaiki DVD Player Mati Standby & Tidak Bisa Menyala.


Cara Memperbaiki DVD Player Mati Standby & Tidak Bisa Menyala

Apabila kerusakan terletak pada blok MPEG maka dalam perbaikan kita butuh kejelian serta ketelitian yang serius. Karena dari fisik komponen di MPEG yang begitu kecil serta jalur yang rumit. Jika terjadi satu kesalahan saat memperbaiki maka bisa saja mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Setelah tutup dvd player admin buka kemudian admin mulai memperbaiki kerusakan dvd tersebut. Pertama untuk memastikan tegangan power supply admin cek terlebih dulu output dari power supply. Ternyata benar output power supply menunjukan bahwa keadaan power supply masih dalam kondisi normal dan bagus.


Selanjutnya admin langsung menuju cek pada bagian blok MPEG mulai dari jalur pcb serta komponen. Hal ini untuk memastikan keadaan komponen dan juga cek semua tegangan masuk yang menyupply bagian blok MPEG.

Setelah cek blok MPEG akhirnya admin menemukan satu komponen yang mengalami kerusakan atau mati yaitu pada komponen Transistor ss8550.

Pada bagian blok MPEG DVD ini ada dua buah Transistor ss8550. Letak Trasistor tersebut bisa di lihat gambar di bawah ini :


Komponen yang rusak sudah admin temukan dan admin lepas dari pcb. Selanjutnya admin langsung menuju ke toko-toko elektronik terdekat untuk mencari part atau komponen Transistor ss8550 ini. Namun setelah admin ke toko elektronik ternyata ss8550 ini tidak ada.

Akhirnya admin pun pulang dengan tangan hampa alias tanpa membawa Transistor ss8550 yang baru. Lantas bagaimana nasib dvd player ini? setelah admin berfikir dan mencari solusi bagaimana supaya dvd player ini bisa kembali normal tanpa Transistor ss8550.

Setelah admin simpulkan mendapat inisiatif yaitu mengganti Transistor ss8550 tersebut dengan Dioda. Dan pemasangan Dioda tersebut seperti tampak gambar berikut :


Begitu Dioda tersebut selesai diganti kemudian admin coba nyala kan lampu digital pun menyala. Lalu admin coba semua untuk tombol-tombol nya baik open, close, dan lain sebagainya juga normal semua dan dvd player sudah normal kembali seperti sedia kala.


Dengan begitu maka DVD yang rusak mati standby telah normal kembali dan bisa digunakan seperti biasa.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki  DVD Player Mati Standby. Semoga informasi kali ini bisa menjadikan referensi dan bisa menambah wawasan kita terlebih bisa bermanfaat untuk kita semua.

18 Responses to "Cara Memperbaiki DVD Player Mati Standby & Tidak Bisa Menyala"

  1. Gan saya punya dvd bmc type 081p mati stanby gimana soluainya kira kira yang di ganti komponen apa? Tolong informasinya

    BalasHapus
  2. Trims gan ilmunya, baru seneng baca" nih nambah ilmu siapa tau nanti berguna. Masih awam baru hobi.

    BalasHapus
  3. Gejala sama, ikut tutorial Mas. Tapi kok belum bisa nyala Ya? Apa 8550. Satunya lage juga rusak? Apa perlu di diganti dioda juga? Fast respon Ya Mas.. Di daerah sama belum ada. Yang ada jauuuuh banget! Makasih Ya! Infonya

    BalasHapus
  4. Ryan cmd# coba cek transistornya dengan cermat kalau belum beres gnti semua dengan dioda

    BalasHapus
  5. All# Terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  6. dioda kapasitas brapa gan? thkz

    BalasHapus
  7. Mas, gejala sama, blok juga sama merk RoHS , udah dignti juga transistor nya pake dioda, dua" nya juga udah, tapi kok ttp ga bisa ya..? Fast respon mas,.. tq.

    BalasHapus
  8. Bisa saja komponen lain nya ada yang mati / rusak, coba cek keseluruhan.

    BalasHapus
  9. Ok bang VCD polytron saya juga persis seperti itu, tapi blm saya servicekan. coba besok saya buka dulu.

    BalasHapus
  10. Gan kok punya sya msih mati gan tolong bantuwanya

    BalasHapus
  11. Salam mesrah tuan.transistor Ss8550 contoh di atas boleh di ganti dgn dioda berapa vot?? Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Mantaf min sangat membantu soalnya punya saya sekarang rusak kaya gitu saya coba mudah2an nyala lagi...saya acungkan 2 jempol

    BalasHapus
  13. Bisa pakai 1 Ampere mas.

    BalasHapus
  14. Silahkan mas siapa tau bisa memperbaiki sendiri.

    BalasHapus
  15. Coba cek dulu tegangan power supply nya mas.

    BalasHapus
  16. Bisa pakai 1 Ampere mas.

    BalasHapus
  17. Silahkan mas semoga informasi ini bisa membantu dan mendapatkan solusi terbaik.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel