Cara Modif Power OCL 150 Watt Agar Kuat Diberi Tegangan 45 Volt ke Atas





Power OCL 150 Watt merupakan jenis power yang sangat populer. Dari kalangan audio rumahan hingga kalangan audio sound system lapangan telah banyak yang menggunakan driver ini untuk kebutuhan audio mereka. Untuk mendapatkan hasil audio yang berkualitas dan memuaskan tak jarang dari mereka merombak atau modifikasi pada power 150 Watt ini.

Umumnya mereka melakukan modif untuk berbagai karakter yang di inginkan. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan uraian dan juga penjelasan modif ocl 150 watt agar kuat dikasih tegangan besar atau modif ocl 150 watt high voltage. Bagaimana langkah dan komponen apa saja yang diganti, simak penjelasannya di bawah ini.

Seperti biasanya jika ingin melakukan modifikasi 150 watt agar kuat tegangan tinggi, maka ada beberapa komponen yang ada pada rangkian kit driver yang haruslah di ganti. Komponen yang di ganti ini bertujuan agar jika kit driver di supply tegangan tinggi maka komponen tidak terbakar atau meletus.

Cara Modif Power OCL 150 Watt Agar Kuat Tegangan Tinggi


Cara Modif Power OCL 150 Watt Agar Kuat Diberi Tegangan 45 Volt ke Atas

Pada dasarnya rangkaian power amplifier ocl apa saja bisa untuk dimodifikasi agar kuat diberi tegangan tinggi dan salah satunya yaitu kit amplifier ocl 150 Watt ini. Lalu komponen apa saja yang perlu diganti?

Berikut ini adalah daftar beberapa komponen yang harus diganti dalam melakukan modif 150 watt untuk tegangan tinggi.

  • 2 buah Resistor tegangan 100 Ohm diganti dengan 56 Ohm 2 Watt
  • 2 buah Resistor 330 Ohm diganti 2 Watt
  • 1 buah Resistor 560 Ohm diganti 390 Ohm
  • 1 buah Resistor 2k2 diganti 4k7
  • 1 buah Resistor 4k7 diganti 10k
  • 1 buah Resistor 10k diganti 15k 2 Watt
  • 3 buah Transistor A733 diganti 2N5401
  • 2 buah Elco tegangan 47uf/50V diganti 100uf/100V
  • Transistor BD 139 diganti Transistor C9743
  • Transistor BD 140 diganti Transistor A1837
  • Transistor D400 diganti TIP 31
  • Semua dioda diganti 1 Ampere

Mungkin di antara kalian masih ada yang bingung letak komponen-komponen yang diganti, maka dari itu kalian download dan lihat gambar modifikasinya di bawah.


Perlu diperhatikan jika ingin melakukan modifikasi ocl 150 watt untuk tegangan besar maka komponen lainnya juga harus mampu di supply tegangan tinggi. Seperti halnya transistor final, gunakan transistor final yang bagus dan jangan gunakan yang murahan atau abal-abal. apabila menggunakan transistor abal-abal, saat di supply tegangan tinggi transistor final bisa terbakar.

Selain itu perhatikan juga rangkaian power supply, terutama untuk Elco. Jangan gunakan Elco palsu atau yang murahan, hal ini bisa saja menyebabkan Elco meletus atau meledak jika di supply tegangan besar.

Nah, demikianlah pembahasan tentang cara modifikasi driver power amplifier 150 watt tegangan tinggi. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk kita bersama dan jangan lupa silahkan kalian share agar sama-sama kita bisa berbagi. Jika masih mengalami kendala dalam melakukan modif silahkan saja tulis komentar pada kolom di bawah.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel