Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan

DIVAIZ – Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan. Jika kita telah selesai merakit sebuah power amplifier sudah hal yang lumrah apabila kita melakukan uji coba terhadap power amplifier tesebut yang mana dengan harapan kita mendapatkan hasil yang optimal dan juga maksimal dari amplifier yang kita rakit.

Namun, terkadang kita mendapati suatu masalah pada power ampifier rakitan mengeluarkan suara mendengung saat dihidupkan. Hal tersebut bisa saja terjadi dan membuat kita tidak nyaman saat mendengar dengungan dari power amplififer tersebut.

Mengatasi ampifier rakitan yang berdengung bukan masalah yang sepele dan bisa dibilang gampang-gampang susah, ada beberapa faktor penyebab amplifier berdengung yang mana diantaranya adalah sistem grounding dan stabilitas tegangan power supply.

Dengan sistem grounding yang tepat maka akan meminimalisir adanya dengung yang diakibatkan oleh induksi dari komponen lain seperti halnya Trafo dan lain sebagainya. Sebelum merakit power amplifier sebaiknya pertimbangkan dahulu sektsa tata letak sirkit atau rangkaian-rangkaiannya.

Baca Juga : Skema Rangkaian Power Amplifier Daya Tinggi 5000 Watt.

Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan.

Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan

 

Faktor Penyebab Power Amplifier Rakitan Mendengung dan Cara Mengatasinya.

Berkaitan hal tersebut ada berbagai faktor penyebab amplifier mengeluarkan suara dengung, yang mana cara mengatasinya pun bisa di sesuaikan dari mana asal induksi terjadinya dengung tersebut.

1. Grounding Kurang Sempurna.

Sistem grounding yang kurang sempurna bisa menimbulkan suara dengung pada power amplifier. Jika hal ini terjadi biasanya di tandai amplifier berdengung dan saat kita menyentuh body atau box power amp maka bunyi dengung semakin keras dan kuat.

Selain itu dengung bisa juga terjadi karena adanya frekuensi liar yang mengganggu sinyal audio. Biasanya hal ini terjadi pada rangkaian tone control, pre amp mic, dan rangkaian lainnya yang mana kita menggunakan kabel sinyal audio dengan asal-asalan.

Cara Mengatasi :

  •  Untuk kabel sinyal audio seperti input dan output tone control sebaiknya gunakanlah kabel yang berbalut ground atau biasa disebut kabel skrem atau kabel head.

  • Saat merakit atur lah kabel dengan baik dan rapi. Untuk potensiometer gunakan juga kabel head jangan menggunakan kabel biasa.
  • Untuk menyempurnakan sitem grounding maka semua body potensiometer solder dan pasang kabel lalu hubungkan ke ground body Trafo dan CT Trafo atau power supply.
  • Gunakan box power amplifier plat besi atau aluminium.

 

2. Rangkaian Power Supply Kurang Bagus.

Rangkaian power supply atau tegangan power amplifier yang kurang bagus dan kurang stabil akan sangat berpengaruh pada munculnya dengungan. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh power amplifier.

Cara Mengatasi :

  • Gunakan komponen power supply Elco dan Dioda Kiprok dengan kualitas yang bagus.
  • Sesuiakan tegangan dengan kapasitas komponen. Misalkan kalian memakai tegangan output Trafo 25 Volt maka gunakan Elco dengan kapsitas 50 Volt atau lebih besar dari tegangan output Trafo.
  • Untuk rangkaian power supply tone control, pre amp mic, dan perangkat pendukung lainnya maka pasanglah ic regulator seperti 7812, 7912, 7815, 7915.

 

3. Tata Letak.

Dalam merakit sebuah power amplifier maka sebaiknya atur posisi dari masing-masing kit. Tata letak yang salah antara kit rangkaian juga berpengaruh terhadap timbulnya dengungan. Kasus seperti ini sering memicu adanya induksi sehingga menimbulkan dengung pada power amplifier rakitan.

Cara Mengatasi :

  • Usahakan letak kit rangkaian jauh dari Trafo seperti halnya tone control, kit driver power amplifier, dan rangkaian lainnya.
  • Jika memang letak kit driver dekat dengan Trafo, maka usahakan bagian input audio kit driver pada posisi berbalik dari Trafo atau terhalangi oleh pendingin transistor final.

 

4. Ukur DC Offset Power Amplifier.

Selain faktor di atas dengung bisa muncul dari tegangan DC Offset dari power amplifier itu sendiri. Tegangan output yang tidak normal akan menimbulkan dengungan.

Cara Mengatasi :

Ukurlah tegangan output driver power amplifier dengan multimeter (AVO) dengan posisi skala pada DCV. Tegangan normal adalah di bawah 100 mv (mikro volt). Apabila output lebih dari tegangang tersebut maka bisa cek transistor final dan kita driver power ampli.

 

5. Kipas Rangkaian.

Kipas angin rangkaian terkadang bisa juga menimbulkan dengung. Putaran motor kipas bisa memicu induksi yang menyebabkan dengungan pada power amplifier.

Cara Mengatasi :

Coba lepas terlebih dahulu tegangan kipas tersebut apakah masih dengung atau tidak. Jika penyebab dengung dari kipas tersebut, maka kalian bisa melakukan stabiliser pada tegangan kipas dengan cara memasang ic regulator 7812. Gunakan rangkaian power supply terpisah dari rangkaian power supply power amplifier.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi dengung power amplifier. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan terlebih lagi semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jika ada pertanyaan dengan artikel terkait silahkan tulis di forum yang telah tersedia dan kita akan diskusi demi referensi bersama.

    1. Arfaz Muzic
        • Arfaz Muzic
    2. Agus Hariyanto
    3. Meble Tuser
    4. Meble Tuser
    5. Mursid Efendi

    Add Your Comment