Cara Memperbaiki Speaker Aktif Yang Rusak Mati Total

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Yang Rusak Mati Total. Kerusakan bisa saja terjadi pada sebuah perangkat lektronika tak terkecuali pada perangkat speaker aktif. Banyak jenis kerusakan dari spaeker aktif seperti halnya speaker aktif dengung, speaker aktif mati total atau matot, speaker aktif kresek-kresek, dan lain sebagainya.

Kerusakan seperti ini yang umum dan yang sering terjadi pada sebuah speaker aktif. Langkah awal admin buka speaker aktif  bagian belakangnya atau tutup belakang. Kemudian admin melakukan pemeriksaan dengan seksama kabel-kabel yang menghubungkan antara rangkaian speaker aktif tersebut. Mulai dari kabel listrik, kabel tegangan dari travo ke pcb rangkaian, sampai kabel ke speaker dan juga kabel input audio.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Yang Rusak Mati Total.

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Yang Rusak Mati Total

Dari hasil pengecekan semuanya nampak normal dan juga masih dalam keadaan bagus. Lalu admin lepas baut potensio volume, treble, bass, subwofer kemudian pcb rangkaian speaker aktif tersebut admin keluarkan dari box speaker untuk pengecekan lebih lanjut dan lebih detail.

Kemudian admin cek pada bagian power supply ( travo, elco, dioda ) keadaan nya masih normal. Langkah selanjutnya admin putuskan hubungan tegangan / vcc ( - 0 + ) dan mengecek tegangan vcc tersebut dengan cara stik Avo Meter yang merah ditempel kan pada kaki elco bagian ( + ).

Sementara yang hitam pada bagian ground ( 0 ) dengan  Avo Meter pada skala 50 vdc. Lalu kabel listrik colok kan pada stop kontak listrik tegangan tersebut keluar 25v itu berarti keadaannya masih normal dan baik-baik saja.

Setelah itu stik Avo Meter yang merah admin pindah ke ground ( 0 ) dan yang hitam ke kaki elco bagian ( - ) keluar tegangan 25v dan untuk tegangan vcc power supply keadaannya masih bagus.

Lalu admin fokus kan pengecekan pada pcb rangkaian speaker aktif. Admin cek mulai dari resistor satu persatu keadaannya pun masih bagus untuk elco di rangkaian juga bagus. Kemudian admin cek lagi untuk transistor-transistor nya disini admin mendapati satu trasistor mengalami kerusakan yaitu transistor mosfet seri 2955. Tanpa pikir panjang lagi admin langsung ganti transistor tersebut.

Setelah selesai mengganti Transistor lalu VCC serta kabel-kabel admin pasang atau hubungkan kembali. Kemudian admin coba nyala kan speaker aktif tersebut. Begitu kabel listrik admin colok kan kembali ke listrik speaker aktif tersebut belum bunyi juga alias masih mati total / matot.

Setelah itu admin cek Resistor kapur ( R kapur ) yang ada di pcb rangkaian. Ternyata dari hasil pengecekan Resistor / R kapur tersebut putus ( rusak ). Mengetahui hal tersebut langsung ganti R kapur yang baru kemudian setelah selesai ganti, coba lagi colok kan kabel listriknya dan pegang bagian input audionya. Speaker aktif pun sudah mulai berbunyi.

Lalu input speaker aktif tersebut admin hubungkan ke DVD Player dan akhirnya speaker tersebut berbunyi normal kembali. Kesimpulan kerusakan speaker aktif di atas terletak pada bagian transistor Mosfet 2955 dan juga pada Resistor kapur ( R kapur ).

Nah demikian pembahasan kali ini tentang memperbaiki kerusakan speaker aktif mati total / matot. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan kita semua.

4 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Speaker Aktif Yang Rusak Mati Total"

  1. Terimakasih ya gan. Penjelasannya detail dn mudah dimengerti. Oh iya, apakah mayoritas kerusakan seperti diatas dikarenakan mosfet 2955 atau R-kapur nya rusak ya

    BalasHapus
  2. Kalau speaker aktif di colok, sekering(fuse) nya langsung putus dan meteran listrik di rumah juga langsung balik
    Problem nya dimana bang?
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  3. Jika menemui kerusakan yang sama belum tentu komponen yang rusak juga sama alangkah baiknya cek secara keseluruhan pada rangkaian untuk memastikan komponen mana yang rusak.

    BalasHapus
  4. Kemungkinan besar itu rusak Trafo nya mas. Tapi kalau model psu pakai SMPS berati rusak rangkaian SMPS nya.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel