Cara Memperbaiki Laptop ASUS 1225B Mati Total/Matot




Cara memperbaiki Laptop ASUS 1225B mati total/matot. Kali ini admin sedang memperbaiki Lapatop ASUS type 1225B yang mana dengan kerusakan mati total. Menurut pemilik nya Laptop tersebut tiba-tiba mati total alias matot saat di pakai main game.

Menanggapi informasi tersebut admin mulai menganalisa titik kerusakan pada Laptop ASUS 1225B ini. Langkah awal yang admin lakukan adalah dengan mencoba hidupkan Laptop. Admin tekan tombol On/Off berkali-kali memang tidak ada reaksi bahkan lampu indikator tidak ada yang menyala.

Sebelum amin bongkar Laptop tersebut admin cek terlebih dahulu Baterai nya menggunakan Multimeter dengan swicth pada skala 20 VDC. Hasilnya Baterai laptop masih bagus serta masih memiliki tegangan yang cukup untuk menghidupkan Laptop tersebut.

Cara Memperbaiki Laptop ASUS  1225B Mati Total/Matot.


Cara memperbaiki Laptop ASUS 1225B mati total/matot

Setelah itu baru admin bongkar Laptop dengan melepas Hardisk, RAM, Adaptor Wifi, dan juga yang lainnya. Lalu admin juga melepas motherboard dari casing. Setelah itu admin mulai melakukan cek satu demi satu komponen yang berkaitan dengan gejala kerusakan tersebut.

Mulai dari Resistor, Capasitor ( C ), IC, dan komponen yang lainnya. Admin pun juga cek untuk semua tegangan baik input atau pun output yang ada di motherboard tersebut dengan Multimeter.

Dari pemeriksaan tersebut admin mendapati ada keganjalan dalam sirkit power supply. Pada tegangan input motherboard sudah mendapat atau ada sinyal tegangan masuk namun pada output nya tidak ada respon sama sekali. Tegangan terhenti sampai sebatas titik tersebut dan ternyata pada titik tersebut yang bermasalah adalah komponen IC Power.

Setelah admin cek pada motherboard Laptop ASUS 1225B tersebut tidak hanya satu IC yang mengalami kerusakan. Terdapat 4 buah IC yang dalam kondisi rusak atau mati dan IC tersebut seperti nampak berikut ini :


Lalu admin pun langsung mengganti 4 IC tersebut. Setelah admin selesai ganti IC tersebut kemudian admin mencoba memasang baterai ke motherboard. Namun untuk Hardisk, RAM, dan juga Lcd belum admin pasang.

Setelah itu admin coba menekan tombol power On/Off nya seketika itu juga lampu indikator yang berwarna biru menyala serta kipas atau fan Prossesor sudah berputar. Setelah itu admin matikan kembali Laptop tersebut dan pasang motherboard, Hardisk, RAM, Adaptor Wiffi dan yang lainnya.


Setelah semua selesai admin pasang kembali maka admin coba nyalakan dan hasilnya Laptop ASUS 1225B tersebut telah normal kembali.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki ASUS 1225B yang rusak mati total. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kita dan bisa menambah wawasan kita semua.




20 Komentar

Cancel