Cara Memperbaiki TV China Mati Total-Matot

Cara Memperbaiki TV China Mati Total-Matot. Saat ini admin akan membahas tentang TV china keluhan atau kerusakan mati total alias matot. Seperti biasa langkah perbaikan admin buka cover ( tutup belakang ) TV. Selanjutnya admin melakukan cek kondisi untuk menemukan dimana letak titik kerusakannya.

Pertama admin cek lebih dahulu untuk kabel AC juga sekring TV tersebut dan benar saja ternyata sekeringnya putus. Kemudian cek elco 100uf/400v pada bagian power supply yang sebelumnya telah dinetralkan.  Posisi switch Multimeter pada 1x ohm jarum Multimeter langsung bergerak penuh dan hal itu menunjukkan adanya konsleting.

Cara Memperbaiki TV China Mati Total-Matot.




Dengan elco dalam keadaan konslet maka bisa jadi rusak pada komponen Transistor power supply. Karena biasanya kerusakan dari power supply ini dikarenakan Transistor nya rusak atau jebol. Setelah admin cek ternyata benar Transistor power supply tersebut memang rusak atau mati.

Kemudian admin ganti Transistor power supply yang sudah mati atau rusak tersebut dengan Transistor yang baru dengan tipe dan nomor seri yang sama.

Langkah selanjutnya yaitu memastikan dengan cermat solderan tidak ada yang hubungan singkat atau konslet. Kemudian admin cek elco tegangan 115v yaitu 100uf/160v. Setelah admin cek elco tersebut sedikit rusak kemudian admin ganti elco tersebut dengan elco yang baru dengan kondisi yang bagus.

Admin cek juga untuk Dioda pada tegangan 115v Dioda tersebut mengalami rusak total. Untuk gambar Dioda juga elco 100uf/160v bisa lihat gambar di bawah :


Dioda yang rusak tersebut admin ganti dengan yang baru begitu juga untuk elco. Setelah semua komponen yang rusak sudah admin ganti maka admin coba untuk menyalakan TV tersebut dan hasilnya TV telah kembali normal.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki TV China rusak mati total atau matot. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat untuk kita semua.

8 Responses to "Cara Memperbaiki TV China Mati Total-Matot"

  1. boleh juga ni Kalau bisa nama dan barang yang rusak dikasih gambar kaya gini dan juga posisi dimana barang nya. Terima kasih sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  2. saya coba dulu mudah2an bisa karena kasusnya hampir sama.

    BalasHapus
  3. Kalau tv gambar nya menggulung tuh apanya yng rusak mohon bantuan nya

    BalasHapus
  4. ikutan nimbrung maz...

    BalasHapus
  5. Terima kasih kembali mas.

    BalasHapus
  6. Silahkan mas semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Bisa jadi rusak defleksinya mas coba di cek saja dan juga cek IC vertikalnya.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel