Cara Perbaiki TV Mati Total Atau Matot

Cara Perbaiki TV Mati Total Atau Matot. Kerusakan tv mati total merupakan kategori kerusakan yang sering kita jumpai pada tv. Tentu ada beberapa faktor penyebab tv mengalami kerusakan mati total. Salah satu faktornya adalah listrik PLN kurang stabil atau mengalami penurunan daya.

Sebelum mulai langkah perbaikan biasanya admin tanya dulu kepada pemiliknya bagaimana gejalanya. Dari informasi pemilik tv tersebut kita bisa memprediksi kerusakan tv. Namun informasi tersebut bukan acuan pokok dari titik kerusakannya kita harus tetap memeriksa dan meneliti di mana letak kerusakannya.

Langsung saja langkah-langkahnya sebagai berikut untuk pertama buka cover atau tutup bagian belakang tv. Kemudian bersihkan debu didalamnya agar kita bisa nyaman dalam memperbaikinya. Setelah selesai kita bersihkan kita cek kabel steker. Jangan lupa cek sekering di pcb tv tersebut dan pastikan dalam keadaan baik.

Bila di antara kabel dan sekering tidak ada masalah teruskan dengan mengecek 4 dioda atau kiprok. Lalu cek capasitor ( ELCO ) power supply yang biasanya berukuran 200 uf/400v dengan Avo Meter.

Jika terjadi konslet ini biasanya disebabkan transistor power supply nya sort/rusak. Jika rusak ganti TR dengan yang baru. Sudah melakukan penggantian transistor ternyata kita cek tegangan B+115V belum keluar.


Cara Perbaiki TV Mati Total Atau Matot

Kita lanjut cek  transistor, resistor, kapasitor, diode, optocopler sampai variabel resistor pastikan semua dalam keadaan baik dan tidak ada gejala kerusakan. Setelah dicek namun tegangan B+115volt belum keluar, maka putuskan terlebih dahulu jalur B+ flyback dan ukur dengan avo meter skala di 200 vdc.

Nyala kan tv sambil kita cek tegangan nya bila keluar 110-115v maka langkah selanjutnya kita cek bagian tr horizontal. Lakukan pengukuran tr horizontal dengan avo meter dengan skala ohm.

Tempel kan kabel hitam ke kaki tengah transistor dan yang merah ke 2 kaki yang lainnya dan begitu sebaliknya. Jika transistor tersebut normal maka hasil pengukuran nya searah saja bila didapati 2 arah terhubung singkat transistor tersebut sort / rusak. Maka ganti dengan yang baru dan pasang kembali transistor horizontal tersebut dan tv pun akan kembali ngejreng lagi.

Kerusakan tr horizontal jebol kadang juga ditandai dengan lampu led stand-by. Lampu menyala tapi tv tidak mau di start. Apabila sudah ganti transistor horizontal namun belum juga nyala berarti masih ada komponen lain yang mengalami kerusakan.

Beberapa Faktor Penyebabkan TV Rusak Mati Total/Matot.

  • REGULATOR/power suplay.
  • HORIZONTAL.
  • OSCILATOR.
  • PROGRAM.

Cek juga bagian ic program dan oscilator. Lakukan cek dengan teliti setiap komponen di bagian tersebut.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memperbaiki TV.

  • Saat perbaikan maka kita harus memantau terus tegangan dari regulator. Jika terjadi over ini bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal bahkan bisa merusak IC yang ada di rangkaian tv tersebut.
  • Solder ulang pcb tv tersebut. Hal ini bertujuan agar solderan yang sebelumnya retak bisa terhubung lagi dengan kaki-kaki komponen.
  • Di waktu kita memperbaiki tv jangan sampai kaki kita menempel pada tanah atau lantai dan usahakan memakai sepatu/sandal.
  • Jangan menyentuh bagian tegangan tinggi/ area HOT pada pcb tv.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki tv mati total, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

18 Komentar untuk "Cara Perbaiki TV Mati Total Atau Matot"

  1. Kalo dari horisontal dan keramiknya pecah itu penyebab nya dari apa

    BalasHapus
  2. Kebanting pecah ny tau tu si frengky ga ati2

    BalasHapus
  3. Informasi yang menarik ,dapat sebagai tambahan alternatife untuk menangani gangguan.

    BalasHapus
  4. Wah lengkap dan detail banget om.
    Makasih banyak udah mau berbagi tutor seperti ini.
    Bener2 recomended deh... :)

    Salam kenal dari Bandung IT

    BalasHapus
  5. As,terima kasih mas info dan saran nya salam kenla dari saya mas Harga HP Samsung Galaxy

    BalasHapus
  6. makasih bangets sdh berbagi gan,,sangat bermanfaat nie

    BalasHapus
  7. tv sy klo br dinyalahin lama banget, kenapa ya,,,

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas kujungannya,berkomentarlah dengan menjaga etika & kesopanan,jalin silahturahmi serta saling berbagi agar lebih indah.

    BalasHapus
  9. gan napa ya tiap nyetel tv di stasiun sctv slalu bergetar layar y, kata y terganggu sinyal hp, mggatasinnya gmn ?

    BalasHapus
  10. tv fujitec 14 inci R408 panas klu d hidupkn bagai mn solusinya

    BalasHapus
  11. tv fujitec 14 inci R408 panas klu d hidupkn bagai mn solusinya

    BalasHapus
  12. The best banget om . Succes sllu

    BalasHapus
  13. tv lg 21 inch setelah ganti FBT gambarnya suram, apa yang rusak gan? tegangan heater telah dinaikkan jadi 6 volt,tapi masih suram. juga salam kenal gan

    BalasHapus
  14. Trimakasih, ini sangat membantu saya.

    BalasHapus
  15. Tv saya toshiba crt.. awalnya terdapat garis melintang datar/vertikal kmudian dy buka casing nya dpt info dr internet bahwa ada solderan di daerah vertikal ada yg retak atau kendor bgitu sy buka debu di pcb banyak sekali sy ambil kuas dan bersihkan pcb dan ada retak solderan di kaki sy ulang lagi...tapi beitu saya nyalakan cuma ada warna setitik di tengah dan tv tidak bisa hidup..mohon solusinya..tks

    BalasHapus
  16. Masukkan komentar Anda...tv sy tiba2 rusak klo di on cuma ada garis tengah ga lama mati lg jadi ga kuat ngangka.
    di mana kerusakannya dan apa yg harus di ganti?

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel