Cara Menambah RAM PC/Laptop Menggunakan Flashdisk

Cara Menambah RAM PC/Laptop Menggunakan Flashdisk. Flashdisk merupakan sebuah perangkat eksternal dari suatu komputer atau laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file yang bersifat non volatile ( data tidak hilang walaupun tidak teraliri daya listrik).

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat internal yang ada dalam suatu komputer atau laptop. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Apabila komputer atau laptop di matikan maka semua data atau file akan hilang.

Dan saat kita menyalakan komputer atau laptop komponen yang pertama kali bekerja adalah prosessor. Kemudian prosessor memberi sinyal perintah atau mengambil data dari hardisk. Saat hardisk bekerja extra dan terus menerus tidak mampu memenuhi kecepatan data perintah yang di minta oleh prosessor maka harus ada pihak ketiga yang membantu kinerja dari hardisk tersebut.

Dalam hal pihak ketiga tersebut maka di situlah peran penting RAM untuk menampung data-data dari hardisk yang kemudian di supply ke prosessor dalam perangkat komputer. Dari sini dapat kita ambil kesimpulan semakin besar kapasitas penampungan RAM maka sangatlah mempengaruhi dari kinerja sebuah komputer  atau laptop.

Cara Menambah RAM PC/Laptop Menggunakan Flashdisk.


Cara Menambah RAM PC/Laptop Menggunakan Flashdisk

Semakin besar kapasitas yang dimiliki RAM maka semakin cepat pula kinerja dari komputer atau laptop. Sehingga proses transfer data yang di butuhkan prosessor pun semakin cepat dan juga akan meringankan kinerja dari hardisk.

Terus bagaimana kalau kita memiliki komputer yang mempunyai kapasitas RAM yang kecil atau sedikit? tentu dapat kita rasakan bagaimana proses atau kinerja komputer atau laptop tersebut dan pastinya terasa lambat.

Namun jangan khawatir di sini admin akan berbagi informasi serta tips bagaimana cara mudah merubah atau menjadikan Flashdisk sebagai RAM tambahan PC.

Apabila kalian ingin membuat Flashdisk menjadi RAM Eksternal atau RAM tambahan PC maka ada beberapa syarat untuk mengoptimalakan kinerjanya yang di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Minimal kapasitas atau ukuran Flashdisk adalah 2 GB.
  • Flashdisk harus dalam format NTFS / FAT16 / FAT32.
  • Kapasitas yang dapat di gunakan sebagai RAM adalah 4 GB.

Cara Membuat Flashdisk Menjadi RAM Tambahan PC Windows 7.


  • Colok kan Flashdisk ke komputer atau laptop.
  • Buka Windows Explorer / my computer.
  • Kemudian klik kanan pada lokasi tempat Flashdisk setelah itu klik Properties.
  • Pilih ReadyBoost lalu centang use this device.


  • Terakhir tekan Apply atau OK maka Flashdisk sudah jadi RAM tambahan

Begitu mudah kan menambah RAM PC dengan Flasdisk? Cara ini bisa kalian terapkan sebagai alternatif jika Laptop / Komputer kalian memiliki kapasitas RAM yang sedikit.

Demikianlah cara membuat Flashdisk menjadi RAM eksternal di Windows 7. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

2 Responses to "Cara Menambah RAM PC/Laptop Menggunakan Flashdisk"

  1. Info yg bagus agan....sangat membantu...semoga agan gsk bosan brrbagi ilmu yg lainnya...terima kasih agan info yg berguna nih....

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjunganya mas dan semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel