Skema Rangkaian Ampli Mini 1 Transistor

Skema Rangkaian Ampli Mini 1 Transistor. Amplifier mini merupakan sebuah rangkaian elektronika yang memiliki fungsi sebagai penguat audio, yang umumnya terdapat pada sebuah radio compo.

Ampli mini ini bisa mempergunakan IC atau juga Transistor . Rangkaian ini tidak membutuhkan catu daya yang tinggi cukup dengan 5-10 volt sudahlah mampu menunjang kinerjannya. Tegangan tersebut bisa berasal dari USB, Charger hp, atau adaptor lainnya.

Audio amplifier mini 1 transistor ini bisa kita gunakan untuk sebuah ampli komputer, ampli pengeras hp, dan lain sebagainya. Ampli ini sangatlah sederhana dan tentu untuk membuat ampli mini cukup dengan biaya yang sangat murah.

Apabila kalian ingin merakit amplifier mini maka ada beberapa komponen yang haruslah dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut referensi komponen-komponen yang dibutuhkan.

Skema Rangkaian Ampli Mini 1 Transistor.


Skema Rangkaian Ampli Mini 1 Transistor


Komponen amplifier 1 transitor:

  • 1 Tansistor NPN bisa menggunakan TIP $1, TIP 31, D 313, 2N3055 atau sejenisnya
  • 1 Resistor 470 ohm atau 1K
  • 1 Elco 10uf/16v
  • Speaker 8 0hm 5-15 watt
  • Hatsink/Pendingin
  • Kabel seperlunya

Cara merakit ampli mini.

Pasang Elco dengan kaki + ke kaki basis transistor. Pasang resistor ke kaki colektor dan basis transistor. Sementara kaki emitor dihubungkan ground/min input audio dan plus input audio dihubungkan ke min Elco.

Kemudian min speaker dihubungkan ke kaki colektor transistor, lalu plus speaker dihubungkan ke plus tegangan/Vcc 5-10volt. Sementara tegangan min dihubungkan ke min input audio dan emitor transistor. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik skema berikut ini.


Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak video berikut ini :



Demikian penjelasan tentang cara merakit amplifier audio mini menggunakan 1 transistor. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita dalam hal elektronika.

Belum ada Komentar untuk "Skema Rangkaian Ampli Mini 1 Transistor"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel