Cara Menghitung Nilai Resistor 4, 5, dan 6 Warna

Cara Menghitung Nilai Resistor 4, 5, dan 6 Warna. Mungkin saat ini ada yang lagi bingung bagaimana cara menghitung resistor 4 warna, 5 warna, dan 6 warna gelang. Resistor merupakan komponen elektronika yang memiliki fungsi menghambat aliran listrik atau sebagai penghambat.

Resistor juga berfungsi untuk menurunkan tegangan pada sebuah rangkaian elektronika. Resistor memiliki satuan Ohm atau omega (Ω). Nilai hambatan yang ada pada resistor biasanya ditunjukkan dengan menggunakan gelang-gelang warna yang menempel dibadannya seperti resistor 4 warna, 5 warna dan 6 warna.

Namun ada sebagian jenis resistor yang nilainnya langsung ditulis pada badan resistor tersebut. Konsep penggunaan warna tersebut pada dasarnya adalah sama saja, namun untuk resitor dengan 6 warna ditambahkan lagi dengan koefisien suhu.

Berikut ini adalah rincian penjelasan mengenai kode warna pada resistor.

Resistor 4 Gelang Warna.
  • Gelang warna ke 1 dan 2 menunjukkan koefisien nilai. Sementara gelang warna ke 3 menunjukkan pengalian atau Multiplier dan gelang ke 4 menunjukkan batas toleransi yang dimiliki.
Resistor 5 Gelang Warna.
  • Gelang warna ke 1, 2, 3 menunjukkan koefisien nilai. Sementara gelang warna ke 4 menunjukkan pengalian atau Multiplier dan gelang ke 5 menunjukkan batas toleransi yang dimiliki.
Resistor 6 Gelang Warna.
  • Gelang warna ke 1, 2, 3, menunjukkan koefisien nilai. Sementara gelang warna ke 4 menunjukkan pengalian atau Multiplier, gelang ke 5 menunjukkan batas toleransi yang dimiliki dan gelang ke 6 menunjukkan koefisien suhu.
Resistor ini bisanya diberi lambang R dan pada sebuah rangkaian biasanya digambar seperti mata gergaji atau zigzag atau juga dengan gambar bentuk pesegi panjang yang memiliki kaki pada tiap ujungnya.


Dari warna gelang atau pita maka bisa ditentukan berapa nilai sebuah resistor. Pada dasarnya akan dibutuhkan minimal 2 gelang warna terakhir untuk pengalian dan toleransi serta koefisien suhu khusus untuk 6 warna. Untuk lebih jelasnya bisa simak rincian berikut ini.


Sementara untuk nilai yang ada di setiap gelang warna resistor dan perhitungannya bisa dilihat pada tabel berikut.

Cara Menghitung Nilai Resistor 4, 5, dan 6 Warna.

Dari tabel di atas maka kita sudah memiliki acuan tentang nilai dari pita atau gelang warna yang ada pada resistor. Selanjutnya kita akan mencoba memulai untuk menghitung sebuah resistor.

Cara Menghitung Resistor 4 Warna.

Kita mulai menghitung resistor dengan 4 gelang warna. Sebagai contoh kita memiliki sebuah resistor seperti nampak gambar di bawah ini maka hitunglah berapa nilai hambatan yang ada pada resistor 4 gelang warna tersebut.

Pada gambar resistor di atas jika dilihat dari arah kiri maka gelang warna pertama adalah coklat sedangkan kalau dilihat dari arah kanan gelang warna pertama adalah emas. Untuk mementukan yang mana gelang warna pertama adalah dengan memperhatikan tabel nilai di atas.

Coba lihat tabel warna diatas warna emas adalah nilai untuk toleransi sehingga dapat disimpulkan dan dipastikan bahwa gelang warna emas adalah gelang warna yang terakhir. Dari itu maka dapat diketahui bahwa gelang warna yang pertama adalah coklat.
Untuk perhitungan nilai resistor tersebut adalah sebagai berikut :
  • gelang pertama coklat = 1
  • gelang ke dua hitam = 0
  • gelang ke tiga merah = 2 karena sebagai pengali jadi nilainya 00 atau 102

Jadi nilai resistor tersebut adalah:
1+ 0 + 00 + 5% = 1000 Ohm =1 Kilo Ohm = 1 K ohm dengan toleransi 5%.

Cara Menghitung Resistor 5 Warna.


Sebenarnya untuk menhitung resistor 5 gelang warna ini cara tidaklah terlalu sulit, pada dasar dan prinsipnya adalah sama seperti kita menghitung nilai resistor 4 gelang warna. Yang membedakan hanya pada jumlah gelang warna yang ada di badan resistor dan juga pada perhitungan perkaliannya.

Misalkan kita memiliki resistor dengan 5 gelang warna seperti nampak gambar di bawah ini maka hitunglah berapa nilai hambatan yang ada pada resistor tersebut.

Dari gambar di atas untuk mengetahui berapa nilai Resistor 5 warna adalah sebagai berikut :
  • Gelang ke satu orange = 3.
  • Gelang ke dua orange = 3.
  • Gelang ke tiga hitam = 0.
  • Gelang ke empat merah = 2 karena sebagai pengali jadi nilainya 00 atau 102
  • Gelang ke lima emas menunjukan toleransi nya yaitu 5%.

Jadi dapat kita simpul kan atau kita ketahui nilai resistor 5 warna di atas adalah 33000 Ohm atau 33k Ohm serta toleransi nya 5%.

Cara Menghitung Resistor 6 Warna.


Untuk menghitung resistor 6 warna caranya juga sama dengan resistor 5 warna. Hanya saja pada resistor 6 warna gelang warna terakhir untuk menunjukan koefisien suhu. Sebagai contoh sebuah resistor 6 warna memiliki warna sebagai berikut.


Dari gambar di atas untuk mengetahui berapa nilai Resistor 5 warna adalah sebagai berikut :
  • Gelang ke satu kuning = 4.
  • Gelang ke dua coklat = 1.
  • Gelang ke tiga merah = 2.
  • Gelang ke empat orange = 3.
  • Gelang ke lima coklat = 1%.
  • Gelang ke enam ungu = 5 ppm.

Jadi dapat kita simpul kan atau kita ketahui nilai resistor 6 warna di atas adalah 412000 Ohm atau 412 K Ohm dengan toleransi nya 1% serta koefisien suhu 5 ppm.

Demikian pembahasan tentang cara menghitung  resistor 4, 5, dan 6 gelang warna. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua terkait dengan komponen elektronika.

4 Responses to "Cara Menghitung Nilai Resistor 4, 5, dan 6 Warna"

  1. Artikelnya sangat bagus. Apalagi untuk pemula seperti saya. Thanks

    BalasHapus
  2. mantrap gan, sangat berguna, thanks ilmunya

    BalasHapus
  3. terimakasi bermanfaat ...

    BalasHapus
  4. Nilai warna coklat itu satu gan,,, tapi di contoh kok di tulis nol??? heheh

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel