Cara Memperbaiki LCD TV LG Flatron Mati Standby

Cara Memperbaiki LCD TV LG Flatron Mati Standby. Berbagai kerusakan TV LCD bisa saja sewaktu-waktu terjadi tak perduli apapun merk dan ukurannya. Sebagai misal seperti yang pernah admin perbaiki yaitu sebuah LCD TV LG Flatron M2341A / M2241A dengan kerusakan mati standby.

Kerusakan standby ini dapat di tandai yaitu apabila TV di hidupkan maka beberapa detik kembali mati atau ke standby lagi dan begitu seterusnya.

Dengan menanggapi gejala kerusakan tersebut admin memprediksi kerusakan pada bagian power supply. Dengan demikian maka segera admin buka tutup bagian belakang TV kemudian semua komponen admin cek terutama pada bagian power supply.

Pada rangkian power supply atau mainboard psu terdapat dua tegangan output yaitu 12 Volt dan 5 Volt yang menuju ke rangkaian mainbord TV.

Cara Memperbaiki LCD TV LG Flatron Mati Standby.



Setelah melakukan cek dengan Multimeter sekala di 50 vdc dan admin amati ternyata pada waktu TV mulai on tegangan tersebut perlahan turun dari 12 volt. Hal ini menunjukkan bahwa tegangan tersebut drop. Power supply tidak mampu menyupply dengan baik kebutuhan tegangan yang semestinya di butuhkan oleh mainbord televisi.

Jelas saja apabila rangkaian mainboard TV kurang mendapatkan supply tegangan yang cukup maka TV tersebut akan kembali standby. Hal tersebut dikarenakan melemahnya tegangan pada power supply yang mana ada komponen yang sudah sort atau aus.

Berikut ini merupakan gambar dari blok area power supply LCD TV LG Flatron M2341A / M2241A.


Kemudian admin cek penyebab dari melemahnya tegangan power supply tersebut dengan meneliti secara cermat komponen-komponen yang ada pada power supply. Di sini admin mendapati 4 buah elco power supply tegangan 12v dan 5v dengan keadaan rusak serta menggelembung. Inilah yang menyebabkan melemahnya sistem kinerja dari power supply.


Begitu Elco tersebut selesai admin ganti maka LCD TV tersebut admin coba nyalakan dan hasilnya TV telah normal kembali dan ternyata penyebab dari kerusakn tersebut adalah dari Elco power supply yang telah rusak atau pun short.

Demikian pembahasan kali ini tentang bagaimana cara memperbaiki TV LCD LG mati standby. Semoga informasi ini bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

6 Komentar untuk "Cara Memperbaiki LCD TV LG Flatron Mati Standby"

  1. Kalau tampilan layar hanya blank putih dan suara ada, itu kerusakan dimana ya mas??

    BalasHapus
  2. banyak faktor kerusakan bisa juga itu dari panel lcd nya

    BalasHapus
  3. kalau lampu stand by kedip2 gimana mas

    BalasHapus
  4. Bisa jadi kerusakan dari power supply nya namun, coba silahkan cek terlebih dahulu sekering yang ada pada rangkaian power supply nya.

    BalasHapus
  5. mas, lg m2241a saya sudah diganti ic apm4550 clbkc 2 kali dan nyala tapi cuma sebentar tidak ada 1 menit mati lagi, kira2 kalau icnya diganti pake ic apa yah?

    BalasHapus
  6. Kalau udah di ganti ic tetep rusak atau mati bisa jadi dari panel lcd nya mas biasanya lampu neon mulai gosong.

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel