Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Adroid Error dan Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Adroid Error dan Tidak Berfungsi. Di era modern ini semua Smartphone telah menggunakan touchscreen atau layar sentuh sebagai pengendali pengoperasian nya. Dengan layar sentuh (touchscreen) maka kita akan semakin mudah dalam mengakses atau mengoperasikan Smartphone.

Namun dari hal itu terkadang timbul masalah atau kerusakan pada layar sentuh hp yang kita gunakan. Seperti hal nya layar sentuh error, layar sentuh macet, layar sentuh bergerak sendiri, layar sentuh susah digeser, dan lain sebagainya.

Layar sentuh (touch screen) memiliki 2 bagian lapisan yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. Namun yang sering menagalami error adalah bagian lapisan luar.  Apabila kalian mengalami layar sentuh android kalian error tak perlu panik dan jamgan buru-buru di bawa ke tempat sevice. Tak ada salahnya kalian coba memperbaiki sendiri selain hemat kita juga punya pengalaman sendiri.

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Adroid Error dan Tidak Berfungsi.


Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Adroid Error dan Tidak Berfungsi

Sebelum kita lanjut mengatasi touchscreen android yang errror maka perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa faktor penyebab layar sentuh error atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Adapu faktor penyebabnya adalah sebagai berikut :

  • Touchscreen rusak fisik / retak.
  • Kapasitas RAM yang sudah penuh.
  • Kerusakan software.
  • Charger yang tidak cocok.
  • Baterai rusak.
  • Screen guard (anti gores) kotor.

Dengan memahami faktor penyebab maka kita bisa menganalisa dan melakukan pemeriksaan serta bisa mencari solusi dalam mengatasi layar sentuh yang error.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh / Touch Screen Error.


Touch screen retak (pecah).

Setelah kita melakukan pemeriksaan terutama pada fisik hp dan ternyata pada layar sentuh mengalami retak (pecah) maka jalan satu-satunya adalah mengganti touch screen baru.

Kapasitas RAM Penuh.

Dalam hal ini biasanya ditandai dengan layar sentuh susah digeser atau susah digerakkan. Maka cara menagatasinya adalah dengan menutup atau menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting yang berjalan di background.

Kerusakan Software.

Untuk masalah yang satu ini jika terjadi layar sentuh error akibat kerusakan software maka bisa di atasi dengan melakukan hard reset. Perlu diketahui dengan hard reset dapat menghapus data yang ada pada internal hp sebaiknya backup terlebih dahulu data-data yang penting.

Charger Tidak Cocok.

Layar sentuh macet dan error bisa juga disebabkan karena charger yang tidak cocok dengan hp. Untuk mengatasinya gunakan charger original atau paling tidak gunakan charger dengan Ampere yang sama dengan charger aslinya.

Baterai Rusak.

Baterai rusak ini juga bisa menyebabkan layar sentuh hang / macet. Apabila baterai hp sudah rusak dan drop parah maka menggati dengan yang baru adalah langkah terbaik.

Screen Guard Kotor.

Screen gurad (anti gores) yang kotor bisa memicu timbulnya layar sentuh macet dan susah digerakkan. Bersihkan anti gores dengan kain lembut dan bersih bisa juga mengguanakan silicon pembersih agar lebih bersih.

Selain cara di atas kalian juga bisa menerapkan kalibrasi pada layar sentuh android. Adapun cara serta langkah melakukan kalibrasi adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan layar sentuh tidak pecah atau retak.
  2. Masuk ke pengaturan lalu cari atau pilih kalibrasi.
  3. Setelah itu nanti layar akan blank putih dan keluar tanda silang atau tanda kalibrasi.
  4. Tekan dengan benar tanda-tanda tersebut.
  5. Tanda tersebut akan berpindah-pindah dan ikuti sampai selesai.
  6. Bila berhasil akan muncul peringatan kalibrasi kompelit atau calibration completed.
  7.  Selesai dan ingat jangan sampai salah kalibrasi.

Untuk menjaga serta merawat touchscreen atau layar sentuh usahakan minimal satu bulan sekali lakukan kalibrasi. Hal ini bertujuan agar layar sentuh kembali fresh dan bisa responsif kembali.

Demikian cara memperbaiki layar sentuh error / tidak berfungsi. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita serta bisa bermanfaat untuk kita semua.

8 Responses to "Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Adroid Error dan Tidak Berfungsi"

  1. Terima kasih atas kunjungannya :)

    BalasHapus
  2. Tips yang sangat bagus..

    BalasHapus
  3. apa solusinya jika satu sisi layar aja yg gk berfungsi ( pinggir layar sebelah kiri )
    thanks . ,

    BalasHapus
  4. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Sama-sama mas semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

    BalasHapus
  6. Silahkan coba di kalibrasi mas atau juga bisa melakukan hard reset/factory reset.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel