Cara Mengatasi HP Tidak ada Suara Atau Bisu

Cara Mengatasi HP Tidak ada Suara Atau Bisu. Kerusakan HP tidak ada suara seperti ini di tandai dengan apabila kita telepon atau pun ditelepon seseorang maka suara kita tidak terdengar oleh lawan bicara. Kerusakan ini juga bisa disebut sebagai kerusakan HP bisu. Sebenarnya kerusakan ini tidak terlalu parah namun hal ini membuat kita tidak nyaman dalam menggunakan HP tersebut.

Bayangkan saja apabila kita melakukan panggilan dan kita sudah bicara dengan keras bahkan sudah teriak-teriak namun lawan bicara kita sama sekali tidak mendengar. Tentu saja hal ini bisa membuat kita jengkel bahakan ingin rasanya membanting HP yang rusak tersebut.

Lantas bagaimana cara memperbaikinya ? Tenang bagi kalian yang mungkin kebetulan punya masalah kerusakan HP yang seperti ini cara memperbaikinya pun cukup lah mudah. Jika kalian ingin memperbaikinya sendiri maka ada beberapa cara dan langkah yang harus kalian lakukan.

Cara Mengatasi HP Tidak ada Suara Atau Bisu.



Ada pun Cara dan Langkahnya Adalah Sebagai Berikut :

Pertama matikan HP kemudian lepas baterai, kartu SIM, kartu memori. Setelah itu buka atau lepas casing HP kemudian lepas juga baut-baut nya.

Selanjutnya bersihkan pcb dan casing HP dari kotoran ( debu ) bisa pakai kuas atau pun pakai sikat gigi yang berbulu lembut. Periksa bagian lubang untuk masuknya suara kita yang nantinya akan di tangkap oleh microfon tersebut. Biasanya lubang tersebut tertutup oleh kotoran atau debu sehingga microfon tidak bisa menangkap suara kita.

Apa lubang microfon tertutup debu maka penerima telepon juga tidak bisa mendengar suara kita alias bisu. Padahal saat telepon kita juga sudah berteriak-teriak tapi tetap tidak terdengar.

Langkah selanjutnya cari dan amati microfon ( condensor ) jika sudah ketemu cek microfon  tersebut dengan Multimeter. Biasanya kerusakan HP tidak ada suara ini bisa disebabkan karena microfon rusak atau mati. Untuk contoh gambar serta bentuk microfon bisa lihat di bawah ini :




Untuk HP Nokia cara melakukan cek microfon nya sangat mudah dan tidak ribet seperti HP China. Sementara HP China cara cek microfon nya harus di lepas  atau di solder dari pcb agar kita bisa memastikan hasil pengecekan nya.

Apabila tidak punya Multimeter untuk cek microfon tersebut maka langsung saja ganti microfon tersebut dengan yang baru. Harga microfon ini murah kok dan pasti kalian juga bisa ganti sendiri microfon tersebut. Lumayan kan tidak perlu tambah biaya yang mahal untuk membawa HP ke tempat servis.

Demikian pembahasan cara memperbaiki HP tidak ada suara. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

1 Response to "Cara Mengatasi HP Tidak ada Suara Atau Bisu"

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel