Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Paling Ampuh

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Paling Ampuh. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah tutorial atau cara membuat alat penghemat listrik sendiri. Dengan biaya yang murah dan terjangkau yang bisa kita terapkan pada jaringan listrik rumah kita masing-masing.

Seperti kita ketahui setiap hari bahkan setiap saat dan waktu kita membutuhkan akan daya listrik untuk berbagai kebutuhan. Baik kebutuhan rumah tangga atau juga kebutuhan yang lain. Belakangan ini tarif untuk daya listrik mulai naik seiring kenaikan bbm atau bahan bakar minyak.

Dengan kenaikan tarif listrik PLN ini kita pun juga harus pandai dalam mencari solusi agar tarif listrik rumah kita tidak melambung tinggi dan mahal. Tentunya kita juga harus benar-benar menghemat dari pada penggunaan daya listrik dalam kebutuhan kita sehari-hari.

Dengan demikian kita bisa mengontrol pemborosan mengenai daya listrik yang kita gunakan dalam sehari-hari. Seperti halnya sistem kelistrikan saat ini yang semakin maju dengan adanya listrik sistem pulsa yang mana kita sendiri bisa mengatur penggunaan listrik untuk lebih menghemat.

Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Paling Ampuh.


Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Paling Ampuh

Di antara alat-alat rumah tangga yang biasanya membutuhkan atau memerlukan daya besar adalah alat yang bisa menimbulkan panas. Seperti hal nya sertrika listrik, magiccom, magicjar, hairdrayer dan lain-lain. Selain itu alat yang memakai motor seperti mixer, mesin cuci, blender, kipas angin termasuk alat yang membutuhkan daya besar.

Nah dengan menanggapi permasalahan di atas kita harus bisa menghemat penggunaan listrik dengan menggunakan alat penghemat listrik. Alat ini mampu menghemat daya listrik bulanan hingga 25%-30%. Lumayan kan dengan begitu tarif listrik akan turun dengan signifikan juga akan hemat biaya bulanan.

Apabila kalian ingin membuat alat penghemat listrik ini maka ada beberapa komponen atau bahan yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu.

Bahan-Bahan Membuat Alat Penghemat Listrik.


  • Box power supply.
  • Kabel jack listrik.
  • Sekring 5Ampere.
  • Lampu setrika listrik.
  • Capasitor non polar 47 Uf / 450VAC.

Rangkai semua komponen seperti skema di atas kemudian bila sudah jadi masukan atau tempatkan dalam box power supply agar lebih aman. Setelah itu semua komponen dalam box power supply di cor dengan semen putih terkecuali lampu indikator.

Demikian pembahasan tentang cara membuat alat penghemat listrik. Semoga informasi kali ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

7 Responses to "Cara Membuat Alat Penghemat Listrik Paling Ampuh"

  1. Apakah bisa menggunakan kapasitor 220uf 450v..?

    BalasHapus
  2. Itu rangkaian kenapa harus di cor apa sewaktu2 bisa meledak.

    BalasHapus
  3. Apa bisa alat penghemat listrik di atas selain dicolokan,mungkin disambungkan lgsg setelah meter/sekering kira2 berbahaya/tidak mohon penjelasanya sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  4. Bisa saja mas silahkan dicoba.

    BalasHapus
  5. Hal itu untuk keamanan saja mas agar rangkaian aman dan kita tidak tersengat aliran listrik.

    BalasHapus
  6. Tentu bisa sekali mas jika tidak ingin memakai stop kontak listrik maka bisa disambung langsung ke dalam jaringan listrik rumah.

    BalasHapus
  7. Thanks sharingnya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel