Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris

Cara merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris. Kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi mengenai cara serta langkah membuat power supply simetris (CT). Seperti yang diketahui secara umum power supply simetris sering digunakan pada berbagai perangkat elektronika dan memiliki berbagai fungsi yang mana salah satu nya adalah sebagai penyupply tegangan pada sebuah perangkat.

Pada dasarnya power supply ct ( simetris ) ini tidaklah beda jauh sama power supply non simetris. Yang membedakan di antara ke dua rangkaian ini adalah kalau dalam power supply non simetris memakai komponen dan juga tegangan tunggal. Sementara untuk power supply CT ( simetris ) ini memakai komponen dan tegangan ganda.

Power supply simetris memiliki tegangan output di antaranya (- 0 +) dan yang di maksud tegangan output - 0 + ini adalah :

- adalah tegangan minus.
0 adalah ground / masa / body.
+ adalah tegangan plus.

Power supply simetris sering di gunakan dalam rangkaian power supply power amplifier, rangkaian tone control, rangkaian equalizer, dan rangkaian elektronik lainnya.

Power supply ini sangatlah berperan dalam sebuah rangkaian elektronika. Tanpa adanya power supply suatu rangkian elektronika tidak akan bisa beroperasi karena dari sistem kerjanya.Power supply ini berfungsi sebagai penyupply dari pada tegangan yang di butuhkan oleh rangkaian elektronika itu sendiri.

Nah, bagi kalian yang ingin merakit sebuah power amplifier tentu akan membutuhkan rangkaian power supply ini. Apabila kalian ingin merakit / membuat power supply ct ( simetris ) maka berikut ini adalah daftar komponen dan cara membuat rangkaian power supply.

Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris.


Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris

Komponen Yang Harus Disediakan.

  • 1 buah Trafo CT.
  • 2 buah Elco ukuran minimal 2200 uf / 25 v atau sesuai kebutuhan.
  • 1 buah Dioda bridge ( kuprok ).

Cara Merakit Power Supply Simetris.


Pertama sambung atau hubungkan 2 buah Elco dengan cara kaki - dan + elco di sambung jadi satu dan sebagai 0 / ground. Kemudian kaki + Elco yang satu nya di hubungkan ke + Dioda dan kaki - Elco satu nya lagi di hubungkan ke - dioda. Selenjutnya tegangan input Dioda di hubungkan ke tegangan output trafo. untuk lebih jelas nya lihat gambar di bawah ini.

Tampak Dari Depan.


Tampak Dari Samping.


Untuk membuat power supply power amplifier dengan Watt yang besar maka dibutuhkan juga komponen-komponen yang memiliki nilai kapasitas yang besar. Rangkaian power supply di atas bisa digunakan untuk power supply dengan asupan daya yang rendah seperti halnya tone control, rangkaian equalizer, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang cara merakit Power Supply Sederhana Simetris. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam bidang elektronika serta bisa bermanfaat untuk kita bersama.

32 Responses to "Cara Merakit Power Supply Sederhana CT / Simetris"

  1. gan saya punya speker aktif, pas saya buka ternyata tegangan power suplynya 15v CT,, bagaimana cara mengidupkan speaker aktif tsb di aki mobil yg bertegangan 12V. mohon pencerahannya.. thks

    BalasHapus
  2. Gan Saya punya amplifier 0 dan 12 volt,
    itu ambil powernya dimana ?
    atau ambil yang - dan + ?
    mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  3. gan mau tanya,ct travonya di sambung kemana?

    BalasHapus
  4. Zainul # kalau amplifier pakai tegangan 0-12 berati itu menggunakan power supply yang non ct.dan sudah saya share cari artikelnya di blog ini

    BalasHapus
  5. Emil # ct nya di hubungkan ke 0 / ground bisa juga ke bodi power amplifier

    BalasHapus
  6. outputnya kemana ya gan? maap ni newbie

    BalasHapus
  7. Romeo maksutnya output apa?

    BalasHapus
  8. ya ga perlu pake inverter , tapi tegangannya ga beda jauh kok 15v - 12v = cuma beda 3v :D tetapi mempengaruhi kualitaz zuara :D

    BalasHapus
  9. Bro tolong bntuanya dong..klo power ampli rakitan ninja 150watt 12v itu kan butu power suplay..na sy mu bkin power suplynya tu..yg d prlukan d antranya.trafo yg brp amper,dioda yg brp elco dan ukuran brp uf/v n diod yg d gunakn yg bgy mn?..mohon bntuanya..d tunggu secepatya..

    BalasHapus
  10. Gan saya punya Trafo 1 ampere biasanya Bisi Idup in kit Berapa kekuatan nya

    BalasHapus
  11. Om nilai ampere pada kuprok harus lebih besar dr trafo ya???
    Mksh

    BalasHapus
  12. Mt sore gan sy mau tnya klo power amplie 200wt bisa gk pake trafo 10A

    BalasHapus
  13. Tenxs gan infonya,
    Sngat bermanfaat skali.

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  15. Kalo untuk 18v ct sama nggk elco dan dioda bridgenya

    BalasHapus
  16. Kk pny saya gk jd y gan,, pdahal sama cra ngrakitnya, saya pke travo 2a trus saya butuh output 18, setelah saya pasang kk elkonya mlh panas ya,, saya pake elko 2200uf25volt, trus saya salh ngrakitnya dimana

    BalasHapus
  17. Trafo 1 Ampere bisa juga di pakai pada power amplifier 18 Watt.

    BalasHapus
  18. Tidak juga kok asal jangan terlalu kecil.

    BalasHapus
  19. Bisa saja mas tapi tegangan outputnya harus sesuai dengan transistor final yang digunakan dan jangan memeberi tegangan yang terlalu besar.

    BalasHapus
  20. Bisa mas dan bisa saja menggunakan seperti contoh di atas.

    BalasHapus
  21. Outpunya - dari - elco dan dioda, CT atau groud dari elco dan trafo, + dari + elco dan dioda.

    BalasHapus
  22. Coba lebih diteliti lagi mas mungkin salah dalam perakitan atau bisa sertakan fotonya agar saya bisa menelitinya juga.

    BalasHapus
  23. kalau bikin power supply nya pakie satu elco bisa gak buat amplifier mas

    BalasHapus
  24. Tergantung kit power ampifiernya mas kalau kit nya menggunakan power supply non simetris bisa pakai satu elco dan satu dioda. Contohnya power amp 18 Watt.

    BalasHapus
  25. Saya punya tape dek dan mau di bikin amplifier mas tape yang masih pakai kaset fita/jadul dan masalahnya ini kabel nya pada putus dan trafonya di copotin adik saya tapi saya bingung nyambungnya. mas bisa bantu?

    BalasHapus
  26. Wah agak susah mas soalnya tidak tau bagaimana rangkaian psu nya silahkan hub lewat WA saja mas dan kirim fotonya sebisa mungkin akan saya bantu.

    BalasHapus
  27. Min saya punya kit power 200watt power supply harus pakai berapa wat

    BalasHapus
  28. Silahkan simak tutorialnya mas => https://www.divaiz.com/cara-merakit-power-supply-untuk-power-amplifier-watt-besar/

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel