HP Masuk Air? Jangan Panik, Begini Cara Tepat Untuk Mengatasinya

HP Masuk Air? Jangan Panik, Begini Cara Tepat Untuk Mengatasinya. Permasalahan pada handphone terjadi bukan hanya dari segi kerusakan handphone itu sendiri dan tak luput juga untuk Smartphone Android yang mana permasalahan tersebut terkadang disebabkan dari kelalaian kita sendiri.

Sebagai contoh saja saat kita renang atau mencebur ke air kita lupa atau lalai bahwa Smartphone Android kita masih di dalam saku dan secara tidak langsung maka Smartphone Android kita akan basah terkena air juga.

Berkaitan dengan hal ini atau permasalahan pada Smartphone Android tersebut, maka admin akan membahas bagaimana cara mengatasi, menyelamatkan, dan juga membahas solusi apa yang harus kita lakukan jika Android masuk air.

Hal ini mencakup , Android tercebur air, Android terkena air, Android terendam air, Android tertumpahan air, dan lain sebagainya. Intinya adalah bagaimana cara mengatasi hp jika tercebur ke air.

HP Masuk Air? Jangan Panik, Begini Cara Tepat Untuk Mengatasinya.


HP Masuk Air? Jangan Panik, Begini Cara Tepat Untuk Mengatasinya

Dalam mengatasi HP yang terkena air ada beberapa cara serta langkah-langkah yang harus kita lakukan agar HP bisa ter selamat kan dan tidak menimbulkan kerusakan yang parah. Adapun cara mengatasi Android yang masuk ke air dan yang harus segera Anda lakukan sebagai berikut:

1. Secepat mungkin ambil hp yang masuk ke air tersebut.

Apabila hp kalian tercebur ke air atau masuk ke air, misalkan saja tercebur ke kolam air maka kalian harus secepatnya mengambil hp tersebut. Semakin cepat semakin baik, ini bertujuan agar air yang masuk ke hp tidak merembes ke mana-mana serta mencegah adanya konsleting pada komponen hp, sehingga bisa meminimalisir kerusakan yang fatal.

2. Segera lepas baterai hp.

Jika hp yang masuk ke air dalam keadaan atau kondisi masih menyala maka segera dan langsung saja lepas baterai. Hal ini bertujuan agar komponen-komponen hp yang terkena air tidak mendapat tegangan dan sumber daya akan otomatis terputus. Sehingga bisa memperkecil resiko konsleting antar komponen hp tersebut.

3. Jangan mencoba untuk menyalakan hp.

Sesaat setelah kalian melepas baterai hp yang terkena air maka jangan sesekali atau buru-buru menyalakan hp. Apabila kalian langsung menyalakan nya maka dapat memicu konsleting pada mesin hp dan dapat mengakibatkan hp malah mati total atau matot.

4. Segera saja keluarkan SIM Card dan juga karru memori.

Langkah selanjutnya segera saja lepas atau keluarkan kartu SIM serta kartu memori. Hal ini bertujuan untuk mencegah serta menghindari kerusakan dan kehilangan data baik kartu SIM dan kartu memori. Apabila ingin cek kondisi kartu SIM dan memori maka gunakan hp lain.

5. Keringkan hp sampai benar-benar kering.

Dalam mengeringkan hp yang terkena air ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar hp benar-benar kering dan tidak ada sisa-sisa air yang tertinggal di dalam hp. Adapun langkah yang dapat kita tempuh sebagai berikut:

  • Usap atau lap hp dengan tissue atau kain kering yang memiliki serat bisa menyerap air lebih kuat. Bisa pakai kain handuk dan lain sebagainya. Dengan mengusap atau mengelap ini mungkin hanya bisa menyerap air untuk bagian sisi luar hp saja.

  • Sementara untuk mengeringkan dan menyerap kadar air di bagian dalam hp, maka kalian bisa masukkan hp ke kantong plastik dengan rapat dan beri Silica Gel. Biarkan dan simpan hp tersebut sampai 2-3 hari agar kadar air benar-benar hilang dan kering.


  • Namun, apabila kalian tidak punya Silica Gel maka ada alternatif lain yaitu menggunakan beras. Beras bisa sebagai penyerap kadar air dengan cara memasukan hp ke toples yang di isi beras.

  • Isi toples tersebut dengan beras sampai beras menutupi semua bagian hp. Alangkah baiknya lepas cover serta casing hp lalu setelah itu tutup toples atau kantong plastik dengan rapat dan simpan sampai 2-3 hari.


  • Setelah langkah di atas sudah  diterapkan, maka selanjutnya ambil hp tersebut kemudian bersihkan. Pasang kembali cover atau casing beserta baterai nya lalu charger hp sampai penuh. Jika sudah maka coba nyala kan hp tersebut. Apabila hp menyala itu menunjukan bahwa hp yang kena air telah ter selamat kan.

  • Namun, apabila kalian coba nyala kan hpternyata tidak bisa menyala maka itu menunjukan ada kerusakan hardware pada mesin hp akibat konsleting kena air. Sebaiknya segera bawa ke tempat service untuk perbaikan lebih lanjut.

Berikut adalah hal-hal yang sering di tanyakan berkaitan dengan HP Android yang masuk ke air atau terendam air.

Apakah hp yang tercebur ke air menghanguskan garansi pabrik ?

Ya, kerusakan hp akibat terkena air merupakan kesalahan atau kelalaian pengguna. Hal tersebut adalah salah satu faktor hilangnya garansi pabrik pada hp tersebut.

Apakah boleh mengeringkan hp yang kena air dengan Hair Dryer ?

Tidak boleh atau tidak dianjurkan, karena panas uap dari Hair Dryer dapat merusakkan komponen-komponen yang ada di dalam hp.

Apakah boleh mengeringkan hp yang kena air dengan Micro wave ?

Tidak boleh, karena panas dari Micro wave dapat merusak bagian-bagian hp dan bahkan bisa menyebabkan hp meledak atau pecah.

Apakah boleh mengeringkan hp yang kena air dengan kipas angin ?

Tidak boleh, karena tekanan angin dari hembusan kipas angin bisa menyebabkan air terdorong masuk ke komponen terutama pada komponen IC hp tersebut.

Apakah boleh mengeringkan hp yang kena air dengan Vacuum Cleaner ?

Boleh saja, karena Vacuum Cleaner bisa menyedot cairan dan debu tanpa menimbulkan panas pada komponen-komponen hp tersebut.

Apakah boleh mengeringkan hp yang kena air dengan cara dijemur dibawah sinar matahari ?

Tidak boleh, karena suhu panas dari sinar matahari dapat merusakkan komponen-komponen hp terutama untuk layar atau LCD hp tersebut. Apalagi menjemur nya dengan waktu yang lama sangat tidak direkomendasikan sama sekali.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi atau cara memperbaiki HP Android masuk air. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan kita semua dan semoga bisa bermanfaat untu kita bersama.

0 Response to "HP Masuk Air? Jangan Panik, Begini Cara Tepat Untuk Mengatasinya"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel