Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total atau Matot

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total atau Matot. Kalau membahas seputar speaker aktif ini hampir bahkan di setiap rumah memiliki perangkat elektronik yang satu ini. Selain desain yang menarik speaker aktif juga simpel & elegan. Suaranya pun cukup pas untuk di respon telinga kita dengan memiliki karakter suara yang halus & dinamis.

Tapi di sisi lain perangkat elektronik speaker aktif ini tidak lah mungkin akan hidup selamanya atau tidak mengalami kerusakan. Adalah hal yang mutlak apabila kita memiliki speaker aktif dan mengalami kerusakan.

Maka dari itu apabila kalian memiliki speaker aktif yang kebetulan rusak mati total alias matot dan kalian ingin mencoba untuk memperbaikinya sendiri tanpa harus membawa ke tempat servis ya boleh saja hitung-hitung sambil belajar kan gak ada salahnya.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total atau Matot.


Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total atau Matot


Nah kebetulan kali ini admin sedang memperbaiki speaker aktif mati total atau matot. Langkah awal yang admin lakukan adalah bongkar speaker atif tersebut. Setelah itu admin keluarkan pcb rangkaian power speaker aktif nya. Kemudian admin cek dari yang utama yaitu power supply.

Setelah admin cek untuk power supply speaker aktif masih bagus. Speaker aktif yang admin perbaiki ini memakai IC TDA 2030A.  Langkah selanjutnya admin langsung cek IC TDA 2030A tersebut.

Dari hasil cek atau pemeriksaan menunjukan bagian B+ atau  vcc dengan - (ground) tegangan IC TDA 2030A mengalami hubungan singkat atau  konslet ini. Hal ini disebabkan IC tersebut telah rusak atau mati.

Biasanya apabila IC TDA 2030A ini mati di tandai dengan suara speaker aktif dengung. Untuk gambar serta letak IC TDA 2030A bisa lihat dan perhatikan gambar rangkaian speaker aktif di bawah ini :


IC TDA 2030A sudah selesai admin ganti, admin coba nyala kan speaker aktif tersebut suara dengung sudah hilang dan admin sentuh input audio sambil admin putar potensio volume nya juga sudah berbunyi normal.

Kemudian semuanya admin pasang kembali dan speaker aktif sudah kembali normal seperti semula. Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki speaker aktif rusak mati total. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

6 Responses to "Cara Memperbaiki Speaker Aktif Mati Total atau Matot"

  1. gan speaker aktif sya mati & lampunya tidak nyala,kira2 kerusakan pada bgian apa ya? Makasih

    BalasHapus
  2. Coba cek trafo ny & jg cek pd bagian power suplay untuk dioda dan elko...trimaksh tlh berkunjung

    BalasHapus
  3. boleh tny nggak ni mas brow ni saya lagi otak atik speker aktif saya awalnya matot tpi stlh saya cek power suplayi ama TIPnya ikut terbakar stlah saya ganti semua kerusakan yang saya ketahui, saya coba nyalakan saya cek input audio tak bisa berfungsi apani penyebabnya?
    sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
  4. Sangat lengkap ulasan tentang Memperbaiki & Servis SpeakerAktif Mati Total-MATOT ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.

    BalasHapus
  5. kalau memakai IC tunggal bisa jadi itu dari IC nya.

    BalasHapus
  6. Terima kasih dan semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel