Cara Menambah TR Final Power Amplifier (Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet)





Cara menambah tr final power amplifier (Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet). Menggabung Transitor final power amplifier bisa juga di sebut sebagai memparalel transistor final. Bagi yang sudah master atau ahli dalam bidang elektronika menggabung Transistor final ini admin rasa cukup lah mudah karena memang sudah mengerti cara menyambung dan  cara menggabung nya.

Selain itu bagi yang sudah ahli tentu juga sudah paham tujuan serta keuntungan baik fungsi dan sistem kerja menambah Transistor final power amplifier ini.

Namun bagi pemula yang berkecimpung dalam bidang elektronika mungkin semua akan menjadi suatu masalah entah itu bingung atau belum tau caranya menggabung Transistor final pada power amplifier.

Cara Menggabung TR Final Power Amplifier.


Cara Menambah TR Final Power Amplifier (Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet)

Fungsinya memparalel transistor final.


Banyak yang berasumsi dengan paralel tr final akan meningkatkan daya watt output sebuah power amplifier. Dengan menambah jumlah transistor final maka daya watt juga akan bertambah. Namun, hal itu juga harus disesuaikan dengan kemampuan trafo.

Semakin banyak jumalh tr final yang ada, maka kebutuhan daya dan asumsi beban akan juga akan bertambah. Apabila kemampuan trafo tidak memadai dan tidak seimbang maka yang terjadi malah kurang daya alias ngedrop.

Perlu diperhatikan untuk memparalel tr final maka lakukan paralel dengan jenis dan nomer tipe yang sama. Jangan memparalel jenis tr final yang berbeda. Sebagai misal jangan memparalel tr jengkol dengan tr sanken.

Lalu apa keuntungan menambah transistor final power amplifier ?'


Menggabung atau menambah transistor final power amplifier dan menyambung nya secara paralel bertujuan untuk menguatkan kapasitas arus listrik transistor.

Dengan menggabung nya secara paralel maka besar nya kemampuan mengalirkan arus listrik transistor akan menjadi lebih kuat 2 kali lipat, dengan demikian maka beban arus listrik pada transistor akan di bebankan secara bersama dan keseluruhan pada transistor.

Lantas bagaimana cara menggabung transistor final power amplifier ?'


Untuk menggabung transistor final maka alangkah baik nya ketahui terlebih dahulu nama kaki transistor. Baca juga  Cara Mengetahui Nama Kaki Transistor.

Untuk memparalel tr final power amplifier yaitu dengan menyambung atau menghubungkan antara kaki-kaki transistor, baik Basis dengan Basis, Collector dengan Collector, dan Emitor dengan Emitor.

Sementara pada kaki Basis masing-masing di beri Resistor 100 Ohm, dan juga kaki Emitor masing-masing di beri R kapur 0,5 Ohm/5 Watt. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Sambung Paralel transistor Sanken.


Sambung Paralel transistor Jengkol.


Sambung Paralel transistor Mospec.

Transistor final mospec ini cara pemasangannya sama seperti tr Sanken. Untuk melakukan paralel maka bisa lihat skema paralel Sanken di atas.

Untuk awal penggabungan tr final alangkah baiknya lakukan uji coba dengan menggunakan tegangan kecil terlebih dahulu dan pastikan tidak ada kesalahan pemasangan kabel baik ke kit driver dan juga kabel lainnya. Aapabila semua sudah benar dan power amplifier sudah bekerja dengan baik maka bisa diberi tegangan yang sesuai.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan yang bisa menyebabkan rusaknya semua transistor final.

Demikian pembahasan tentang cara menggabung Sanken, Jengkol, dan Mosfet pada power amplifier. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat untuk kita bersama, jika ada hal yang dipertanyakan silahkan tulis komentar di bawah dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.

19 Komentar

Cancel