Cara Mengukur Dioda Dengan Multimeter Analog (Jarum)

Cara Mengukur Dioda Dengan Multimeter Analog (Jarum). Jika sebelumnya admin telah membahas cara menghitung dan mengukur Resistor, untuk kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara mengukur dari salah satu komponen elektronika yaitu Dioda.

Tahap pengukuran kali ini menggunakan multimeter analog atau biasa disebut dengan multimeter jarum. Dioda merupakan salah satu komponen eletronika semi konduktor yang memiliki fungsi menghantarkan tegangan dalam satu arah. Dioda memiliki beberapa jenis yang di antaranya :
  • Dioda hubungan
  • Dioda kontak titik
  • Dioda zener
  • Dioda LED

Di sini yang akan admin bahas adalah cara mengukur Dioda kontak titik, Dioda kontak titik ini disebut juga dengan Dioda Rectifier atau Dioda silikon yang dapat mengalirkan tegangan yang besar dalam satu arah dan tidak bisa mengalirkan tegangan sebaliknya.

Dioda ini  dapat kita jumpai di berbagai rangkaian elektronik di antaranya di rangkaian power amplifier, rangkaian televisi, rangkaian power suplay, dan lain sebagainya.

Cara Mengukur Dioda Dengan Multimeter Analog (Jarum).

Cara Mengukur Dioda Dengan Multimeter Analog (Jarum)

Satuan dari Dioda adalah Ampere dan Dioda silikon memiliki dua kutup kaki yaitu anoda dan katoda. Dioda mempunyai daya tahan terhadap tegangan tinggi hingga ribuan volt. Umumnya jenis dioda yang banyak di jual di pasaran adalah jenis Dioda silikon.

Sebagai contoh Dioda 1N4002 memiliki kapasitas 1 Ampere dengan tegangan 50 Volt sampai ribuan volt. Untuk gambar serta simbol dari dioda silikon bisa di lihat di bawah ini :


Cara dan Langkah Mengukur Dioda Pakai Multimeter.

Pertama pilih atau posisikan switch Multimeter pada skala 1X kemudian tempelkan stik + / kabel merah pada kaki katoda. Tempelkan stik - /  kabel hitam Multimeter pada kaki anoda. Jika pada jarum penunjuk Multimeter bergerak dan menunjukan Ohm tertentu dan tidak sampai begerak penuh maka Dioda tersebut masih dalam keadaan baik.

Begitu juga sebaliknya tempel kan stik + / kabel merah Multimeter pada kaki anoda dan stik - / kabel hitam pada kaki katoda. Jika jarum penunjuk Multimeter tidak bergerak maka Dioda masih baik tapi jika bergerak berarti Dioda tersebut sudah rusak atau sort. Untuk lebih detail nya simak gambar di bawah :


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara mengukur komponen Dioda dengan multimeter. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

2 Responses to "Cara Mengukur Dioda Dengan Multimeter Analog (Jarum)"

  1. hai bro...untuk ampli 150 watt itu yg cocok dioda tipe berapa ya ...4002 atau yg 4148 atau dioda zener...soalnya ditoko beda-beda...trims

    BalasHapus
  2. Bos bisa bikinin generator untuk bikin ion perak dengan 2 kaki:Anoda dan katoda
    spesifikasinya adalah 27 volt sd 32 volt dan 0,04 ampere. kalo bisa tolong hubungi 0818871261 (Ronny). Terimakasih.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel