Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris




Cara merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris. Kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi mengenai cara serta langkah membuat power supply simetris (CT). Seperti yang diketahui secara umum power supply simetris sering digunakan pada berbagai perangkat elektronika dan memiliki berbagai fungsi yang mana salah satu nya adalah sebagai penyupply tegangan pada sebuah perangkat.

Pada dasarnya power supply ct ( simetris ) ini tidaklah beda jauh sama power supply non simetris. Yang membedakan di antara ke dua rangkaian ini adalah kalau dalam power supply non simetris memakai komponen dan juga tegangan tunggal. Sementara untuk power supply CT ( simetris ) ini memakai komponen dan tegangan ganda.

Power supply simetris memiliki tegangan output di antaranya (- 0 +) dan yang di maksud tegangan output - 0 + ini adalah :

- adalah tegangan minus.
0 adalah ground / masa / body.
+ adalah tegangan plus.

Power supply simetris sering di gunakan dalam rangkaian power supply power amplifier, rangkaian tone control, rangkaian equalizer, dan rangkaian elektronik lainnya.

Power supply ini sangatlah berperan dalam sebuah rangkaian elektronika. Tanpa adanya power supply suatu rangkian elektronika tidak akan bisa beroperasi karena dari sistem kerjanya.Power supply ini berfungsi sebagai penyupply dari pada tegangan yang di butuhkan oleh rangkaian elektronika itu sendiri.

Nah, bagi kalian yang ingin merakit sebuah power amplifier tentu akan membutuhkan rangkaian power supply ini. Apabila kalian ingin merakit / membuat power supply ct ( simetris ) maka berikut ini adalah daftar komponen dan cara membuat rangkaian power supply.

Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris.


Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris

Komponen Yang Harus Disediakan.

  • 1 buah Trafo CT.
  • 2 buah Elco ukuran minimal 2200 uf / 25 v atau sesuai kebutuhan.
  • 1 buah Dioda bridge ( kuprok ).

Cara Merakit Power Supply Simetris.


Pertama sambung atau hubungkan 2 buah Elco dengan cara kaki - dan + elco di sambung jadi satu dan sebagai 0 / ground. Kemudian kaki + Elco yang satu nya di hubungkan ke + Dioda dan kaki - Elco satu nya lagi di hubungkan ke - dioda. Selenjutnya tegangan input Dioda di hubungkan ke tegangan output trafo. untuk lebih jelas nya lihat gambar di bawah ini.

Tampak Dari Depan.


Tampak Dari Samping.


Untuk membuat power supply power amplifier dengan Watt yang besar maka dibutuhkan juga komponen-komponen yang memiliki nilai kapasitas yang besar. Rangkaian power supply di atas bisa digunakan untuk power supply dengan asupan daya yang rendah seperti halnya tone control, rangkaian equalizer, dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa simak video berikut :


Demikian pembahasan tentang cara merakit Power Supply Sederhana Simetris. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam bidang elektronika serta bisa bermanfaat untuk kita bersama.




31 Komentar

Cancel