Cara Mengatasi SOCL 504 Serak





Cara Mengatasi Socl 504 Serak. Suara serak sering terjadi dan banyak dikeluhkan bagi para pengguna kit driver socl 504 tef. Awalnya saat masih bawaan suaranya pun normal saja, namun setelah di TEF mereka mendapati suara yang serak.

Socl ini merupakan kit driver amplifier yang sedang digemari oleh para pecinta audio rakitan. Sekilas socl ini tidak jauh berbeda dengan kit driver Amplifier lainnya. Yang membedakan pada socl ini adalah adanya trimpod DC out.

Trimpod ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya tegangan DC yang dihasilkan atau dikeluarkan oleh driver dan bisa disetting secara manual. Beda hal dengan kit driver ocl 150 Watt biasa yang mana DC output nya sudah otomatis ditetapkan oleh rangkaian driver.

Socl 504 serak bisa terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor, yang mana kinerja antar komponen tidak seimbang dan mengakibatkan suara kit menjadi serak.

Cara Mengatasi socl 504 serak


Faktor Penyebab Socl 504 TEF Serak.


1. DC Outuput terlalu besar

DC output / dco terlalu basar bisa mengakibatkan suara yang dihasilkan menjadi serak. Maka dari itu perlu dicek dan dilkakukan pengaturan agar dco benar-benar 0 volt. Selain itu, DC output tinggi dapat menyebabkan transistor final cepat sekali panas.

2. Transistor driver short

Transistor driver ini sangat rentan mengalami short bahkan rusak. Hal ini sering terjadi pada driver socl yang sudah di TEF. Biasanya transistors driver yang sering short adalah transistors mje340. Maka silahkan saja ganti dengan TIP 31 atau TIP 41 yang baru.

3. Dioda

Dioda yang ada pada rangkaian kit driver socl 504 TEF ini sering kali menyebabkan suara menjadi serak. Maka cara mengatasinya yaitu tambah satu dioda lagi yang disambung secara seri sehingga secara keseluruhan dioda menjadi lima buah. Untuk lebih jelas bisa download gambarnya dibawah ini.



4. Transistor TEF rusak

Transistor TEF yang short / rusak juga bisa menyebabkan suara serak. Maka dari itu jika ingin measang atau menambah tr TEF pada socl 504 maka gunakan transistor yang bagus. Jika menggunakan tr bekas maka tes dan periksa secara seksama apakah tr masih bagus kondisinya. Tr TEF short juga bisa menyebabkan transistor final panas dan rusak.

5. Transistor final rusak

Pada umumnya penyebab suara serak pada amplifier adalah arus dc yang mengalir ke sepeaker. Transitor final yang rusak menjadi peran aktif dalam suara serak amplifier dan dapat membuat suara menjadi serak hebat.

6. Tegangan power supply cacat

Tegangan power supply yang cacat atau tidak seimbang bisa menyebabkan kinerja driver bermasalah sehingga bisa memicu timbulnya suara serak. Biasanya hal ini terjadi karena ada elko yang mengalami kering pada salah satu sisinya sehingga tegangan yang keluar baik positif dan negatif pincang sebelah atau tidak seimbang. Hal itu bisa mengakibatkan kinerja driver kurang optimal dan membuat suara driver menjadi serak.

Demikian pembahasan tentang mengatasi socl 504 serak. Semoga informasi berikut ini bisa bermanfaat dan terlepas dari hal tersebut terkadang kita memiliki pengalaman dalam mengatasi suara serak pada amplifier, maka dari itu silahkan kalian share pengalaman dan pertanyaan pada kolom komentar di bawah.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel