Fungsi Resistor Pada Suatu Rangkaian Elektronika

Fungsi Resistor pada suatu rangkaian elektronika. Secara umum fungsi Resistor pada rangkaian elektronika adalah sebagai penghambat atau penahan arus listrik. Yang mana sebelum arus listrik tersebut disalurkan ke berbagai komponen lainnya yang ada pada sebuah rangkaian elektronika. Namun lebih daripada itu fungsi Resistor juga dapat mengendalikan arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian elektronik tersebut.

Dari berbagai fungsi Resistor di atas terdapat juga fungsi-fungsi lainnya dari Resistor. Fungsi lain dari Resistor diantaranya meliputi sebagai pembatas dan pembagi arus listrik. Yang mana Resistor dapat membatasi serta membagi arus yang keluar dari Resistor tersebut.

Resistor juga berperan sebagai penurun dan pembagi tegangan. Dengan artian Resistor dapat menurunkan tegangan yang dibutuhkan oleh komponen lain yang ada pada rangkaian elektronika tersebut.

Fungsi Resistor Pada Suatu Rangkaian Elektronika.


Fungsi Resistor Pada Suatu Rangkaian Elektronika

Fungsi-Fungsi Dasar Resistor.
  • Resistor sebagai penghambat arus listrik.
  • Resistor sebagai pembatas arus listrik.
  • Resistor sebagai pembagi tegangan.
  • Resistor sebagai penurun tegangan.

Sementara Resistor agar dapat menjalankan fungsi-fungsi dasar sebagaimana mestinya memerlukan hambatan tertentu yang memang sudah bersifat tetap (fix). Nilai hambatan ditentukan berdasarkan pita gelang warna yang terdapat pada badan Resistor tersebut.

Maka dari itu tak hayal jika Resistor ini paling sering di jumpai karena jika di lihat dari segi fungsi dan kegunaannya pun cukuplah penting pada suatu rangkaian elektronika.

Dari fungsi Resistor di atas merupakan penghambat atau penahan yang bersifat tetap. Dengan kata lain nilai yang terdapat pada Resistor tersebut tidak dapat di ubah serta telah ditentukan berdasarkan gelang warna yang ada pada badan Resistor tersebut.

Demikian pembahasan tentang fungsi Resistor pada suatu rangkaian elektronika. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Fungsi Resistor Pada Suatu Rangkaian Elektronika"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel