Cara Menggabung Trafo Untuk Menambah Ampere dan Volt

DIVAIZ – Cara Menggabung Trafo Untuk Menambah Ampere dan Volt. Transformer atau di sebut trafo pada power amplifier mempunyai fungsi menurunkan tegangan dan juga sebagai pengubah tegangan dari AC ke tegangan DC. Trafo sering digunakan pada rangkaian elektronika dan salah satu nya adalah digunakan pada rangkaian power amplifier.

Apabila kita merakit power amplifier dengan watt besar maka semakin besar pula arus tegangan dan Ampere yang di butuhkan power amplifier tersebut. Misalkan kita merakit power amplifier 300watt maka minimal trafo yang di butuhkan  adalah 5A ( Ampere ).

Hal tersebut untuk menunjang agar kinerja yang dihasilkan oleh power amplifier bisa maksimal. Akan tetapi kini harga komponen elektronika semakin mahal tak luput juga untuk harga trafo juga ikut naik.

Tentu saja hal ini akan berdampak pada besaran biaya apabila kita ingin membuat sebuah power amplifier rakitan. Jadi sebaiknya sebelum merakit power amplifier maka pertimbangkan dan persiapkan budget yang kita miliki.

Berkaitan dengan komponen trafo untuk power amplifier kali ini admin akan berbagi tips cara menggabung 2 trafo menjadi satu. Tujuan utama menggabung trafo ini adalah untuk menambah Ampere dan juga menaikan volt trafo.

Baca Juga : Cara Merakit Power Supply Untuk Power Amplifier Daya Watt Besar.

Cara Menggabung Trafo Untuk Menambah Ampere dan Volt.

Cara Menggabung Trafo Untuk Menambah Ampere dan Volt

Kalau kita merakit power amplifier watt besar mampu menggunakan satu trafo dengan Ampere yang besar itu syukur dan bagus. Namun, apabila kita tidak mampu membeli trafo dengan Ampere besar misal saja trafo 20A maka dengan menggabung ini bisa menjadi cara alternatif untuk menambah besar Ampere dan tegangan ( volt ) trafo.

Menggabung trafo ini disebut juga sebagai bridge trafo. Dengan menggabung trafo ini bisa kita gunakan bukan hanya untuk rangkaian power amplifier namun bisa juga untuk berbagi keperluan rangkaian elektronika lainnya.

Jika kalian ingin mencoba menggabung 2 trafo menjadi satu maka berikut ini cara yang bisa kalian terapkan. Adapun skema penggabungan trafo adalah sebagai berikut :

1. Menggabung Trafo CT 3 Fasa Untuk Menambah Ampere.


Penggabungan trafo dengan skema diatas maka Ampere trafo akan menjadi dua kali lipat namun voltase tetap sama.

2. Menggabung Trafo CT 3 Fasa Untuk Menambah Volt.


Untuk skema diatas hanya menambah voltase tegangan output dan Ampere tetap sama. Misalkan kita menggabung dua buah trafo 10 Ampere dengan dengan tegangan 32 Volt maka tegangan ouptu menjadi 64 Volt namun Ampere tetap yaitu 10 Ampere.

3. Menggabung Trafo CT 2 Fasa Untuk Menambah Ampere.


Untuk skema penggabungan trafo 2 fasa ini prinsipnya sama seperti skema no 1 namun bedanya ini menggunakan trafo 2 fasa untuk menambah Ampere.

4. Menggabung Trafo Non CT 3 Fasa Untuk Menambah Ampere.

Penggabungan dengan skema ini menggunakan 2 buah trafo non CT untuk menambah Ampere namun Voltase output tegangan tetap sama.

5. Menggabung Trafo Non CT 2 Fasa Untuk Menambah Ampere.

Untuk skema yang ke lima juga hampir sama seperti skema no 4 untuk menambah Ampere. Namun yang ini menggunakan satu buah Elco sebagai rangkaian power supply.

Loading...

Demikian pembahasan tentang cara menggabung Trafo. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga menkadi bisa jadi referensi untuk kita yang ingin mencoba menggabung trafo untuk berbagai keperluan rangkaian elektronika. Jika ada hal yang ditanyakan bisa tulis komentar atau bisa masuk forum diskusi.