Cara Merakit Power Amplifier Sendiri Dengan Mudah

Cara Merakit Power Amplifier Sendiri Dengan Mudah. Bagaimana merakit power amplifier sendiri? itu yang dulu admin pelajari waktu admin mulai mengenal Dunia elektronika. Maklum dulu admin memang awam tentang elektronika, dan setelah mempelajari nya dengan sungguh-sungguh maka admin telah bisa merakit sebuah rangkaian power ampli plus radio Fm tuner.

Pengalaman ini admin dapatkan dari informasi teman-teman yang kebetulan sama-sama hobi dalam bidang Elektronika. Dari situ kami bertukar pengalaman dan admin mulai bertanya satu demi satu hingga pada akhirnya admin pun bisa paham dan mengerti.

Dan seperti yang telah diketahui pada umumnya terdapat banyak sekali jenis rangkaian atau kit driver amplifier yang ada di pasaran. Apabila kita ingin merakit amplifier maka kita sesuaikan saja dengan budget dan berapa watt yang akan kita rakit.

Cara Merakit Power Amplifier Sendiri Dengan Mudah.


Cara Merakit Power Amplifier Sendiri Dengan Mudah

Berikut ini adalah alat-alat atau bahan-bahan utama yang harus dipersiapkan sebelum mulai perakitan Power Amplifier.


1. STEREO TUNER FM.



2. KIT TONE CONTROL STEREO


3. KIT POWER OCL STEREO

4. TRAFO.

5. BOX POWER AMPLIFIER


Siapkan juga bahan dan alat-alat lainnya seperti power supply, Dioda Kuprok, Jack AC, dan bahan lain seperlunya.

Bila alat-alat di atas sudah ada atau tersedia, maka cara-cara dan langkah -langkahnya pertama yang harus di lakukan adalah solder kabel listrik ke bagian AC Trafo 0 - 220V dan hubungkan kabel listrik tersebut ke Power Switch on/off(saklar).

Lalu output trafo dihubungkan ke kuprok dan elco sebagai power supply. Kemudian dihubungkan lagi ke PCB Power Ocl Stereo. Rangkaian Power Amplifier memakai penguat final / transistor final yang berbeda-beda / berfariasi antara lain memakai  ( TIP2988- TIP3088 ) ( MJ2955-2N3055 ) ( SANKEN SA1216-2C2922 ) ( MOSFET C5198-A1941 ) ( MOSFET 2SA1943-2SC5200 ) .

Dalam pemasangan tegangan - 0 + tidak boleh sampai terbalik, jika terbalik bisa saja menyebabkan kit driver ampli rusak / terbakar. Hubungkan output SP driver ke terminal speaker dan 0 = 0V atau GND (ground).

Kemudian coba colok kan kabel listrik ke listrik dan On kan Switch-nya, lalu sentuh bagian input kit driver. Bila ada suara dan tidak dengung maka rakitan kamu benar.

Hubungkan dc tuner Fm ke elco (-,+) Power Supply (+12V) lebih bagus lagi diberi IC regulator 7812. Karena rangkaian tuner Fm hanya membutuhkan tegangan 12 Vdc. Output dari IC 7812 juga bisa di hubungkan / di pakai untuk tone control.

Beri pendingin juga pada IC 7812 atau bisa juga di tempel kan pada box power amplifier. Apabila kamu ingin bass lebih mantap dan treble nya lebih menonjol maka kamu bisa menambah perangkat yang lain seperti rangkaian Galaxi atau yang lain dari sejenisnya.

Jika tahap tersebut sudah selesai hubungkan ouput tone control ke input driver amp. Sementara input tone control dihubungkan ke output Galaxi. Input Galaxi adalah input audio atau bisa dihubungkan ke tuner fm. Jika semua tahap demi tahap sudah kamu lewati jangan langsung di coba dulu pastikan semua hasil solderan atau rakitan kamu 100% benar dan tidak ada yang berhubungan singkat (konsleting).

Bila semuanya kamu sudah yakin dan 100% benar kamu bisa mencoba colok kan kembali kabel listriknya ke listrik rumah kamu dan ON kan saklar. Coba putar sedikit volume pada tone control dan seharusnya amplifier sudah berbunyi..

Demikianlah informasi merakit amplifier Sendiri. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan kita dan juga semoga bisa bermanfaat dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan kalian tulis dikomentar.

12 Komentar untuk "Cara Merakit Power Amplifier Sendiri Dengan Mudah"

  1. terima kasih atas kunjungan serta komentarnya

    BalasHapus
  2. key miw...# untuk R330 apabila beban yang di tanggung R tersebut melebihi batas dari pada kemampuan R maka R tersebut akan terbakar atau juga hangus saran saya coba ganti R denga watt yang lebih besar.terimakasih atas kunjunganya

    BalasHapus
  3. Gan kira/kira abis brp:-)

    BalasHapus
  4. Selamat siang mas, saya mau tanya mengenai speaker aktif, saya baru saja mengganti power speaker aktiv saya yang rusak dengan power speaker aktiv yang di jual umum di pasaran yaitu isabel SX2500 setelah semua di pasang, suara yang keluar sember tidak normal, apakah ini di sebabkan oleh power dari travo yang tak cukup? Karena saya tetap pakai travo lama yang tegangan 20V, sedangkan tegangan yang di butuhkan pada rangkaian power yg baru itu 24V, mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya
    Salam
    Johanes

    BalasHapus
  5. mugkin itu asupan tgangan yg bi btuhkan power speaker aktif kurang broo...baiknya di gnti jg trafonya atau bsa jg powernya di modif sndri agar suara yng di hsilkan bsa sesuai yg di hrapkan...trimksih

    BalasHapus
  6. Mas saya mau nanya, pada kaki ic regulator penurun tegangan, kaki graoundnya disambung kemana ya ..? pada ct kah atau 0 travo apa pd body casing ampli...mohon dibantu


    trimakasi
    bangsadap

    BalasHapus
  7. lebih baik lagi di smbubngkan ke semuanya broo,,,ke ct trafo n juga ke body casing / box amp,,,ok thank's

    BalasHapus
  8. asalam mualaikum wr.wb
    mau tanya tentang audio ni. saya mau buat amlifiwer kecil-kecilan untuk 2 buah speker acr 15". bahan yang sudah ada, trafo 20A era, transistor sanken dua pasang. yang mau saya tanyakan kit power ap yg cocok? elco harus yang berapa uf dan berapa biji? apa aja yang masih kurang agar bisa mengluarkan bas yang menghentak di dada?

    BalasHapus
  9. asalam mualaikum wr.wb
    mau tanya tentang audio ni. saya mau buat amlifiwer kecil-kecilan untuk 2 buah speker acr 15". bahan yang sudah ada, trafo 20A era, transistor sanken dua pasang. yang mau saya tanyakan kit power ap yg cocok? elco harus yang berapa uf dan berapa biji? apa aja yang masih kurang agar bisa mengluarkan bas yang menghentak di dada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk KIT Driver sesuai selera masing-masing, Elco bisa menggunakan 10000uf/80v minimal 4 buah.

      Hapus
  10. Gan saya mau tanya, kalo ngrakit sendiri sperti diatas, kira kira brpa ya habis biayanya?? Maaf saya baru blajar heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini mungkin biaya sekitar 600 an tapi tergantung lokasi karena setiap daerah harga komponen bervariasi.

      Hapus

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel