Cara Backup Semua Artikel dan Template Blog

Cara Backup Semua Artikel dan Template Blog. Bukan hal yang tidak mungkin jika suatu blog yang kita bangun atau kita kelola akan di hapus oleh pemilik hosting dari blogger ini yaitu google. Kini google juga lagi gencar-gencarnya menghapus blog-blog yang dianggap spam. Blog yang tidak mengikuti serta mematuhi kebijakan dari google bisa menjadi target penghapusan Google.

Jangankan blog yang trafik nya rendah atau sedikit, blog yang trafik nya lumayan tinggi pun terkadang di hapus juga oleh google. Jika sudah demikian maka kita tidak bisa lagi mengelola atau pun mengakses blog yang telah terhapus tersebut.

Berkaitan dengan itu semua tentunya kita sebagai admin atau pengelola blog yang kita miliki merasa cemas apabila masalah tersebut menimpa pada blog kita. Yang telah susah payah kita kelola serta update artikel dari tiap hari, tiap minggu atau pun tiap bulan.

Sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan tersebut maka kita perlu adanya backup data blog yang kita miliki. Backup data ini bertujuan apabila blog kita terkena dampak penghapusan oleh google.

Baik itu data artikel dan juga data template yang kita gunakan pada blog kita. Selain itu jika ada pihak yang tidak suka kepada kita kemudian menjahili dan menghack serta menghapus semua postingan dan artikel kita, maka kita masih memiliki data-data dari blog kita tersebut.

Backup data blog cukuplah penting bagi kita yang memiliki blog. Namun terkadang kita sering membuat remeh atau pun menyepelekan hal tersebut. Cara backup blog kita tidaklah sulit tinggal kita download berkas nya kemudian kita simpan di komputer atau laptop kita.

Cara Backup Semua Artikel dan Template Blog.


Cara Backup Semua Artikel dan Template Blog

Cara Backup Artikel Blogger.


  • Langkah pertama login atau masuk ke blogger.
  • Jika memiliki lebih dari satu blog maka tentukan dulu blog mana yang akan di backup.
  • Setelah itu pilih menu setelan atau setting.
  • Kemudian pilih lainnya.
  • Lalu pilih Ekspor blog.


  • Selanjutnya pilih Unduh Blog.
  • Terakhir klik simpan berkas dan oke.

Format berkas yang sudah kita download tadi adalah XML, untuk backup template blogger caranya pun tidak jauh berbeda dari backup data postingan artikel, dan caranya seperti berikut.


Cara Backup Template Blogger.


  • Pertama pilih menu template.
  • Kemudian pilih cadangkan atau pulihkan.
  • Selanjutnya pilih unduh template lengkap.
  • Setelah itu simpan berkas dan oke.

Demikianlah cara backup artikel dan template blog. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua dan terlebih semoga bisa bermanfaat untuk kita yang ingin melakukan backup data blog.

0 Response to "Cara Backup Semua Artikel dan Template Blog"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel