Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak Mati Total Agar Normal Kembali

Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak Mati Total Agar Normal Kembali. Aki pada kendaraan seperti halnya sepeda motor merupakan komponen yang cukuplah penting. Seperti diketahui secara umum fungsi aki pada kendaraan terbilang cukup banyak dan salah satunya adalah untuk memberi energi listrik ke starter motor.

Saat ini mayoritas pada kendaraan bermotor telah menggunakan aki kering atau accu kering. Yang mana bila ditilik dari segi perawatan serta penggunaannya memang lebih mudah serta efisien. Perawatan pada aki kering tidak perlu pengisian air aki yang secara rutin atau pun berkala.

Beda halnya dengan aki basah atau accu basah yang harus mengontrol serta cek secara berkala untuk menjaga performa aki agar tetap prima. Sementara untuk aki kering bisa di bilang lebih efisien karena memang memiliki performa serta kinerja yang lebih baik dari pada aki basah.

Selain itu pada aki kering untuk posisi peletakannya bisa bebas. Karena aki kering bisa kita posisi kan secara miring atau juga bisa kita posisi kan secara tegak tanpa dan tak perlu khawatir air aki akan tumpah.

Berkaitan dengan hal tersebut kali ini admin akan mengulas bagaimana memperbaiki aki basah yang rusak dengan mudah dan sederhana. Mungkin saat ini kalian sedang mengalami permasalahan dengan aki kendaraan yang di antaranya aki kering soak, aki kering drop, aki kering tekor, dan lain sebagainya.

Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak Mati Total Agar Normal Kembali.


Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak Mati Total Agar Normal Kembali

Untuk melakukan perbaikan aki kering yang rusak tentunya ada beberapa bahan yang harus di persiapkan sebagai pendukung dalam proses perbaikan. Adapun bahan serta serta langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


Bahan Yang Diperlukan Dalam Memperbaiki Aki Kering Rusak.


  • Yang utama pastinya aki kering yang rusak.
  • Obeng minus ( - ) , cutter, pencukit, gergaji besi atau lainnya yang mungkin bisa di gunakan untuk membuka tutup aki kering.
  • Air aki zuur pengisi baru bukan air zuur untuk penambah. Alternatif bisa memakai air aqua.
  • Jarum suntik atau suntikan printer.
  • Lem tembak atau lem plastik.


Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak.


  • Buka tutup aki kering dengan obeng atau pencukit. Biasanya untuk membukanya cukup sulit maka harus sedikit di paksa dan juga harus hati-hati. Apabila dengan mencukit tidak bisa terbuka maka gunakan gergaji besi untuk membukanya.
  • Apabila sudah terbuka tutup aki tersebut maka buka juga penutup karetnya. Biasanya berbentuk bulat kecil lalu bersihkan atau lap aki dengan kain kering.
  • Isi atau masukan air zuur ke lubang aki kering tersebut dengan menggunakan suntikan sampai ke tingkat over atau upper. Bisa juga menggunakan alternatif air aqua sebagai pengganti air zuur.
  • Jika sudah tutup atau pasang kembali tutup karet.
  • Kemudian tutup aki dengan benar-benar rapat jangan sampai adayang bocor. Jika memang ada kebocoran atau penutup aki ada yang retak karena di paksa saat pembukaan maka lap dan bersihkan penutup aki dengan kain lalu beri lem plastik atau lem tembak.
  • Setelah itu charger aki kering. Kalau tidak punya charger aki maka bisa langsung memasang kembali aki kering ke sepeda motor atau kendaraan bermotor.
  • Setelah itu nyalakan motor dan tarik gas motor secara perlahan kira-kira separuh gas. Hal ini bertujuan agar motor bisa melakukan charger atau pengisian aki kering tersebut.

Dengan cara ini aki kering yang rusak, tekor atau aki kering drop bisa dengan mudah di atasi tentu dengan hemat biaya tanpa perlu membawanya ke tempat sevice.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki aki kering rusak tekor soak dan mati. Semoga dengan pembahasan ini bisa menambah wawasan kita dan juga semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak Mati Total Agar Normal Kembali"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel