Cara Memperbaiki TV Blur Atau Kurang Fokus

Cara Memperbaiki TV Blur Atau Kurang Fokus. Permasalahan atau kerusakan TV saat di nyala kan gambar kabur, ngeblur, alias tidak focus. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi saat TV tersebut baru di nyala kan gambarnya tidak jelas.

Setelah beberapa menit kemudian lama-lama gambar semakin jelas atau fokus, tapi ada juga yang sampai beberapa jam baru bisa fokus. Pada umumnya kerusakan seperti ini sering terjadi pada TV tabung atau TV CRT model lama.

Kerusakan TV gambar kabur ini juga yang sering terjadi diantara kerusakan TV lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, terjadinya kerusakan TV tidak fokus atau kabur bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Memperbaiki TV Blur Atau Kurang Fokus.

Cara Memperbaiki TV Blur Atau Kurang Fokus

Beberapa Faktor Penyebab TV Tidak Fokus.
  • Socket tabung CRT rusak atau juga kotor.
  • Pengatur fokus flyback rusak.
  • Elco sekitar flyback yang bertegangan tinggi rusak.
Cara Memperbaiki TV Blur.
  • Sebelum memperbaiki dan membongkar TV alangkah baiknya periksa pengaturan gambar pada menu TV baik contrast, Brightness, color, dan lain sebagainya. Apabila semua pengaturan normal maka lanjut ke perbaikan.
  • Langkah pertama untuk memperbaiki adalah buka chasing belakang TV.
  • Selanjutnya hidupkan TV lalu putar fokus pada flyback sambil lihat layar TV masih blur atau tidak.
  • Jika tidak ada perubahan maka matikan TV kemudian cek socket CRT yang terdapat pada bagian belakang tabung CRT.
  • Cabut socket CRT dengan cara tari kebelakang secara perlahan-lahan, periksa dan bersihkan socket tersebut jika dirasa socket sudah rusak atau sudah jelek maka silahkan ganti saja dengan socket yang baru.
  • Periksa juga solderan pada mesin TV terutama pada pcb socket CRT.
  • Selain itu periksa komponen yang ada di sekitar flyback terutama komponen Elco yang bertegangan tinggi.
Umumnya kerusakan TV blur atau kurang fokus ini di akibatkan oleh socket CRT yang sudah berkarat atau kotor serta sudah rusak. Dengan mengganti socket CRT dengan yang baru atau yang masih bagus biasanya masalah seperti ini sudah bisa teratasi.

Demikian pembahasan tentang memperbaiki TV blur kurang fokus. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk kita semua.

1 Response to "Cara Memperbaiki TV Blur Atau Kurang Fokus"

  1. Kalau ngeblur pada bagian layar yg terang saja, ber-pindah² ngeblurnya, gimana gan...?
    Mohon berbagi solusi.
    Makasih.......

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel