Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Elektronika

September 23, 2015 - 0 komentar




Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Elektronika. Kapasitor disebut juga sebagai kondensator yang memiliki sistem kerja dan fungsi untuk menyimpan muatan listrik yang bersifat sementara.

Fungsi umum Kapasitor tidak terbatas pada penyimpanan muatan listrik, akan tetapi fungsi Kapasitor secara luas meliputi berbagai macam yang di antranya sebagai kopling, sebagai filter, sebagai penentu frekuensi pada oscilator, dan lain sebagainya.

Bagian pada Kapasitor terdiri dari dua buah konduktor atau pelat metal dengan bagian penyekat yang disebut dielektrik. Sementara besarnya Kapasitas serta karakteristik kapasitor ini ditentukan dari bahan dielektrik yang digunakan seperti halnya berbahan kertas, keramik, gelas, udara vakum, dan lain-lain.

Pada umumnya prinsip kerja dari Kapasitor hampir sama halnya seperti Resistor. Yang mana Kapasitor masuk dalam kategori komponen pasif sehingga komponen ini bekerja tanpa memerlukan arus panjar atau arus listrik.

Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Elektronika.


Pengertian dan Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Elektronika

Kapasitor pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1791-1867. Satuan dari Kapasitor adalah Farad yang mana satuan tersebut diambil dari nama penemunya.

Namun untuk rangkaian elektronika satuan Farad tersebut dianggap terlalu besar sehingga pada akhirnya  satuan Farad tersebut diperkecil menjadi µF (mikro Farad), nF (nano Farad) dan pF (piko Farad).

1 µF = 10-6 F
1 nF = 10-9 F
1 pF = 10-12 F

1 F = 1.000.000 µF
1 µF = 1.000.000 pF
1 µF = 1.000 nF
1 nF = 1.000 pF

Ukuran bentuk fisik dari Kapasitor tergantung dari kapasistas yang dimiliki Kapasitor tersebut. Biasanya semakin besar nilai kapasitasnya maka semakin besar pula bentuk dari Kapasitor tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Kapasitor, semoga informasi kaliini bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan kita semua.



Ikhsan Ardianto

Manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Selagi masih bisa dan mampu maka teruslah berusaha dan berdo'a.

Berkomentarlah dengan bijak dan jangan menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.