Cara Menghitung Nilai Resistor Dengan Langkah Yang Mudah

Cara Menghitung Nilai Resistor Dengan Langkah Yang Mudah. kali ini admin akan membahas tentang cara bagaimana menghitung Resistor atau mengetahui nilai Resistor. bagi sang ahli elektronika atau yang sudah mahir pastinya sudah faham bahkan dalam hitungan detik saja sudah bisa mengetahui nilai dari Resistor.

Sementara bagi pemula yang lagi belajar mengenal dan memahami tentang elektronika tentu dalam membaca dan menentukan nilai dari Resistor perlu proses dan pembelajaran lebih lanjut. Hal ini wajar saja karena semua itu butuh proses untuk memahami dasar-dasar elektronika.

Sebelum kita lanjutkan akan lebih baik pahami dahulu apa fungsi dari komponen elektronik yang satu ini yaitu Resistor. Resistor berfungsi sebagai penghambat tegangan atau kata lainnya adalah tahanan. Resistor kata lainnya adalah R dan memiliki satuan yaitu Ohm.

Cara Menghitung Resistor dan Menentukan Nilainya.

Cara Menghitung Nilai Resistor Dengan Langkah Yang Mudah

Setiap komponen elektronika memiliki simbol-simbol tersendiri. Resistor sendiri memiliki beberapa jenis dan juga memiliki simbol masing-masing menurut jenis Resistor tersebut. Adapun beberapa simbol Resistor adalah seperti tampak pada gambar dibawah ini:



Cara menghitung nilai Resistor maka kita bisa melihat dari gelang warna yang ada pada badan Resistor tersebut. warna-warna itulah yang menentukan dari pada nilai R tersebut. Sementara Resistor sendiri ada beberapa jenis dari Resistor empat gelang warna hingga Resistor enam gelang warna.

Untuk tutorial kali ini admin akan memberikan penjelasan cara menghitung Resistor dengan empat gelang warna yaitu dengan mulai menghitung Resistor dari gelang yang pertama, kedua, ketiga, dan ke empat.

Untuk warna emas, perak, dan putih itu adalah warna gelang yang terakhir dan pastinya kita akan mengetahui mana yang gelang pertama. Kita bisa menghitung nilai sebuah Resistor berdasarkan gelang warna pada badannya dan sebagai pedoman awal maka perhatikan tabel kode warna Resistor berikut ini :



Cara Menghitung Resistor 4 Gelang Warna.

Dalam menghitung nilai Resistor 4 gelang warna maka warna gelang pertama menunjukkan angka, gelang ke dua menunjukkan angka, gelang ke tiga menunjukkan jumlah nol, dan gelang ke empat menunjukkan nilai toleransi. Sebagai contoh dalam menghitung dan menentukan nilai Resistor maka perhatikan contoh berikut ini :





Pada contoh di atas dapat disimpulkan.

Warna gelang pertama adalah coklat = 1.
Warna gelang ke dua adalah hitam = 0.
Warna gelang ke tiga adalah hijau = banyak nya nol yaitu nol 5.
Warna gelang ke empat adalah perak = nilai toleransi yaitu 10%.

Maka nilai Resistor di atas adalah 1000000 Ohm atau 1 Mega Ohm dengan toleransi 10%. Ada banyak bentuk dan jenis Resistor yang di jual di pasaran. Maka dari tentu kita juga harus menggunakan Resistor yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara Menghitung Resistor SMD.

Untuk mengetahui atau menentukan nilai dari Resistor SMD atau Resistor Chip ini sangat mudah karena sudah ada angka pada badan nya yang menunjukkan nilai dari Resistor SMD tersebut. Berikut ini adalah contoh menghitung nilai Resistor SMD.



Pada badan Resistor SMD di atas ada angka 102 yang mana cara menentukan nilai nya adalah sebagai berikut :

Angka pertama menunjukkan angka = 1.
Angka ke dua menunjukkan angka = 0.
Angka ke tiga menunjukkan banyak nya nol = 00.

Jadi nilai Resistor tersebut adalah 1000 Ohm atau 1 kiloOhm atau 1 kOhm.

Contoh Perhitungan Resistor SMD lainnya.

472 = 4700 Ohm atau 4,7 kiloOhm.
333 = 33000 Ohm atau 33 kiloOhm.

Selain itu pada badan Resistor terdapat huruf R yang menunjukkan letak koma desimal.

2R2 = 2,2 Ohm.
5R6 = 5,6 Ohm
0R10 = 0,10 Ohm.

Perhitungan Satuan Resistor.

Ohm = O.
Kilo Ohm = KO.
Mega Ohm = MO.
1.000 Ohm = 1 kilo Ohm (1 KO ).
1.000.000 Ohm = 1 Mega Ohm (1 MO).
1.000 kilo Ohm = 1 Mega Ohm (1 MO).

Demikian pembahasan tentang cara menghitung Resistor. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan serta bisa membawa manfaat untuk kita semua.

2 Responses to "Cara Menghitung Nilai Resistor Dengan Langkah Yang Mudah"

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel