Cara Memperbaiki Lampu Jari Yang Rusak Mati Total Agar Bisa Menyala

Cara memperbaiki Lampu jari yang rusak mati total agar bisa menyala. Kali ini admin akan memberi tips tentang cara memperbaiki lampu hemat energi yang sudah rusak agar bisa di pakai kembali. Tentunya ini akan lebih menghemat biaya dibanding dengan beli lampu jari baru.

Dengan begitu kita juga bisa lebih menghemat pengeluaran. Nah, bagi kalian yang berminat untuk mencobanya maka silahkan saja ikuti tutorial berikut ini.

Rangkaian Lampu hemat energi terdiri dari beberapa komponen elektronika yang mana diantaranya adalah Transitor, Resistor, Dioda, Kapasitor, Trafo OT. Umumnya yang sering mengalami kerusakan adalah komponen-komponnen tersebut.

Ada beberapa faktor penyebab kerusakan komponen tersebut diantaranya karena suhu yang terlalu panas dan bisa karena konsleting pada rangkaian lampu.

Caranya cukup mudah dan tidak terlalu rumit kalian pasti bisa melakukannya sendiri. Adapun alat-alat yang di gunakan dan yang di persiapkan untuk memperbaiki lampu jari atau lampu hemat energi adalah sebagai berikut :

Cara Memperbaiki Lampu Jari Yang Rusak Mati Total Agar Bisa Menyala.


Cara Memperbaiki Lampu Jari Yang Rusak Mati Total Agar Bisa Menyala

Alat Untuk Memperbaiki Lampu Hemat Energi.


Obeng min atau yang berbentuk pipih.

Obeng ini digunakan untuk membuka tutup lampu jari.

Multimeter (Avo Meter).

Multimeter digunakan untuk memeriksa atau cek kondisi komponen pada rangkaian lampu jari yang rusak seperti hal nya komponen Transistor, Resistor, Dioda, dan Lampu TL nya.

Solder + timah.

Solder digunakan untuk melepas komponen dari PCB rangkaian dan juga untuk merekatkan ulang komponen saat di pasang pada PCB dan diberi timah.

Kabel secukupnya.

Perlu di ketahui lampu hemat energi memiliki beberapa bagian yang diantaranya pada bagian atas adalah body atau tutup  atau juga cangkang, bagian bawah adalah tabung lampu atau tabung TL yang terbuat dari kaca yang berwarna putih.

Apabila semua alat diatas sudah disediakan maka langkah selanjutnya yaitu memperbaiki lampu jari yang mati yang mana cara dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama buka tutup lampu atau body lampu pakai obeng min dengan cara dicongkel. Pada saat membuka lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak Lampu TL atau tabung TL.
  • Lepas atau pisahkan kedua bagian antara body dan tabung TL.
  • Cek lampu TL dengan Multimeter apakah masih bagus atau sudah putus.
  • Periksa apakah ada komponen yang terbakar atau rusak. Biasanya komponen yang sering terbakar adalah Resistor dan Dioda.
  • Jika terdapat komponen yang rusak maka lepas dan ganti komponen tersebut dengan yang baru atau juga bisa melepas dari lampu jari bekas lainnya namun cek terlebih dahulu kondisi komponen tersebut sebelum dipasang.
  • Untuk penggantian Resistor yang perlu kalian perhatikan adalah ukurannya yang mana ukuran tersebut terdapat pada warna gelang yang ada pada Resistor tersebut. Usahakan mengganti dengan warna gelang yang sama atau ukur dengan Multimeter.
  • Apabila komponen yang rusak sudah selesai diganti maka rakit atau pasang kembali kaki-kaki lampu TL ke rangkaian PCB.
  • Terakhir silahkan coba nyalakan lampu jari tersebut apakah sudah bisa menyala lagi. Jika belum bisa menyala lakukan cek secara menyeluruh untuk memastikan kondisi semua komponen.

Selain memperbaiki lampu jari matot atau mati total kalian juga bisa memodifikasinya dengan mengganti lampu TL panjang. Cara serta langkah dalam memodufikasi lampu hemat energi ini kalian bisa lihat video nya di bawah ini :



Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki lampu jari mati. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Memperbaiki Lampu Jari Yang Rusak Mati Total Agar Bisa Menyala"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel