Cara Membuat Adaptor 24 Volt CT 5 Ampere





Cara Membuat Adaptor 24 Volt CT 5 Ampere. Seperti yang telah admin jabar kan pada artikel sebelumnya, adaptor merupakan rangkaian yang memiliki fungsi mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC yang mana adaptor sering kali kita jumpai pada beberapa alat elektronika.

Adaptor bisa juga disebut sebagai power supply (PSU)  atau sebagai penyupply pada suatu rangkaian elektronik sehingga rangkaian elektronik tersebut mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Adaptor yang admin bahas kali ini adalah adaptor 24 Volt CT 5 Ampere yang mana adaptor ini memiliki tiga output yaitu  - 24 V Ground (O) + 24 V, adaptor CT ini sering digunakan pada suatu rangkaian power supply sebuah power amplifier seperti misal nya pada power amplifier 150 Watt, power amplifier 300 Watt, dan lain sebagainya.

Seperti yang admin praktek kan kali ini yaitu merakit adaptor 24 Volt CT yang nantinya admin gunakan untuk power supply power amplifier 150 Watt atau admin pasang pada untuk power supply power amplifier 150 Watt.

Cara Membuat Adaptor 24 Volt CT 5 Ampere.

Cara Membuat Adaptor 24 Volt CT 5 Ampere


Dalam tahap pembuatan 24 Volt CT ini tidak lah susah kita hanya membutuhkan beberapa komponen saja, adapun komponen yang harus kita sedia kan antara lain sebagai berikut.

Komponen membuat adaptor 24 Volt CT 5 Ampere.


  • Trafo CT 5 Ampere.
  • Elco 4700 uF (micro farad) / 50 Volt atau bisa menggunakan Elco 6800 uF (micro farad) / 50 Volt.
  • Kiprox atau 4 buah Dioda 6 Ampere.

Cara dan langkah membuat adaptor 24 Volt CT 5 Ampere.


Setelah semua komponen sudah kita persiapkan maka untuk proses pembuatan atau proses perakitan kita hubungkan antara kaki yang satu ke kaki komponen yang lainnya sehingga semua kaki komponen saling terhubung, untuk lebih detail dan lebih jelas nya bisa menyimak atau memperhatikan skema adaptor 24 Volt berikut ini.

Skema adaptor 24 Volt CT 1 - www.divaiz.com
Atau Skema Berikut.

Skema adaptor 24 Volt CT 2 - www.divaiz.com

Dari ke dua skema adaptor di atas pada dasarnya adalah sama hanya saja yang membedakan adalah tata letak komponen dari skema di atas, dengan mengacu skema di atas kita sudah bisa membuat adaptor 24 Volt sendiri dengan mudah.

Pada skema di atas terdapat tegangan output yaitu -24 V GND + 24 V yang merupakan output atau tegangan keluar dari adaptor 24 Volt tersebut yang mana bisa kita gunakan untuk menyupply rangkaian power amplifier.

Demikian cara membuat atau cara merakit adaptor 24 Volt CT 5 Ampere, semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia elektronik terlebih dari itu semua semoga bermanfaat untuk kita semua dan apabila masih mengalami dalam praktek pembuatan adaptor ini silahkan berkomentar dengan senang hati kami akan berupaya membantu Anda.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.

12 Komentar

Cancel