6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membuat Blog

6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membuat Blog. Dewasa ini blog dapat kita jadikan sebagai sumber penghasilan. Bahkan beberapa orang, menjadikan blogging sebagai pekerjaan utamanya. Kata mereka, penghasilan dari menjadi seorang blogger sangatlah besar. Mulai dari Rp.500.000 hingga Rp.5.000.000 per bulannya. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki penghasilan lebih besar.

Tentunya ini menjadi daya pikat bagi orang-orang yang seketika ingin menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger bukanlah hal yang mudah. Namun beberapa blogger menjadikan alasan financial mereka menjadi seorang blogger. Padahal alasan ini harus di simpan dalam-dalam ketika anda mulai terjun menjadi seorang blogger.

Memang ada beberapa tantangan yang harus dilakukan jika kita ingin menjadi seorang blogger yang handal. tantangan-tantangan tersebut wajib untuk dilaksanakan, jika tidak impian menjadi seorang blogger handal sudah sirna. Oleh karena itu, menjadi seorang blogger harus memperhatikan beberapa hal agar bisa menjadi blogger professional.

Saya yakin bahwa para blogger sukses di luar sana pasti melewati rintangan dan tantangan tersebut. Namun memang, tidak semua blogger bisa dengan mudah melewati tantangan-tantangan ini, namun tak ada salahnya jika anda melakukanya terlebih dahulu mengingat bahwa anda seorang pemula di dunia blog sama halnya dengan saya. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan sebelum membuat Blog baru.

6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membuat Blog.


6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membuat Blog

1. Mengubah Mindset tentang Blogger Instan.

Langkah yang paling pertama anda lakukan adalah mengubah pola pikir atau mindset anda mengenai seorang blogger. Jangan anda kira menjadi seorang blogger kerjaanya hanya nulis, masang iklan lalu mendapatkan uang, Bukan. Karena menjadi seorang blogger harus membutuhkan kesabaran dan keuletan dalam mengurus sebuah blognya.

Menjadi seorang blogger yang mampu menghasilkan bukan hanya membutuhkan waktu 1 atau 6 bulan saja, bahkan bisa bertahun-tahun. Memang sangatlah lama untuk bisa menghasilkan uang lewat blog, oleh karena itu penulis menyarankan dan mengajak untuk mengubah mindset mengenai blogging.

Pikirlah bahwa anda harus menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Jangan anda memikirkan masalah uang terlebih dahulu. Karena nantinya hasil akan membarengi usaha. Semakin keras usaha anda maka peluang untuk menghasilkan lewat blog juga semakin besar.

2. Menentukan Topik atau Tema Blog yang Anda Kuasai.


Selanjutnya adalah anda harus menentukan niche atau topik pada blog anda. Carilah topik yang anda kuasai tentunya, karena hal ini nantinya akan memudahkan anda ketika anda membuat sebuah artikel, menjawab pertanyaan dari para pengunjung dan lain-lain.

Sesuaikan dengan gaya anda, pilihlah topik yang ringan untuk dibahas dan sangat luas untuk dibahas. Biasakan banyak membaca tentang tema yang anda bahas untuk menambah wawasan anda. Untuk menjadi seorang blogger sejati biasanya terletak pada langkah ini, yaitu penentuan topik.

Biasanya para blogger tidak mencampur adukan blognya. Jika semisal blog anda membahas seputar teknologi, maka anda bisa membahas mengenai smartphone, review-review produk dan lain-lain.

3. Buatlah Target untuk Pencapaian Blog anda.


Target untuk pencapaian blog anda merupakan cara yang paling mudah untuk memotivasi diri anda untuk terus menggarap sebuah blog. Buatlah target atau tujuan blog anda itu dibuat. Buatlah planning secara jelas kapan anda memiliki pengunjung sekian, keterima di publisher iklan mana, dan lain-lain.

Dengan memiliki planning yang jelas, maka tujuan blog anda akan semakin terarah. Target ini sangat anda butuhkan bagi anda seorang blogger yang belum memikirkan masalah uang, atau belum memiliki tujuan untuk komersial. Buatlah blog dengan sepenuh niat mungkin agar pengunjung yang anda targetkan tersebut mampu tercapai.

4. Membuat Halaman di Media Sosial.


Ini merupakan option untuk dilakukan atau tidak. Karena hal ini tidak wajib namun sangat kami sarankan. Mengapa penulis menyarankan untuk membuat halaman di media sosial? karena agar pembaca setia anda mengetahui informasi lebih lanjut mengenai blog anda. Mulai dari update an artikel, event blog anda, quis blog dan lain-lain.

Bukan hanya itu saja, dengan membuat halaman di salah satu media sosial seperti facebook, anda akan mendapatkan pembaca baru postingan anda. Dengan cara ini anda juga sekaligus mempromosikan website yang telah anda bangun tersebut.

Bukan hanya itu saja, google akan mengira blog yang telah memiliki halaman itu blog yang populer. Ujung-ujungnya blog anda akan masuk peringkat pertama di halaman pencarian.

5. Menyusun Keyword Artikel.


Menyusun keyword saya rasa cukup penting untuk dilakukan. Karena dengan menyusun keyword, ide dasar anda telah tertuliskan dan siap untuk dikembangkan. Tujuan dari menyusun keyword juga agar anda memiliki jadwal teratur dalam mengupdate blog yang anda miliki. Dengan hal ini anda akan lebih teratur lagi dalam mengurus blog anda.

Dengan memiliki planning keyword, anda bisa mengoptimalkan dalam segi SEO ketika membuat artikel nanti. Anda akan lebih siap ketika anda membuat artikel, karena di sini anda telah memiliki gambaran dasar mengenai keyword anda.

6. Menentukan Domain.


Yang terakhir menurut saya adalah menentukan domain untuk blog anda. Carilah domain yang mudah untuk dihafal, elegant, dan unik serta mudah di ingat bagi para pembaca. Domain sendiri merupakan langkah dasar buat anda yang ingin serius mengurus blog.

Apabila anda telah membeli domain sendiri, maka hal itu menandakan bahwa anda sudah serius dalam mengurus blog. Ketika anda telah memiliki domain sendiri jangan sampai anda patah semangat di tengah jalan. Kan sayang jika domain berbayar kita nganggur begitu saja.

0 Response to "6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membuat Blog"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel