Cara Memperbaiki LCD Monitor Rusak Mati Total

Cara memperbaiki LCD monitor rusak mati total. Ada berbagai faktor penyebab peralatan elektronik mengalami kerusakan bahkan sampai mati total (matot). Salah satu dari banyak faktor-faktor tersebut adalah karena faktor cuaca. Cuaca yang tidak menentu bisa berpengaruh pada peralatan elektronik-elektronik di rumah kita.

Sebentar panas sebentar lagi hujan itu menyebabkan udara di ruang atau di rumah kita menjadi lembab. Semua itu bisa jadi berdampak pada peralatan elektronik di rumah kita. Perangkat elektronika yang kita miliki misalkan saja Televisi, DVD Player, dan lain sebagainya akan mudah rusak jika cuaca sering kali tak menentu.

Biasanya komponen-komponen elektronika yang sangat rentan mengalami kerusakan dengan cuaca yang lembab atau juga yang tidak menentu adalah IC.

Cara Memperbaiki LCD Monitor Rusak Mati Total.

Cara Memperbaiki LCD Monitor Rusak Mati Total

Ini merupakan pengalaman saat admin memperbaiki sebuah Lcd Monitor. Permasalahan lcd monitor ini adalah mati total. Pada tahap awal pemeriksaan admin melakukan pemeriksaan pada kabel AC Lcd monitor.

Setelah admin cek kabel nya masih dalam keadaan bagus. Setelah itu admin lanjut melakukan pemeriksaan pada rangkaian Power Supply, mulai dari 4 buah Dioda di bagian AC kemudian ke Elco 68/450v, IC Power Supply masih dalam keadaan bagus.

Kemudian admin cek kabel-kabel yang menghubungkan VCC 12V dan 5V ke rangkaian driver dan tepat di ujung konektor. Setelah admin cek pada bagian Kabel VCC 5V admin mendapati kabel tersebut mengalami korosi atau perapuhan serta putus.

Tanpa pikir panjang lagi admin langsung melakukan penggantian pada kabel yang rusak tersebut. Setelah kabel tersebut admin ganti, maka admin segera mencoba LCD monitor tersebut. Begitu jack AC admin tancapkan ke listrik lampu indikator mulai menyala.

Namun apa yang terjadi, setelah beberapa detik lampu indikatornya berkedip-kedip dan LCD monitor belum bisa menyala dengan normal. Kemudian admin ambil Avo Meter dan segera melakukan cek satu demi satu komponen pada rangkaian Power Supply.

Komponen-komponen mulai dari Resistor, IC copel, Capasitor semua dalam keadaan baik tidak ada masalah atau pun kendala, pemeriksaan kerusakan admin lanjutkan dan menuju ke Dioda tegangan VCC output dari 12V dan 5V.


Setelah admin cek Dioda tersebut admin mendapati sebuah Dioda untuk tegangan VCC 5V sort atau rusak. Segera saja admin langsung ganti dengan Dioda yang baru dan juga untuk Elco 680/25V admin ganti dengan yang baru.

Kemudian admin mengulang untuk solderan di pcb tersebut agar dapat di pastikan semua solderan tidak ada yang retak alias coplok. Setelah semua sudah beres maka saatnya admin untuk mencoba menyalakan LCD monitor tersebut dan hasilnya pun LCD monitor Komputer telah menyala dan normal kembali.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki LCD monitor rusak mati total, semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

17 Komentar untuk "Cara Memperbaiki LCD Monitor Rusak Mati Total"

  1. Terimakasih banget sob, atas berbagi ilmunya..
    sukses sll...
    jzk.

    BalasHapus
  2. terma kasih juga atas kunjungannya

    BalasHapus
  3. klo masalahnya LCD hanya berkedeip kenapa ya gan, tolong gan LCD ane gi kayak gitu nih. terimakasih sebelumnya gan

    email ane : kwildan250@gmail.com

    BalasHapus
  4. kalau berkedip di LCD coba periksa kabel flexybelnya,dan jika berkedip pada lampu indikator + LCD periksa bagian AC matic terutama untuk elko-elkonya.terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  5. lcd saya elco nya menggelembung,niatnya mau saya ganti. Klo ga salah sekilas pernah baca lbh bagus di ganti dgn yg kapasitasnya lbh besar. Yg saya tanyakan, besar mikro farad nya atau volt nya? takut salah langkah, maklum buta elektronik.
    trims :)

    BalasHapus
  6. menurut saya kalau keduanya di ganti itu tidaklah seberapa masalah baik uf / volt asalakan jangan sampai mengganti dngan yng ukran yng lebih kecil dari aslinya.misalkan elco aslinya 470uf / 25v maka bisa di gnti dengan 680 uf / 35 v.terimakasih

    BalasHapus
  7. Pa mao tanya , monitor LCD Lenovo saya kenapa hanya lampu indikator nya saja yg hidup saya check ga ada elco yang melembung , terima kasih

    BalasHapus
  8. mas maaf mas saya mau nanya, monitor saya hp jadi waktu itu kena petir langsung mati ga bisa di apa2in lagi, apa caranya seperti yang mas bilang di atas ? terima kasih

    BalasHapus
  9. Halo mas, lcd saya idup, tapi setelah dipakai 30menitan langsung mati, kalo di diemin di matiin kira2 5 menitan bisa nyal lagi tapi mati lagi, gitu terus, elco sudah saya ganti sudah sya solder pula semua pcb yg di power suply, dioda ok trus apanya?

    BalasHapus
  10. bos ,,, mau tanya ?bagaimana cara mengatasi ac matic volt nya yang berkurang ??

    begini bos ac matic home teater saya sudah saya tes kok volt nya kok menjadi kecil? bagaimna cara mengatasinya ? dvdnya masih bisa tapi power speakernya tak pasang gak bisa gimana itu bos????? trima kasih atas infonya???

    BalasHapus
  11. gan kalau ngecek kerusakan & memper baiki main boart VGA LED gimana gan ?

    BalasHapus
  12. Kalo lcd mati gimana gan tapi lampu nyala yg menandakan ada sinyal dari cpu

    BalasHapus
  13. Lampu indikatornya nyala apa tidak, kalau menyala coba cek bagian lampu lcd nya.

    BalasHapus
  14. lcd monitor saya waktu pas dihidupin pertama kali, lampu tombol standby nya hidup, trus mati lagi sekalian lcd nya juga itu kenapa? sebelumnya normal2 tp sekitar 50 detik atau 1 menitan, lcd nya mati, tp cpu nya msih idup, setelah saya cabut dari colokannya, trus saya goyang2 sedikit kabel AC nya, trus saya colokin lg, hidup lagi, trus bebarapa saat kemudian, mati lagi. itu kenapa ya? apa saya harus memperbaiki sendiri atau langsung dibawa ke service? lcd saya itu rusak bagian apanya? trms.

    BalasHapus
  15. biasanya itu rusak pada bagian power supply, kalau bisa memperbaiki sendiri dicoba saja tapi kalau ragu mending langsung dibawa ke service.

    BalasHapus
  16. Sama - sama semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca semua.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel