Cara Memperbaiki Laptop ASUS 1225B Mati Total/Matot

Cara memperbaiki Laptop ASUS 1225B mati total/matot. Kali ini admin sedang memperbaiki Lapatop ASUS type 1225B yang mana dengan kerusakan mati total. Menurut pemilik nya Laptop tersebut tiba-tiba mati total alias matot saat di pakai main game.

Menanggapi informasi tersebut admin mulai menganalisa titik kerusakan pada Laptop ASUS 1225B ini. Langkah awal yang admin lakukan adalah dengan mencoba hidupkan Laptop. Admin tekan tombol On/Off berkali-kali memang tidak ada reaksi bahkan lampu indikator tidak ada yang menyala.

Sebelum amin bongkar Laptop tersebut admin cek terlebih dahulu Baterai nya menggunakan Multimeter dengan swicth pada skala 20 VDC. Hasilnya Baterai laptop masih bagus serta masih memiliki tegangan yang cukup untuk menghidupkan Laptop tersebut.

Cara Memperbaiki Laptop ASUS  1225B Mati Total/Matot.


Cara memperbaiki Laptop ASUS 1225B mati total/matot

Setelah itu baru admin bongkar Laptop dengan melepas Hardisk, RAM, Adaptor Wifi, dan juga yang lainnya. Lalu admin juga melepas motherboard dari casing. Setelah itu admin mulai melakukan cek satu demi satu komponen yang berkaitan dengan gejala kerusakan tersebut.

Mulai dari Resistor, Capasitor ( C ), IC, dan komponen yang lainnya. Admin pun juga cek untuk semua tegangan baik input atau pun output yang ada di motherboard tersebut dengan Multimeter.

Dari pemeriksaan tersebut admin mendapati ada keganjalan dalam sirkit power supply. Pada tegangan input motherboard sudah mendapat atau ada sinyal tegangan masuk namun pada output nya tidak ada respon sama sekali. Tegangan terhenti sampai sebatas titik tersebut dan ternyata pada titik tersebut yang bermasalah adalah komponen IC Power.

Setelah admin cek pada motherboard Laptop ASUS 1225B tersebut tidak hanya satu IC yang mengalami kerusakan. Terdapat 4 buah IC yang dalam kondisi rusak atau mati dan IC tersebut seperti nampak berikut ini :


Lalu admin pun langsung mengganti 4 IC tersebut. Setelah admin selesai ganti IC tersebut kemudian admin mencoba memasang baterai ke motherboard. Namun untuk Hardisk, RAM, dan juga Lcd belum admin pasang.

Setelah itu admin coba menekan tombol power On/Off nya seketika itu juga lampu indikator yang berwarna biru menyala serta kipas atau fan Prossesor sudah berputar. Setelah itu admin matikan kembali Laptop tersebut dan pasang motherboard, Hardisk, RAM, Adaptor Wiffi dan yang lainnya.


Setelah semua selesai admin pasang kembali maka admin coba nyalakan dan hasilnya Laptop ASUS 1225B tersebut telah normal kembali.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki ASUS 1225B yang rusak mati total. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kita dan bisa menambah wawasan kita semua.

20 Responses to "Cara Memperbaiki Laptop ASUS 1225B Mati Total/Matot"

  1. mau tanya berapa biaya ongkos service ganti ic power karena netbook sy juga punya kerusakan yg sama,trmksh

    BalasHapus
  2. mas sy mau service laptop alamtnya dimana yah?? minta no hp donk

    BalasHapus
  3. Mitra jaya# biaya tergantung dari parah atau tidaknya kerusakan klo ringan 100 rb dh OK

    BalasHapus
  4. Khalif rafi# almat tinggal anda di mana?

    BalasHapus
  5. boss, mau tanya nie... berkaitan dg matot asus 1225B... saya juga punya unit 1225B yg matot... gejala awal hanya LCD yg kdg tdk muncul/nyala... tetapi telah sembuh dg sendirinya... sudah nyala normal... selanjutnya kapasitas batere yg mulai turun setiap kali recharge... mula2 cuma terisi 90%, lalu 70%, 60% hingga akhirnya harus terkoneksi terus dg sumber listrik melalui chargernya... dg gejala ini saya berasumsi batere telah habis umur pakainya... sebab menurut teman saya, batere bisa bertahan 2 tahun... unit 1225B saya telah 2 tahun lebih saya gunakan pada saat matot... gejala selanjutnya, setiap kali digunakan kira2 4 bulan yang lalu, saya harus menekan tombol power beberapa kali hingga laptop menyala... memang power menyala yg ditunjukkan oleh lampu indikator power... tetapi HDD sering tidak menyala... saya berasumsi HDD juga kena alias mulai rusak... hingga akhirnya unit 1225B saya matot... mohon info atau solusinya, apakah yg trjadi pada unit 1225B saya? apakah masih bisa dihidupkan kembali? karena saya senang memakai unit ini, sebab awalnya batere mampu bertahan lama (8 jam) sesuai info teman saya & brosurnya...

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya
    Ramnya dimana yaa

    BalasHapus
  7. Mohon maaf untuk anonim saya tidak merspon komentar sebaiknya berkomentarlah dengan akun atau nama masing-masing. Terimakasih

    BalasHapus
  8. Mas nasrulloh muhyidin untuk laptop atau nootbook model seperti artikel saya di atas RAM terletak jadi satu dengan mainboard atau gak bisa di ganti terkecuali dengan solder uap / blower

    BalasHapus
  9. Punya saya tuh nyala mas tapi gg nampil di lcd.nya trus saya coba di monitor itu bisa belum nyampek welcome udah mati tuh notebook

    BalasHapus
  10. laptop yang ada diatas kira2 penyebabnya apa

    BalasHapus
  11. mas bagai mana cara menggunakan multi untuk tegangan leptp mati total

    BalasHapus
  12. mas card vga saya pin nya lepas dan rusak gimana mas ganti pin nya

    BalasHapus
  13. btw kalo harga IC Power Asus A43s berapa ya mas .. punya saya katanya harus di ganti..

    BalasHapus
  14. Harganya kisaran Rp 25000 - Rp 40000 tergantung IC nya juga.

    BalasHapus
  15. Wah kalau ganti pin nya susah.

    BalasHapus
  16. Kalau untuk mengukur atau cek tegangan bisa di posisikan pada VDC 20V atau VDC 50V, dan untuk cek komponen bisa di posisikan pada X1.

    BalasHapus
  17. Kl lampu indikator nyala tapi layar blank kenapa y? Sebelumnya normal aja... Uda pakai external lcd tidak bisa jg. Bisa diperbaiki kah?

    BalasHapus
  18. Kemungkinan masih bisa coba deh bongkar terus bersihkan bagian RAM dan juga RAM nya setelah itu pasang kembali dan coba nyalakan Laptopnya.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel