Cara Mengatasi Listrik Sering Jeglek-Off (Trip)

Cara Mengatasi Listrik Sering Jeglek-Off (Trip). Listrik termasuk dalam kebutuhan kita sehari-hari. Berbagai kebutuhan entah itu kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan yang lain sering membutuhkan akan daya listrik. Sebagai misal untuk menyalakan televisi, kipas angin, mesin cuci, blender, mixer, dan lain sebagainya.

Namun tak lepas dari itu semua kadang listrik di rumah kita menuai masalah serta kendala. Salah satu masalah tersebut adalah listrik sering jeglek atau "off" saat menyalakan tv, majic com, atau lainnya.

Listrik jeglek bisa terjadi di karena kan terlalu berlebihan muatan. Sehingga daya listrik tidak mampu menahan dan menampung berat beban daya pemakaian sehingga MCB listrik akan jeglek (ngetrip).

Cara Mengatasi Listrik Sering Jeglek-Off (Trip).


Cara Mengatasi Listrik Sering Jeglek-Off (Trip)

Selain permasalahan di atas listrik jeglek bisa dikarenakan ada hubungan singkat atau konsleting pada jaringan listrik rumah. Sehingga MCB akan jeglek secara otomatis sebagai langkah pengamanan. Listrik jeglek juga bisa terjadi karena adanya kejutan saat kita start atau saat pertama menyalakan alat-alat elektronika.

Dengan menanggapi permasalahan di atas admin akan memberi tutorial atau cara untuk mengatasi listrik yang sering jeglek atau off. Cara ini cukuplah mudah dan sederhana hanya membutuhkan beberapa bahan dan komponen yang mana diantaranya adalah sebagai berikut :

  • 1 buah R Kapur 20 Ohm / 20 Watt.
  • Pipa paralon 8 cm.
  • Semen secukupnya.
  • Stop kontak.
  • Kotak box.

Cara merangkai nya juga mudah sekali admin yakin kalian juga bisa membuat atau merangkai nya sendiri. Untuk membuat rangkaian penghemat listrik maka kalian simak dan pahami skema rangkaian penghemat listrik di bawah ini.


Nah apabila R kapur sudah disambung maka taruh di dalam pipa paralon kemudian cor dengan semen. Tunggu sampai cor semen benar-benar kering lalu pipa paralon tadi masukan ke dalam box kotak.


Setelah semua telah terpasang maka tutup rapat kotak box agar lebih aman dan tidak membahayakan karena terdapat aliran listrik tegangan tinggi.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi listrik jeglek. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan juga bisa menjadikan referensi untuk kita bersama terlebih lagi semoga bermanfaat untuk kita semua.

1 Response to "Cara Mengatasi Listrik Sering Jeglek-Off (Trip)"

  1. kalau Resistor Kapur / R Kapur yang berukuran 20 Ohm / 20 Watt d taru setelah mcb bisa gak?

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel