Cara Memperbaiki Remot TV Rusak Macet Berhasil 100%

Cara Memperbaiki Remot TV Rusak Macet Berhasil 100%. Remote TV merupakan suatu rangkaian elektronik yang memiliki fungsi serta memiliki kinerja sebagai pengendali jarak jauh. Suatu perangkat dapat kita operasi kan dari jarak jauh dengan sistem sensor yang terhubung antar perangkat elektronik tersebut.

Hampir di setiap perangkat elektronika di era modern ini di lengkapi atau menggunakan remote control sebagai pengedali operasi sistem. Tentu hal ini merupakan langkah yang bagus dan efisien jika perangkat elektronika menggunakan remote control.

Berkaitan dengan remote control ini terkadang kita mendapati suatu masalah dimana remote control tidak berfungsi  dengan baik. Sebagai misal remot tv macet atau bahkan sama sekali tidak bisa digunakan.

Mungkin hal tersebut akan membuat kita merasa jengkel bahkan membuat kita emosi. Saat kita ingin pindah chanel tv ternyata remot rusak macet.

Cara Memperbaiki Remot TV Rusak Macet Berhasil 100%.


Cara Memperbaiki Remot TV Rusak Macet Berhasil 100%

Berkaitan dengan hal ini admin akan berbagi tips serta cara yang tepat dalam memperbaiki remote yang rusak. Bagaimana langkah-langkahnya mari kita pelajari serta kita pahami bersama. Namun sebelum mulai melakukan perbaikan pada remot yang rusak maka kita perlu mempersiapkan peralatan yang akan kita gunakan antara lain sebagai berikut.

Alat yang dibutuhkan :
  1. Kamera digital atau Hp berkamera yang akan berguna untuk cek remote. Atau bisa juga pakai Radio AM/MW.
  2. Obeng kecil bisa pakai obeng plus (+) atau obeng min(-) untuk membuka casing remote.

Langkah Melakukan Cek Remot.

Jika alat di atas sudah dipersiapkan maka kita lanjut ke tahap awal yaitu cek kondisi remot untuk mencari di mana titik kerusakannya.

1. Menggunakan kamera.

Dengan cara posisikan kamera digital atau kamera hp dalam keadaan stand-by lalu arahkan sensor atau lampu remote control ke kamera tersebut sambil tekan tombol remote control.

Keterangan.

Biasanya kalau remote control normal pada layar kamera maupun layar hp tersebut akan nampak kilatan cahaya berkedip-kedip terus menerus dari sensor remot saat tombol remote di tekan dan ditahan.

Namun apabila tidak nampak cahaya atau remote control tidak mengeluarkan sinar maka ada beberapa faktor penyebabnya dan lakukanlah pemeriksaan sebagai berikut.

Tidak nampak cahaya atau sinar dari sensor remote control.

  • Baterai remote telah habis.
  • Terdapat korosi atau karat pada besi konektor baterai remot.
  • Mungkin jalur pcb sirkuit remote ada yang putus.
  • Apabila didapati ada solderan yang retak pada komponen remote maka alangkah baiknya di solder ulang atau di panasi dengan hair dyer kurang lebih 10 menit.

Cahaya atau sinar remote control berkedip hanya satu kali.

  • Baterai sudah lemah atau mulai habis.
  • Bila pada pcb sirkuit ada elco maka ganti elco tersebut dengan yang baru. Bisa jadi elco telah aus dan kering.

Remote control nampak cahaya atau sinar namun tidak berfungsi untuk meremote perangkat.

Biasanya kerusakan seperti ini terjadi pada komponen kristal 445 Khz atau kristal 3 kaki. Coba periksa pada solderan atau ganti kristal tersebut dengan yang baru.



Tombol Remot sebagian tidak berfungsi.

Kerusakan berikut yang umumnya sering terjadi pada remote control. Yang mana ada beberapa tombol yang tidak berfungsi. Pada umumnya ini terjadi karena konektor pad maupun rubber kotor. Selain itu bisa juga karena ada penumpukan korosi.

Langkah perbaikannya bersihkan konektor pad dan rubber dengan kain kering yang halus, cotton bad, atau  dengan kapas dengan perlahan-lahan.


2. Menggunakan radio AM/MW sebagai deteksi sinyal remote.

Dengan cara menggunakan radio AM/MW ini sebetulnya sama dengan cara diatas yaitu dengan mengarahkan remote control ke radio AM/MW.

Dalam keadaan radio hidup kemudian tekan beberapa tombol remote sambil putar gelombang radio hingga radio berbunyi "treet...treet". Dengan begitu kita bisa mendeteksi tombol mana saja yang tidak berfungsi atau tombol yang mengalami kerusakan.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki remote tv rusak. semoga informasi ini bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan kita bersama.

0 Response to "Cara Memperbaiki Remot TV Rusak Macet Berhasil 100%"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel