Cara Modifikasi Power Amplifier 400 Watt Safari

Cara Modifikasi Power Amplifier 400 Watt Safari. Kali ini admin akan berbagi informasi untuk kalian yang hobi dengan Dunia elektronika yaitu tentang cara modifikasi power amplifier 400 watt. Cara ini bisa kalian coba terapkan pada power amplifier 400 Watt rakitan kalian.

Berkaitan dengan modifikasi sebuah power amplifier memang banyak cara yang dapat kita lakukan. Hal itu dilakukan agar power amplifier yang kita miliki bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu bisa sesuai dengan kebutuhan audio setup kita masing-masing.

Dalam me-modifikasi power amplifier sebenarnya susah-susah gampang tergantung bagaimana kita menyimpulkan nya saja. Yang jadi himbauan dari admin setiap rangkaian power amplifier baik itu power amplifier 150 watt, 200 Watt dan lain sebagainya maka kita harus memahami tentang karakter dari power amplifier tersebut.

Cara Modifikasi Power Amplifier 400 Watt Safari.


Cara Modifikasi Power Amplifier 400 Watt Safari

Rangkaian power amplifier di atas memiliki atau mempunyai karakter yang berbeda-beda. Nah dari karakter-karakter yang di miliki power amplifier tersebut kita pahami terlebih dahulu. Baru nantinya kita modifikasi sesuai keinginan kita. Tentunya agar mendapat hasil yang terbaik maka kita harus cocok kan dengan karakter power amplifier masing-masing.

Kalau menurut admin untuk karakter power amplifier 400 watt dominan atau cenderung ke low atau bass. Akan tetapi semua itu belum tentu sesuai dengan kesimpulan kalian karena prinsip seseorang satu dengan yang lain belum tentu sama.

Kali ini admin akan memberikan tips untuk modifikasi power amplifier 400 watt mono. Namun cara ini juga bisa diterapkan pada power amplifier 400 watt stereo agar suara yang di hasilkan lebih kuat dan maksimal.

Perlu admin tegaskan di sini admin tidak mengharuskan atau memaksa kalian untuk melakukan modifikasi power amplifier. Admin hanya berbagi tips atas apa yang sudah admin lakukan dan sudah admin uji coba.

Jika kalian ingin mencobanya maka dengan senang hati silahkan saja dan ikuti dengan cermat keterangannya serta pahami agar tidak ada kesalahan atau juga hal yang tidak kita inginkan.

Untuk pertama komponen yang di rubah adalah dua buah elco yang masing ukurannya sama yaitu 47uf/50V diganti dengan elco ukuran 47uf/100v. 1 buah elco 220uf/50v di ganti dengan 470uf/100v atau 330uf/100V. Selain itu Resistor juga harus di ganti. Download dan lihat gambar di bawah untuk mengetahui resistor mana saja dan ukuran berapa yang di ganti.


Demikian pembahasan tentang cara modifikasi power amplifier 400 Watt safari.Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita terlebih lagi semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila masih bingung atau ada yang di tanyakan jangan ragu tulis saja di kolom komentar di bawah.

52 Responses to "Cara Modifikasi Power Amplifier 400 Watt Safari"

  1. bagaimna cara merakit PA tanpa t.control tp hanya pakai 1 potensio saja.

    BalasHapus
  2. skemanya juga dilampirkan dan ditandai komponen apa aja yang di ganti.........soalnya susunan komponen yang di poto berbeda dengan susunan yang saya peroleh ditempaku TRIMAKASIH

    BalasHapus
  3. Power mono 400 wat klo di modit gitu suaranya ke low ato gimn om . Tolong dijelaskan . Biar nanti saya ikut2n mencobanya . Mksh

    BalasHapus
  4. Saya rasa akan cenderung ke hentakan suara, silahkan di coba...

    BalasHapus
  5. Mlm bos maaf mengganggu,saya punya power/ampli 400 wat stereo tpi ketika dihubungkan ke speaker baghan L bunyi sedangkan bagian R g bunyi,itu apa penyebabnya? Mohon penjelasannya bos.

    BalasHapus
  6. Banyak faktor penyebabnya, bisa dari line input, bisa dari tone control, bisa dari kit power, atau bisa juga dari speaker nya. harus cek dari berbagai bagian atau rangkaian.

    BalasHapus
  7. Mas, klo mem-BTL power 400 watt!R nya di pasangkan di jalur mana, bisa di tunjukin gak gambarnya

    BalasHapus
  8. kalau untuk speaker toa masjid gmn Bang?

    BalasHapus
  9. Mas mohon maaf mau nanya masalah transistor final pada power amplifier. Kalau tr finalnya TIP 2955 sama 3055 boleh di paralel seperti jengkolan atau model sanken gitu gak mas....? mohon pencerahanya trima kasih.

    BalasHapus
  10. Bisa mas itu juga sama seperti transistor final lainnya dan cara paralel nya sama seperti Sanken.

    BalasHapus
  11. Saya punya kit seperti itu tr 31 yg berlogo F tak ganti D313 lebih bagus gak?

    BalasHapus
  12. mas... mau nanyak nich...
    saya pernah buat amplifier untuk musholla, saya pakek tone control merek scorpion. dan powernya pakek power 150 waat dengan trafo 5 amper, tapi hasil output dari power tidak memuaskan alias suaranya tidak keras mas..
    mohon solusinya mas...,, terima kasih

    BalasHapus
  13. Modif ocl 150 udh saya praktekin saya ga 45 v lg sya pake 55 vct,tr buffer gnti 2N5401 vas mje 340 driver c4793/a1837. Josssssssssssssssss

    BalasHapus
  14. power sanken 400wat cocok nya pake tone control apa mas??? trimakasih

    BalasHapus
  15. Apakah modif ini mampu buat tegangan diatas 45v ya mas ?

    BalasHapus
  16. saya beli 2bh modul kit sanken 400watt mono, rencana saya jadikan stereo,mohon pencerahannya untuk power suplay yg bagus pakai 1 travo/ 2 travo, thank's

    BalasHapus
  17. mas boleh ikut tanya kah .tr final saya monstar saya cek pakek avometer saat di lepas dri pcs bagus tapi saat saya pasang tidak normal saya copot lg di ukur normal .itu normal apa gak mas tr final saya makasih

    BalasHapus
  18. boss klo buat power 400watt yg hrs di ganti resistor ukuran brapa

    BalasHapus
  19. numpang nanya gan....saya punya power sanken 400w mono tr finalnya 2 pasang travo 15A . yang mau saya tanyakan.. harus pakai speaker berapa inci dan berapa watt speakernya....suwun gan...itu aja

    BalasHapus
  20. Mas kl mau di naikkan ke 60v ac apa yg harus dirubah.. trapu sy 20amp. Maksih

    BalasHapus
  21. Sy punya tone kontrol parametrik vol. Subwofernya ko dengung bnget..mnta solusinya mas

    BalasHapus
  22. Maaf mas mau tau nya kalau ga ada suaranya apanya ya? awal nya kecil suaranya lama lama ga ada sama sekali . saya kit powernya yg subwofer tolong penjelasannya mas

    BalasHapus
  23. coba dimodif dulu drivernya dengan merubah beberapA komponen...kalo 150 waattt standat ya begitulah suaranya.

    BalasHapus
  24. Kalau ingin merakit power amplifier satu potensio saja atau potensio volume saja tinggal input power amplifier di hubungkan ke potensio dan input potensio di hubungkan ke jack line input audio atau sumber audio bisa dari mixer audio, equalizer, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  25. Kalau untuk power amplifier toa masjid kurang cocok dan bisa menyebabkan speaker horn rusak atau mati.

    BalasHapus
  26. Betul kata mas Harye silahkan coba di modifikasi dan cocokkan dengan speaker horn gunakan transistor final 1 set saja. Untuk cara modifikasi nya silahkan simak artikel berikut ini :
    https://www.divaiz.com/cara-modifikasi-power-amplifier-150-watt-agar-bass-tambah-mantap/

    BalasHapus
  27. Selamat atas keberhasilannya mas semoga bisa jadi referensi kita bersama.

    BalasHapus
  28. Tergantung selera masing-masing mas mau pakai tone control apa yang pasti cocok dengan harga dan kantong kita.

    BalasHapus
  29. Tergantung pakai transistor final apa dan berapa set mas.

    BalasHapus
  30. Coba cek transistor input yang ada di kit powernya mas kalau power amp suara kecil dan ngeprek bisa cek R kapur dan transistor finalnya.

    BalasHapus
  31. Biasanya kalau muncul dengung itu dari rangkaian power supply nya mas atau bisa juga karena terkena bias trafo dan sistem grounding yang kurang sempurna. alternatif coba pada body potensio baik potensio vol, treble, bass, dan subwoofer di hubungkan ke ground semua.

    BalasHapus
  32. Rekomendasi TR TIP diganti dengan TR sejenis yang memiki max vcc besar mas silahkan cari dulu dataset nya.

    BalasHapus
  33. Harus disesuaikan berapa watt speakernya mas kalau 1 set Sanken ideal nya 1 Speaker 15 inch.

    BalasHapus
  34. Masih bagus TIP 31 atau TIP 41 mas.

    BalasHapus
  35. Pakai 1 trafo sudah cukup mas dan sesuaikan dengan transistor finalnya pakai apa dan berapa set.

    BalasHapus
  36. Kalau cek dalam kondisi terpasang susah mengukurnya mas karena saling terhubung dengan komponen lain jadi pengukuran tidak akurat. Lebih baik saat pengukuran di lepas saja dulu.

    BalasHapus
  37. Mw tnya mas. Klau pwerx stereo 400 watt travo 5A voltx 45ct45 hrus mmkai snken brpa..

    BalasHapus
  38. Masing-masing satu set Sanken 5DY mas.

    BalasHapus
  39. Mas mau tanya.. saya punya 2 power ocl 150 watt pake tr jengkolan toshiba sudah saya pasang tiba2 dengung trus resistor 330 ke bakar 4 kira2 apanya yg mati ya,, tolong di beri pencerahan mas,, saya pemula dri pemalang

    BalasHapus
  40. Coba di cek ulang pemasangannya mas mungkin ada yang salah, namun terkadang jika pakai TR jengkolan Toshiba bila asupan tegangan terlalu tinggi maka mudah rusak atau mati. Sebaiknya jika pakai TR jengkolan pakai jengkolan paling tidak yang Malaysia.

    BalasHapus
  41. mas mau tanya saya punya power 400 watt tapi stereo suara bassnya datar kalau suara biar lebih low lagi apanya yang dirubah? speaker udah pakai subwoofer dan tone control juga udah ada filter sub nya

    BalasHapus
  42. Coba di modifikasi seperti di atas mas begitu juga dengan tone controlnya juga di modifikasi.

    BalasHapus
  43. apakah modif power 400 mono beda merk sama aj atau beda mas.
    ukrn resistor 68k brp watt
    300 ohm brp watt

    BalasHapus
  44. Sama saja mas dan untuk R bisa pakai setengah Watt.

    BalasHapus
  45. mas mau tnya
    resistor 330 0hm wrna orange orange coklat brp watt y.

    trus modif power 150 mono buat spiker aktif biar bas empuk ap yg prlu drubah

    BalasHapus
  46. Punyaku driver400w stereo gak ada dioda zener24v nya.aman gak mas di kasih 45v 10amper murni

    BalasHapus
  47. Power 150watt sama power 400watt kl di modif bagusan mana..

    BalasHapus
  48. Kalau ubah capasitor saja tampa ubah resistor apa yang terjadi pada power 400w

    Tolong beri jawaban

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel