Kelebihan TR Sanken vs Toshiba dan Karakter Untuk Amplifier

Kelebihan TR Sanken vs Toshiba dan Karakter Untuk Amplifier. Transistor final pada sebuah power amplifier merupakan komponen yang sangat penting yang mana memiliki peran kerja yang cukuplah berat. Transistor final juga ikut berperan serta dalam pembentukan karakter sebuah rangkaian power amplifier.

Di toko elektronika sering kita jumpai dan ada beberapa macam merk dan varian transistor yang dapat digunakan penguat final untuk power amplifier. Dengan demikian kita bisa menyesuaikan dan memilih transistor final untuk kebutuhan amplifier kita.

Merk dan type transistor yang umumnya digunakan untuk amplifier antara lain Sanken, Thosiba, Mexico, Mospec, dan lain sebagainya. Dari sekian macam transistor tersebut tentu memiliki spesifikasi, karakter, dan kelebihan masing-masing.

Seperti halnya tr sanken dan toshiba, mungkin diantara kita sudah tidak asing lagi dengan type transistor tersebut. Namun, apakah kalian tau perbedaan karakter dari tr sanken dan toshiba?

Kelebihan TR Sanken vs Toshiba dan Karakter Untuk Amplifier


Kelebihan TR Sanken vs Toshiba

Dari kedua transistor tersebut memiliki bentuk, karakter, watt, dan juga harga yang berbeda. Bagi kalian yang akan merakit sebuah amplifier dan bingung memilih transistor final yang cocok dan pas sesuai kebutuhan power amplifier kalian, maka kalian bisa simak perbedaan karakter dari kedua transitor berikut ini.

Karakter TR Sanken vs Toshiba


Transistor SANKEN 5DY

Transistor Sanken 5dy memiliki daya kurang lebih 200 Watt per pasang. Membutuhkan supply tegangan maksimal 180V dengan maksimal arus 17 Ampere. Untuk karakter Sanken lebih cenderung ke frekuensi rendah atau ngesub jadi bisa dikatakan suara agak mendem.

Jadi transistor ini lebih cocok dan bagus untuk power amplifier subwoofer dan jika untuk amplifier middle dan high mungkin kurang begitu cocok. Sanken memiliki bentuk yang lebih besar sehingga tidak mudah panas.

Transistor TOSHIBA

Type transistor ini sering dijumpai dan digunakan pada power amplifier built-up. Transistor toshiba memiliki daya kurang lebih 150 Watt per pasang. Karakter dari tr toshiba lebih ke frekuensi menengah ke atas jadi cocok untuk sebuah amplifier low, middle, high.

Transistor Toshiba memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada Sanken dan umumnya type transistor toshiba ini mudah panas. Jika kalian merakit amplifier menggunakan transistor final Toshiba maka usahakan pendingin atau heatsink yang tebal agar dapat mengurangi beban panas dari transistor oshiba.

Demikian pembahasan tentang kelebihan transistor Sanken dan Toshiba. Semoga informasi berikut ini bisa menjadi referensi bersama bagi kita yang hendak merakit sebuah power amplifier, jangan lupa silahkan kalian share informasi ini agar sama-sama kita bisa berbagi.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan TR Sanken vs Toshiba dan Karakter Untuk Amplifier"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel