Cara Memperbaiki Dvd Sharp Yang Rusak Mati Total

Cara Memperbaiki Dvd Sharp Yang Rusak Mati Total. DVD Player dengan keluhan atau kerusakan matot adalah jenis kerusakan yang banyak dan sering terjadi pada umumnya. Kerusakan seperti ini mayoritas titik kerusakannya terletak pada bagian power supply dari DVD Player tersebut.

Untuk langkah perbaikan lakukan dengan membuka tutup DVD tersebut kemudian memeriksa atau cari sumber kerusakan. Begitu DVD Player admin buka kemudian admin mulai membersihkan bagian dalam nya seperti power supply, mekanik, Mpeg, dan lain sebagainya.

Cara Memperbaiki Dvd Sharp Yang Rusak Mati Total.

Cara Memperbaiki Dvd Sharp Yang Rusak Mati Total

Setelah semuanya bersih admin coba colok kan DVD Player tersebut ke listrik untuk mendeteksi lebih lanjut kerusakan nya. Ternyata lampu indikator nya pun sudah tidak menyala, selanjutnya admin mulai mengecek tegangan VCC power supply dengan Avo Meter.

Skala atau mode AVO meter admin posisi kan pada 20 VDC, stik ( kabel merah ) tempel kan pada output power suplay +5v dan stik ( kabel hitam ) pada ground / 0. Admin lihat pada Avo Meter tidak keluar tegangan alias positif kerusakan dvd Sharp dari power supply nya.

Kemudian admin cek untuk semua komponen-komponen yang ada di power supply tersebut. Admin menemukan satu komponen yaitu Dioda dalam keadaan konslet atau rusak.  untuk gambar dioda bisa lihat di bawah ini :

Dari gambar di atas dapat kita cari dimana letak komponen dioda ini di bagian power supply DVD Sharp untuk lebih detail nya bisa lihat gambar di bawah ini :


Tahap selanjutnya admin langsung ganti Dioda tersebut dengan yang baru. Selesai penggantian dioda kemudian admin coba menyala DVD Player Sharp tersebut dan hasilnya DVD sudah menyala dengan normal kembali.

Demikian pembahasan kali ini  tentang memperbaiki dvd Sharp mati total /matot. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita dan juga semoga bisa bermanfaat untuk kita bersama.

8 Responses to "Cara Memperbaiki Dvd Sharp Yang Rusak Mati Total"

  1. info yang bermanfaat gan.terus berkarya dan sukses

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungannya gan

    BalasHapus
  3. gen.. saya punya ampflifer mark POLYTRON, awalnya mungkin dari tegangan arus listrik yang mungkin melebihi dari tegangannya kalee.. tapi waktu itu amplifernya msh dalam keadaan aktif. tiba-tiba keluar asap dari dalam kesing amplifernya, tapi masih aktif berbunyi kemudian kira-kira 1-2 jam barulah mati total. tapi matinya langsung dari sekering listrik rumah (gejek). kira-kira apa penyebabnya. tolong solusinya gen.. terima kasih.

    BalasHapus
  4. pertama cek amplifier nya pakai trafo apa ac matic, kalau listrik rumah smpai jeglek berati trafo sudah konslet atau terbakar kalau ac matic berarti itu ac matic nya mati sehingga terjadi konsleting

    BalasHapus
  5. itu dioda yg dilingkari ada dua, yg rusak yg sebelah mana ya...

    BalasHapus
  6. Di cari yang menuju jalur tegangan 5 Volt. Namun terkadang kedua Dioda bisa saja rusak semua di cek saja secara keseluruhan.

    BalasHapus
  7. Mas.
    Mau nanya ..speker aktif saya tidak ada micnya..bisa engga digabungkan dengan amplifier..

    BalasHapus
  8. Tidak di anjurkan menggabung antar power mas bisa berakibat fatal dan mati total terutama transistor finalnya.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel