Cara Mengukur Elco Dengan Multimeter Analog (Jarum)

Cara Mengukur Elco Dengan Multimeter Analog (Jarum). Elco di sebut juga dengan Kondensator Elektrolit. Elco merupakan salah satu komponen elektronik yang mempunyai fungsi menyimpan arus sementara. Kemampuan menyimpan arus pada elco ini di sebut kapasitas kondensator.

Maka dari itu sebagian orang menyebut elco ini dengan kapasitor dan bahasa umumnya adalah elko. Setiap Elco memiliki daya tampung serta daya tahan sendiri-sendiri tergantung dari besar kecilnya ukuran yang tertulis pada badan atau fisik di elco tersebut.

Misalkan saja pada badan elco tertulis 1000uf / 25v maka pemberian tegangan pada elco jangan sampai melebihi batas dari volt elco tersebut atau jangan sampai lebih dari 25v.

Cara Mengukur Elco Dengan Multimeter Analog (Jarum).

Cara Mengukur Elco Dengan Multimeter Analog (Jarum)

Apabila kita memberi tegangan pada elco tersebut melebihi batas maksimal nya yaitu 25v maka bisa mengakibatkan elco meledak. Misalkan saja kita beri tegangan 50v maka elco tersebut tidak akan mampu menahan beban tegangan dan elco tersebut akan meledak.

Maka dalam pemberian tegangan pada elco ini harus benar-benar kita perhatikan dengan serius. Agar tidak terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan seperti apa yang saya bilang di atas.

Intinya apabila di badan elco tertulis 25v ( volt ) maka pemberian tegangan harus di bawah batas maksimal elco tersebut. Pemberian tegangannya adalah 12 Volt, 16Volt, dan 20 Volt. Untuk gambar dan bentuk fisik elco bisa lihat di bawah ini :



Satuan dari ukuran elco ini adalah farat ( f ), mikro farat ( uf ), nano farat ( nf ) dan piko farat ( pf ).
  • 1 f  =  1.000.000 uf.
  • 1 uf  = 1000 nf.
  • 1 nf = 1000 pf.

Bagaimana Cara Mengukur Elco Dengan Multimeter?

Baiklah akan admin jelaskan cara dan langkah- langkah mengukur elco pakai Multimeter untuk mengetahui apakah elco tersebut masih dalam keadaan bagus atau sudah rusak.

Posisikan atau ilih switch selektor atau skala Multimeter pada posisi Ohm meter dan sesuaikan dengan  besar kecilnya kapasitas atau ukuran yang ada di badan elco.
  • Posisi  X1    untuk mengukur ukuran elco 10.000uf  ke atas.
  • Posisi  X10  untuk mengukur ukuran elco 100uf sampai 10.000uf.
  • Posisi  1K    untuk mengukur ukuran elco 1uf sampai 100uf.
  • Posisi  10 K untuk mengukur ukuran elco 0,1uf sampai 1uf.

Misalkan kita akan mengukur elco dengan ukuran 100uf/50v. Maka posisi switch kita pilih pada posisi 1K. Cara pengukuran nya tempel kan stik+ / kabel merah Multimeter pada salah satu kaki dari elco tersebut dan stik- / kabel hitam ke kaki yang satunya.  Untuk lebih detail lihat gambar di bawah :




Keterangan Hasil :
  • Hasil pengukuran kita lihat pada pergerakan dari jarum Multimeter, jika jarum bergerak dan berhenti pada skala tertentu kemudian jarum begerak kembali pada posisi skala 0 maka kondisi atau keadaan elco tersebut masih bagus dan baik.
  • Tapi apabila jarum Multimeter bergerak pada skala tertentu dan kembali tidak pada skala 0 maka elco tersebut setengah rusak atau sort.
  • Dan jika jarum Multimeter bergerak sampai penuh dan tidak kembali ke skala 0 maka elco tersebut sudah konslet dan mati.
  • Sedangkan jika jarum Multimeter tidak bergerak sama sekali, maka kaki elco tersebut tidak tersambung dengan elemen di dalamnya atau elco rusak total.

Demikian pembahasan tentang cara mengukur  Elco pakai Multimeter. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita semua khususnya dalam bidang elektronika dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

6 Responses to "Cara Mengukur Elco Dengan Multimeter Analog (Jarum)"

  1. Kalo untuk mengukur benar tidaknya ukuran gimana gan....
    Contoh untuk mengukur 100vol 69000mkro
    Biar benar benar ukuran pada badan elco itu gimana???
    Sblumnya makasih gan infonya

    BalasHapus
  2. siang boss..mau tanya soal tv sharp dinamyc sound model 14k1
    suara bagus tapi gambar kabur alias luntur,,mohon bagi2 ilmu kira2 apa masalahnya
    thks atas jawabanya..balas di
    takidoniraimuyo@gmail.com
    maturnuwun...

    BalasHapus
  3. Tqgan atas infonya
    http://heydadavin.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Utuk mengukur nilai diode pada power suply ya gosong gmana?

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak gan atas infonya

    salam Rajalistrik.com

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel