Cara Memperbaiki Dan Mencari Kerusakan Power Amplifier

Cara Memperbaiki Dan Mencari Kerusakan Power Amplifier. Kerusakan sebuah power amplifier tentu memiliki jenis dan faktor serta tingkat kerusakan yang berbeda-beda. Faktor kerusakan yang sering terjadi pada amplifier umumnya disebabkan oleh panas yang berlebihan pada transistor atau over heat, kabel speaker konslet sehingga menyababkan transitor final jebol atau mati.

Dalam memperbaiki power amplifier yang rusak maka kita pun juga harus mencari sumber atau komponen mana yang mengalami rusak atau mati. Sementara itu kita juga harus melakukan cek secara keseluruhan pada komponen maupun rangkaian yang ada pada amplifier yang rusak tersebut.

Yang umum dan sering terjadi adalah power amplifier yang mengalami kerusakan transistor mati atau transistor final jebol. Kerusakan power amplifier transistor final rusak atau mati di tandai dengan berdengung dan tidak ada suara dan bila diperhatikan maka daun speaker akan menonjol keluar.

Dari berbagai kerusakan power ampli tentu kita juga harus memahami bagaimana jenis kerusakannya. Perlu diperhatikan apabila power amplifier OCL rusak maka jangan mencoba membunyikan atau menyalakannya terlalu lama, karena hal tersebut bisa menyebabkan speaker rusak atau spul speaker terbakar.

Jika kita ingin memperbaiki power ampli terutama power ampli rakitan yang rusak maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa output speaker dengan AVO meter posisi skala pada 50 VDC. Pada output speaker tersebut tidak boleh keluar tegangan dan harus nol Volt.

Saat melakukan cek maka matikan volume atau putar potensio volume ke posisi paling rendah atau nol volume dan tanpa sinyal input audio. Selain itu saat melakukan cek pemeriksaan maka speaker juga harus dilepas. Apabila pada output ampli keluar tegangan DC maka hal itu menunjukkan ada transistor final driver yang telah rusak atau mati.

Cara Memperbaiki Dan Mencari Kerusakan Power Amplifier.

Cara Memperbaiki Dan Mencari Kerusakan Power Amplifier

Beberapa Kerusakan Yang Umum dan Sering Terjadi Pada Power Amplifier OCL.

Selain kerusakan di atas tentu masih banyak sekali kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sebuah rangkaian power amplifier baik power ampli built up maupun power ampli rakitan. Berkaitan dengan hal ini maka berikut ini adalah beberapa mengenai kerusakan yang sering terjadi pada power amplifier dan beberapa solusi cara memperbaikinya.

Kerusakan Ampli Tidak Ada Suara atau suara antara loud spiker kiri, kanan tidak seimbang alias keras sebelah.
  • kerusakan pada tone control mungkin terjadi di potensio balance mengalami kerusakan.
  • kerusakan pada stereo tuner fm, pre amp head, pre amp microfon.
  • kerusakan pada kabel input atau output tidak tersambung dengan baik.
  • kerusakan pada bagian buffer (penyangga) power amplifier.
  • kerusakan pada bagian driver (pendorong) power amplifier.
  • kerusakan pada bagian penguat final (sanken, jengkol, mosfet).
  • kerusakan pada speaker kiri dan kanan ada yang rusak salah satu.

Kerusakan Power Amplifier Mendengung.
  • kerusakan pada bagian power supply dioda atau kuprok ada yang short atau mati.
  • kerusakan pada power supply pada ke dua Elco ada yang kering sebelah.
  • kerusakan pada tune control mungkin ada transistor yang mati.
  • kerusakan pada buffer power amplifier.
  • kerusakan pada driver power amplifier.
  • kerusakan pada transistor final.

Power Ampli Brek-Brek Saat Volume Di Besarkan.
  • Hal semacam ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan arus untuk rangkaian power amplifier rangkaian power supply kurang memadai bisa jadi Ampere Travo kurang.
  • Elco power supply sudah rusak, juga bisa karena kapasitas Elco kurang besar sehingga kurang mampu menyupply arus yang dibutuhkan amplifier.
  • Speaker telah rusak atau tidak normal selain itu Phase speaker terbalik juga bisa menyebabkan suara power menjadi brek-brek ketika volume di besarkan.

Power Amplifier Suara Serak.
  • Transistor rusak seperti halnya 3 buah tr A733, Transistor bias D400, BD139.
  • Transitor final rusak atau short.
  • R kapur mati sebelah.
  • Dioda pada pcb driver ada yang rusak.

Power Amplifier Keluar Suara Kresek-Kresek.
  • Transistor rusak seperti halnya 3 buah tr A733, Transistor bias D400, BD139.
  • Potensiometer rusak.
  • Kabel jack RCA rusak.

Dari keterangan di atas mungkin bisa membantu untuk mencari di mana letak kerusakan sebuah power amplifier. Apabila belum menemukan di mana letak titik dari kerusakannya maka teliti dan lakukan pemeriksaan secara keseluruhan untuk memastikan keadaan komponen-komponen rangkaian power amplifier.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki kerusakan power Amplifier. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan juga bisa memberi solusi bagi kalian yang mengalami kerusakan pada power amplifier, selain itu semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua.

45 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dan Mencari Kerusakan Power Amplifier"

  1. Mas.. Maaf amplifier saya mati.. Saya udah cek power suplynya bagus.. Resitor+dioda okey gaada yg mati.. Tapi gaada protek sama sekali ke delay(protector)..
    Mohon solusinya mas.. Saya pemula dari bandung,jadi kurang paham elektro..
    Apakah penyebabnya ic power tidak berfungsi atau transistornya mati?
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah mau berbagi ilmu dengan sesama, semoga amal ibadahnya akan mendapat balasan dari ALLAH SWT yang lebih baik lagi.Amiiin

    BalasHapus
  3. Itu hasilnya gambar driver ocl wattnya berapa yaa???

    BalasHapus
  4. saya beli amplifer merek bell d1ui speaker yg kiri suara hanya mendengung tp yg kann normar kira2 apa nya ya ? solusi gan

    BalasHapus
  5. permisi gan aku mau tanya,kalo pake ocl 150 wat bisa pake transistor toshiba 4 pasang gak makasih gan

    BalasHapus
  6. sore gan saya mau tanya kalo suara microphone ga ada pada ampli itu apanya ya yg rusak gan... padahal microphonenya ga ada masalah sudah di ampli lain... mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  7. mas power saya volum di besarin hampir setengah suara uda pecah kenaps .mas tone pakek yg transistor ..power pakek mosfet 150w

    BalasHapus
  8. Jika mendengungnya membuat kertas spk keluar atau nonjol itu artinya spkr out mengeluarkan volt dari sply masuk ke spk permasalahan bisa terjadi karena d 400 jebol atau mati bila itu terjadi cek jga tip 41,42/tip 31,32 beserta tr besar atau tr final! Biasanya berikut jobol bila oke pastikan jga 3 jener antara tr tip 41,42/31,32 saat mengecek jnr diharuskan melepas sebelah kaki setiap jnr untuk pengecekan maksimal

    BalasHapus
  9. Gan ocl 150 ane output dicek pke multi keluar tapi hilang muncul terus kalo langsung ke speker cacat

    BalasHapus
  10. Mas saya mau nanyak.
    Saya punya power btl tapi transistor tip32c panas sebelah yang pnp.
    Setelah itu gak hidup powernya.

    BalasHapus
  11. Pertama silahkan cek terlebih dahulu tegangan pada protektor speaker nya. Jika Relay protektor tidak bekerja kemungkinan protektor tidak mendapat tegangan.

    BalasHapus
  12. Amin. Sama-sama mas dan terima kasih kembali.

    BalasHapus
  13. Power Amp modifikasi 150 Watt mas.

    BalasHapus
  14. Kemungkinan besar Transistor final Power Amp mati sebelah. Coba cek satu persatu.

    BalasHapus
  15. Tentu bisa mas di pasang secara paralel.

    BalasHapus
  16. Bisa jadi kerusakan dari jack microphone pada Amplifier atau bisa juga kerusakan dari rangkaian preAmp yang ada di Power Amplifier.

    BalasHapus
  17. Banyak faktor penyebab nya semua rangkaian harus seimbang agar hasil maksimal.

    BalasHapus
  18. Bisa jadi karena Transistor final rusak atau mati coba cek TR nya.

    BalasHapus
  19. om mau tanya Power Ada, Cuma Suaranya Nihil..?
    Apakah benar IC TDA2030 nya yg rusak..?
    Terima kasih

    BalasHapus
  20. Bos saya punya c22.pecah sudah saya ganti enggak hidub jugak

    BalasHapus
  21. Mas mau tanya. Aku punya ampli bisa ngidupin musik via hp tapi kenapa semua tone control nya tidak berfungsi sama sekali, tpi suara tetap keluar dengan jelas dan jack mic pun tidak berfungsi.
    Dimana masalahnya mas? Ampli merk MartinRolland KA-880.

    BalasHapus
  22. Bisa jadi IC TDA2030 nya rusak atau mati mas. Cek juga rangkaian power supply nya.

    BalasHapus
  23. Terkadang hal tersebut terjadi karena salah Line input mas. Coba periksa kembali apakah sudah betul jack Line input audio nya.

    BalasHapus
  24. Salam kenal, Mau tanya mas.
    Saya punya YAMAHA RX-V357 tapi sudah lama rusak. Rusaknya kalau tekan 'ON' bisa nyala tapi palingan cuma 2-3 detik trus mati.
    Kalau sebelumnya masih bisa dinyalaken pake cara ketak-ketik tombol power bolak-balik. jadi nyala-mati, nyala-mati. Mohon bantu solusi jika berkenan. Makasih.

    BalasHapus
  25. Kemungkinan itu rusak pada saklarnya. Silahkan cek saklarnya atau coba jumper pada bagian kaki saklar.

    BalasHapus
  26. Mas saya pemula nih mau nanya tone kontrol pada speker aktif saya bermasalah subwofer nya mati ini menggunakan ic chn4558c dua buah nah saya mencari ic seperti itu tidak ada saya malah dapet 4558jrc sama BA4558 udah saya coba pasang dua duanya gagal tolong dong solusinya

    BalasHapus
  27. IC 4558 itu sama saja mas kalau sudah ganti tetap tidak ada perubahan atau masih rusak berarti kerusakan bukan dari IC. Coba cek tegangannya dulu apakah ada atau tidak terutama tegangan yang menyuply IC.

    BalasHapus
  28. Kenapa power CA18 lampu protectnya kadang-kadang kadang nyala sebelah kadang-kadang juga tidak nyala? Apakah itu tidak jadi masalah? Tapi tetep keluarkan suara ke sound..

    BalasHapus
  29. Bisa jadi solderan lampunya ada yang retak atau juga bisa dari relay protektornya. Coba dicek saja pada bagian tersebut.

    BalasHapus
  30. saya punya amplifier OCL sanken 500watt setreo, yg L bunyi normal yg R suaranya kaya helikopter. TR sanken udah di babat, bd139 & bd140 ganti, tr c945 juga ganti tapi masih belum sembuh. solusinya gmn mas? OCL yg ane pake yg udah include TC mas.

    BalasHapus
  31. Mas amplifier saya bunyi tok tok pelan saat di tekan tombol karaoke suara tok tok semakin keras sekali apa yang bermasalah ya mas?

    BalasHapus
  32. Coba periksa dulu dioda yang ada pada rangkaian driver amplifier.

    BalasHapus
  33. Banyak faktor penyebabnya mas coba periksa satu persatu dari rangkiannya.

    BalasHapus
  34. Mas,aq punya amplifier problemnya klo udah lama hidup lampu power mati dan speaker bunyi dut dut dut kenceng,tris speaker nya getar maju mundur.pas di cek arus masuk normal.kira2 komponen apa yg rusak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek elconya terutama bagian tegangan

      Hapus
  35. gan mau tanya saya punya amplifer tapi saat potensio lebih dari setengah putaran suaranya serak.mohon sulusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi dari kit driver nya serak coba cek R kapur tr final.

      Hapus
  36. jika suara yang keluar ber echo dan suara vokal dan bas nya tidak stabli biasanya apa yang rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dari jack input audionya kurang pas. Saya juga pernah mengalami seperti itu

      Hapus
  37. Fathoni Ahmad26/03/18 09.22

    Maaf gmn cara benerin power.clip mati pada power jbl .gara gara salah sambung pada inbalnya.rilay protector normal.tp power mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek relay dulu kalau gak ada masalah ya harus cek keseluruhan

      Hapus
  38. wiyarse81@gmail.com28/05/18 04.56

    Bgini om.. Pertama kita hidupkan nyala biasa trus kita matikan, kemudian tunggu sampai 2 atau 3 jam kita nyalakan lagi tapi suaranya kok seperti suara helikopter, kemudian saya sentuh sentuh bagian kaki ic (TDA 2030) menggunakan ujung soldier yang sudah panas langsung hilang suara helinya, minta solusinya, tolong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek solderannya dulu cek juga elco tegangan bisa jadi elconya sudah aus dan kering.

      Hapus
  39. Penyebab relay hidup mati.. apalagi trafo sudah panas... Relay protek.. terus menyala.. mati hidup... dan penyebab kipas by mati.. padahal kipas bagus.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ada komponen yang panas berlebih sehingga relay otomatis protek cek tr finalnya dulu

      Hapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel