Cara Memperbaiki Laptop Acer Aspire 4743 Mati Total / Matot





Cara Memperbaiki Laptop Acer Aspire 4743 Mati Total / Matot. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin maju dan canggih kini produk-produk Komputer dan Laptop semakin hari kian mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tidak terkecuali di negara Indonesia, dan dengan semua itu para penggunanya pun semakin bertambah dari hari ke hari.

Apabila membahas tentang Laptop kadang dan sering kali para pengguna mengalami problem-problem atau masalah yang tak ter-elakan dalam pemakainya sehari-hari.

Sebagai misal saat kita sedang memakainya untuk browsing atau main game tiba-tiba Laptop mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa meliputi mati total, hank, mati standbay dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan hal-hal di atas kali ini admin akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki Laptop yang mati total. Semoga informasi kali bisa bermanfaat serta bisa membantu kalian yang mungkin sedang mengalami kerusakan Laptop seperti ini.

Cara Memperbaiki Laptop Acer Aspire 4743 Mati Total.


Cara Memperbaiki Laptop Acer Aspire 4743 Mati Total / Matot

Sebelum kalian buru-buru membawa Laptop yang rusak ke tukang servis alangkah baiknya kalian coba periksa terlebih dahulu. Siapa tau rusaknya tidak terlalu parah dan kalian bisa memperbaikinya sendiri.

Lalu apa saja yang harus di periksa apabila Laptop rusak mati total ?

Untuk memperbaiki kerusakan Laptop yang mati total langkah awal pemeriksaan adalah kita analisa terlebih dahulu. Kemungkinan besar tidak ada tegangan yang masuk atau menyupply Laptop tersebut.

Periksa atau cek yang berkaitan dengan tegangan / listrik. Bisa dari baterai atau yang langsung menggunakan laptop dengan charger tanpa baterai cek charger tersebut. Pastikan semua dalam keadaan baik atau tidak rusak.

Sementara yang admin perbaiki ini adalah Laptop acer aspire 4743 mati total / matot. Setelah admin cek semua ternyata kerusakan terletak pada mainboar nya. Memang bagian laptop yang sering mengalalmi kerusakan adalah mainboard nya.

Dari mainboard tersebut admin mulai melakukan pengecekan satu persatu dan bertahap pada bagian-bagian tertentu yang ada pada mainboard tersebut. Hasil cek tersebut menujukan bahwa tegangan power supply yang masuk ke mainboard tersebut mengalami masalah. Tegangan tidak masuk sepenuhnya ke seluruh bagian komponen yang ada di mainboard.

Setelah cek komponen pada mainboard tersebut admin telah mendapatkan beberapa komponen -komponen yang rusak atau mati.  Komponen tersebut antara lain adalah  ( S ) Resistor sekring ( Resistor yang berfungsi sebagai hambatan sekaligus sebagai sekring ).Yang ke dua Resistor ( R ) dan beberapa komponen lainnya.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :


Dari komponenen-komponen  yang rusak di atas sudah admin ganti. Pada mainboard di atas masih ada satu bagian komponen IC yang lupa belum admin tandai. Bila ingin lihat bagian IC tersebut serta cara pemasangan nya bisa lihat video nya di bawah ini :


Semua komponen sudah admin ganti dan laptop acer aspire 4743 admin rakit kembali. Setelah itu admin coba tekan tombol On / Off nya laptop pun sudah menyala normal kembali.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki laptop Acer Aspire 4743 yang rusak mati total. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.

8 Komentar

Cancel