Cara Menggabung dan Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet TR Final PowerAmplifier

Cara Menggabung dan Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet TR Final Power Amplifier. Menggabung Transitor final power amplifier bisa juga di sebut sebagai memparalel transistor final power amplifier. Bagi yang sudah master atau ahli dalam bidang elektronika menggabung Transistor final ini admin rasa cukup lah mudah karena memang sudah mengerti cara menyambung dan  cara menggabung nya.

Selain itu bagi yang sudah ahli tentu juga sudah paham tujuan serta keuntungan baik fungsi dan sistem kerja menambah Transistor final power amplifier ini.

Namun bagi pemula yang berkecimpung dalam bidang elektronika mungkin semua akan menjadi suatu masalah entah itu bingung atau belum tau caranya menggabung Transistor final pada power amplifier.

Cara Menggabung dan Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet TR Final Power Amplifier.


Cara Menggabung dan Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet TR Final PowerAmplifier

Fungsinya memparalel transistor final.


Banyak yang berasumsi dengan memparalel tr final akan meningkatkan daya watt output sebuah power amplifier. Dengan menambah jumlah transistor final maka daya watt juga akan bertambah. Namun, hal itu juga harus disesuaikan dengan kemampuan trafo.

Semakin banyak jumalh tr final yang ada, maka kebutuhan daya dan asumsi beban akan juga akan bertambah. Apabila kemampuan trafo tidak memadai dan tidak seimbang maka yang terjadi malah kurang daya alias ngedrop.

Perlu diperhatikan untuk memparalel tr final maka lakukan paralel dengan jenis dan nomer tipe yang sama. Jangan memparalel jenis tr final yang berbeda. Sebagai misal jangan memparalel tr jengkol dengan tr sanken.

Lalu apa keuntungan menambah transistor final power amplifier ?'


Menggabung atau menambah transistor final power amplifier dan menyambung nya secara paralel bertujuan untuk menguatkan kapasitas arus listrik transistor.

Dengan menggabung nya secara paralel maka besar nya kemampuan mengalirkan arus listrik transistor akan menjadi lebih kuat 2 kali lipat, dengan demikian maka beban arus listrik pada transistor akan di bebankan secara bersama dan keseluruhan pada transistor.

Lantas bagaimana cara menggabung transistor final power amplifier ?'


Untuk menggabung transistor final maka alangkah baik nya ketahui terlebih dahulu nama kaki transistor. Baca juga  Cara Mengetahui Nama Kaki Transistor.

Untuk memparalel tr final power amplifier yaitu dengan menyambung atau menghubungkan antara kaki-kaki transistor, baik Basis dengan Basis, Collector dengan Collector, dan Emitor dengan Emitor.

Sementara pada kaki Basis masing-masing di beri Resistor 100 Ohm, dan juga kaki Emitor masing-masing di beri R kapur 0,5 Ohm/5 Watt. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Memparalel transistor Sanken.


Memparalel transistor Jengkol.


Memparalel transistor Mospec.

Transistor final mospec ini cara pemasangannya sama seperti tr Sanken. Untuk melakukan paralel maka bisa lihat skema paralel Sanken di atas.

Untuk awal penggabungan tr final alangkah baiknya lakukan uji coba dengan menggunakan tegangan kecil terlebih dahulu dan pastikan tidak ada kesalahan pemasangan kabel baik ke kit driver dan juga kabel lainnya. Aapabila semua sudah benar dan power amplifier sudah bekerja dengan baik maka bisa diberi tegangan yang sesuai.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan yang bisa menyebabkan rusaknya semua transistor final.

Demikian pembahasan tentang cara menggabung Sanken, Jengkol, dan Mosfet pada power amplifier. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat untuk kita bersama, jika ada hal yang dipertanyakan silahkan tulis komentar di bawah dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian.

19 Responses to "Cara Menggabung dan Paralel Sanken, Jengkol, dan Mosfet TR Final PowerAmplifier"

  1. Mf mau tanya,sy punya modul power mosfet 400watt mono,dengan 2pcs sanken,dengan lubang R kapur buat 4bj kl sy mau menambah 2pcs lg sanken gmn cara memasang R kapurnya soalnya gk ada tempat di modul pcbnya.mksh sblmnya.

    BalasHapus
  2. Maaf gan mau tanya kalo sikring pada power blazer mono500 watt kebakar / putus" terus dn R10 input a kebakar kira kira yg mati apa nya yha

    BalasHapus
  3. R input kebakar dan sikiring putus pada blazer mono500 wat BGR kira kira yg prlu di perbaiki bagian apa nya saja master

    BalasHapus
  4. Salim K, Bontang Kaltim, sedikit saran untuk Bang Arey sekring putus dan R 10 angus berarti Td final dijalur R 10 ada yang Rusak

    BalasHapus
  5. kang klw nambah 1set lg pwer mono, r kapur yg di power copot ya

    BalasHapus
  6. Trims sangat bermanfaat gan..mau tny jg klo modif drive PA 500 watt sanken blm ada ya??please reply

    BalasHapus
  7. Kalau tidak pakai pcb untuk gabung Sanken seperti contoh gambar 1 mas yang mana R kapur di hubungkan ke kaki Emitor Sanken.

    BalasHapus
  8. Masukkan dari kang salim bisa jadi referensi. Biasanya kalau R terbakar Transistor ada yang rusak atau mati sehingga tegangan vcc menjadi konslet dan membakar R pada jalur tersebut. Coba cek Transistor final dan Transistor pendorong seperti tip 41/31.

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas masukkanya mas semoga bisa jadi referensi bersama.

    BalasHapus
  10. Bisa di lepas bisa juga tidak mas tergantung menggabungnya kalau ingin digabung dalam satu pendingin lebih baik di lepas saja.

    BalasHapus
  11. Maaf modifikasi power amp 500 watt belum ada mas. Lain waktu akan kami buat artikel nya. Terima kasih

    BalasHapus
  12. maaf kang.nanya.power btl 600 watt.enak pake tr berapa set.punya aku standar.tapi cepet panas.kalao di dobel.caranya gimana.mksh

    BalasHapus
  13. Mas mau nanya lagi itu transistor di kaki Basis di beri R100 ohm. saya bingung sebenarnya di Basis R100 ohm atau R10 ohm.terimakasih.

    BalasHapus
  14. Mas mau tanya.
    Power ampli saya memakai 4 buah transistor yang tulisan di bodynya sama semua.
    Saya pengen ganti dgn transistor sanken.
    Nah masalahnya transistor sanken itu kan jenisnya set, Trus gimana Mas solusinya ?

    BalasHapus
  15. Mas bagaimana cara menggabung 4 jengkolan power 150 watt stereo

    BalasHapus
  16. Disesuaikan dahulu dengan tegangan dan juga jumlah speaker yang digunakan. Pakai juga sanken yang asli jangan yang murahan

    BalasHapus
  17. Pakai R100 ohm atau R10 ohm juga bisa. Lebih baik pakai yang 10 ohm saja.

    BalasHapus
  18. Ya berarti harus beli 4 set sanken mas, kecuali bisa negosiasi dengan penjualnya bisa beli perbiji malah bagus.

    BalasHapus
  19. Cara gabung jengkol yaitu dengan sistem paralel, pada kaki basis diberi R10ohm dan kaki emitor dikasih R kapur. Adapun skema penyambungannya sudah ada di blog ini silahkan di cari terlebih dahulu.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel