Cara Modifikasi Tone Control + Subwoofer Agar Bass Mantap




Cara Modifikasi Tone Control + Subwoofer Agar Bass Mantap. Sekarang ini telah muncul atau beredar di pasaran elektronik sebuah tone control yang di kolaborasi dengan penambah nada bass dan tidak lain adalah tone control + subwoofer. Sistem seperti ini telah banyak di terapkan pada perangkat audio speaker aktif namun kalau di terapkan pada power amplifier rakitan maka bass semakin lebih mantap dan bass nya semakin terasa njeduk dan pulen.

kesempatan kali ini admin akan membahas tentang cara modifikasi tone control + subwoofer agar bass terasa lebih mantap dan njeduk. Tentunya hal ini juga tergantung dari selera kalian masing-masing karena setiap orang punya selera masing-masing.

Terkadang apa yang jadi selera admin belum tentu itu sama seperti selera kalian semua. Maka dari itu jika kalian menggunakan tone control subwoofer dan kalain ingin memodifikasi nya silahkan cermati dan perhatikan baik-baik penjelasan berikut.

Cara Modifikasi Tone Control + Subwoofer Agar Bass Mantap.


Cara Modifikasi Tone Control + Subwoofer Agar Bass Mantap

Di sini admin akan mencoba berbagi pengalaman untuk kalian semua tentang modifikasi tone control + subwoofer agar terasa lebih njeduk. Tentu nya kalian juga bisa modifikasi tone control sendiri dengan mudah dengan mengikuti cara-cara berikut ini.

Dalam modifikasi tone controle ini komponen apa saja yang harus di ganti?


Dari komponen-komponen yang ada pada rangkaian tone control subwoofer ada beberapa komponen yang harus di ganti ukurannya. Hal ini bertujuan agar modifikasi tone control ini nanti hasil nya bisa berfungsi dengan baik dan sesuai seperti apa yang kita harapkan. Ada pun komponen yang yang harus di ganti adalah sebagai berikut :
  • 2 buah resistor 10k di ganti resistor 8k2.
  • 1 buah resistor 330k di  ganti 470k.
  • 1 buah C milar 474nf di ganti 220nf.

Untuk penggantian C milar tidak harus 220nf bisa juga di ganti dengan 330nf atau sesuai keinginan masing-masing. Apabila kalian masih bingung di mana letak komponen-komponen di atas maka kalian bisa download gambar berikut ini  :


Sementara apabila kalian semua ingin nada treble nya lebih menonjol atau lebih tinggi maka kalian bisa melakukan jumper antara potensio volume dengan Resistor 5k6 dan C milar 102 nf. Untuk melihat bagaimana cara jumper nya download gambar berikut ini :


Semua keterangan dan cara memodifikasi tone controle telah ada pada gambar yang telah kalian download di atas. Lihat dan cermatilah dalam melakukan modifikasi tone control agar kalian bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Demikian pembahasan cara modifikasi Tone Control + Subwoofer agar Bass Mantap. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua tentang dunia elektronik dan terlebih semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apabila masih mengalami kesulitan atau ada hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan artikel ini silahkan langsung saja tulis komentar di bawah maka admin siap membantu dan jangan lupa share artikel ini.




68 Komentar

Cancel