Cara Mudah Memasang Tuner Fm Pada Power Amplifier

Cara Mudah Memasang Tuner Fm Pada Power Amplifier. Ternyata banyak juga yang masih bingung bagaimana cara pasang radio tuner fm pada power amplifier. Mayoritas menunjukan bahwa banyak yang mencari informasi tentang bagaimana cara memasang tuner fm ke power amplifier ini.

Menanggapi permasalahan para pengunjung tersebut admin akan jelaskan serta berbagi informasi. Admin berharap apa yang admin sampaikan berikut ini bisa membantu atau menjadi referensi bagi kita. Selain itu bisa menemukan solusi masalah tentang informasi ini.

Bagi yang sudah master elektronik ini semua merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun bagi yang belum paham dan mengerti bagaimana cara nya tentu akan merasa bingung harus mulai dari mana.

Cara Mudah Memasang Tuner Fm Pada Power Amplifier.


Cara Mudah Memasang Tuner Fm Pada Power Amplifier

Dalam memasang tuner fm ke power amplifier ada beberapa langkah yang harus kita lakukan yang mana di antaranya adalah sebagai berikut :

Persiapkan Rangkaian Power Supply Tuner FM. 


Sebelum memasang tuner fm ke power amplifier persiapkan terlebih dahulu rangkaian power supply untuk tuner fm tersebut. Rangkain power supply adalah dengan tegangan 12 Volt.

Tegangan 12 Volt bisa diambilkan dari Trafo power amplifier tersebut jika ada tegangan output 12 Volt. Kalau tidak ada maka buatlah power supply sendiri untuk tuner fm tersebut dengan komponen sebagai berikut :

  • Trafo 1 Ampere sudah cukup.
  • 1 buah Elko 2200uf/25V.
  • 1 Dioda 1 Ampere.
  • 1 buah IC regulator 7812.

Semua komponen di atas dirakit menjadi rangkaian power supply untuk tuner fm seperti gambar berikut.


Jika langkah diatas sudah selesai maka menuju langkah selanjutnya yaitu memasang tegangan tuner fm.

Memasang Tegangan Tuner FM dan Memasang ke Power Amplifier.

  • Langkah selanjutnya yaitu sambung kan atau hubungkan power supply diatas ke tegangan masuk tuner fm 12 Volt. Dalam menyambung tegangan jangan sampai terbalik harus plus dengan plus dan ground dengan ground.
  • Jika sudah coba nyala kan atau hidupkan tuner fm apabila rangkaian nya tidak ada kesalahan lampu indikator tuner akan menyala.
  • Setelah itu output audio tuner fm dihubungkan ke input audio power amplifier lihat skema gambar di atas. Apabila sudah selesai semua coba putar tuning tuner fm untuk mencari gelombang radio nya dan seharusnya tuner fm sudah bisa berbunyi dan menangkap siaran radio fm.

Demikian pembhasan tentang cara memasang tuner fm ke power amplifier. Jika dirasa masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ini. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita bersama.

4 Responses to "Cara Mudah Memasang Tuner Fm Pada Power Amplifier"

  1. Mantbbb sangat membantu.

    BalasHapus
  2. Aku punya polytron big band 900 itu volume nya kadang normal kadang enggak itu kenapa mas.

    BalasHapus
  3. Terima kasih mas semoga bisa bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Bisa jadi itu karena potensio volume nya sudah kotor dan rusak di cek dulu jika rusak ganti saja dengan yang baru.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel