8 Cara Memperbaiki Baterai HP Kembung Dengan Langkah Tepat

8 Cara Memperbaiki Baterai HP Kembung Dengan Langkah Tepat. Mungkin di antara kita pernah mengalami suatu permasalahan pada hp atau ponsel kita. Permasalahan tersebut bisa saja terjadi dari baterai HP yang kita gunakan. Misalkan saja baterai hp kembung dan drop sehingga saat digunakan tidak tahan lama, baterai hp cepat habis. dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan permasalahan baterai hp yang kembung ini setiap orang atau setiap daerah menyebutnya berbeda-beda. Ada yang menyebut baterai HP melembung, baterai HP menggelembung, baterai HP melendung, baterai HP buncit, dan bahkan baterai HP hamil.

Namun dari penyebutan permasalahan tersebut intinya adalah sama dan satu maksud yang mana keadaan atau kondisi fisik baterai mengalami perubahan dan membesar dan bisa bisa di bilang baterai HP kembung. Hal ini bisa terjadi karena berbagai banyak faktor penyebab.

8 Cara Memperbaiki Baterai HP Kembung Dengan Langkah Tepat.


8 Cara Memperbaiki Baterai HP Kembung Dengan Langkah Tepat

Ada banyak faktor penyebab baterai HP kembung, yang di antaranya sebagai berikut:

Charger Tidak Original.

Charger yang bukan original memiliki tingkat output tegangan dan Ampere yang berbeda-beda. Hal ini belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai dari HP tersebut dan itu bisa merusakkan baterai.

Pemakaian Yang Ekstrim.

Pemakaian HP secara ekstrim yang mana kita memakai HP yang terlalu lama dan tanpa hentinya sehingga tidak ada kesempatan baterai HP untuk beristirahat. Misalkan main game tanpa henti. Saat baterai habis di charger sambil main game terus.

Saat HP di charger kita gunakan untuk online, main game, telepon dalam jangka waktu yang lama. Semua itu menyebabkan baterai HP cepat panas sehingga baterai HP lama-lama akan kembung.

Cara mengatasi baterai HP smartphone android yang kembung atau melembung.


  • Buka tutup baterai HP dan lepas baterai dari HP lalu diamkan baterai sejenak sampai baterai tidak panas atau dalam kondisi normal.

  • Masukan baterai ke dalam plastik atau bungkus baterai dengan plastik secara rapat. Dalam pembungkusan baterai ini harus benar-benar rapat dan Pastikan jangan sampai ada yang bocor.


  • Setelah itu masukan baterai yang di bungkus plastik tersebut ke dalam freezer lemari es.

  • Biarkan atau diamkan baterai di dalam freezer kurang lebih selama 24 jam, semakin parah baterai HP kembung maka waktu yang di butuhkan juga semakin lama bahkan sampai 2 hari atau 2 X 24 jam.

  • Apabila waktu sudah cukup maka ambil baterai dari freezer lalu bersihkan baterai dengan kain kering agar bekas air freezer benar-benar hilang dari baterai.

  • Kemudian diamkan baterai sampai kondisi suhu baterai normal atau tidak terlalu dingin. Bersihkan kembali baterai dengan kain kering sampai benar-benar kering dan tidak ada bekas air.

  • Lalu charger baterai dengan charger dekstop (charger kodok) sampai penuh.


  • Terakhir jika baterai sudah terisi penuh maka pasang dan hidupkan HP seperti biasanya.

Nah, itulah cara mengatasi baterai HP kembung atau melembung dengan cara yang mudah untuk kita terapakan sendiri dirumah. Semoga informasi berikut bisa bermanfaat sekaligus bisa menambah wawasan kita semua.

17 Responses to "8 Cara Memperbaiki Baterai HP Kembung Dengan Langkah Tepat"

  1. Makasih gan atas infonya ,,tapi itu baterai klu sdh di keluarkan dar dalam freezer apkah btri nya sdh tdk kembung lagi???

    BalasHapus
  2. ini beneran mau berhasil ?

    BalasHapus
  3. Gan saya mau nanya,Itu tidak pengaruh kan bagi freezernya?

    Mohon jawabannya. Trims

    BalasHapus
  4. Itu berpengaruh gk Ama freezer nya

    BalasHapus
  5. Terkadang ita masih ragu untuk mencobanya namun, cara ini sudah admin praktekkan sendiri dan hasilnya memang benar. Cara ini tidak mempengaruhi terhadap frezeer asalkan baterai tertutup dengan rapat dan pastikan tidak ada yang bocor.

    BalasHapus
  6. itu gak rusak ya batrainya?????????/

    BalasHapus
  7. Mungkin karena baterai tidak punya kwalitas yg standard

    BalasHapus
  8. Apa baterai nya bisa kembali menjadi langsing gan?

    BalasHapus
  9. Sama-sam mas dan terima kasih kembali.

    BalasHapus
  10. Tidak mas asalkan baterai di bungkus rapat dan jangan sampai bocor.

    BalasHapus
  11. Bisa tapi tergantung tingkat parahnya kembung baterai

    BalasHapus
  12. Berhasil silahkan dicoba

    BalasHapus
  13. Tidak, justru dengan cara ini bisa mengembalikan elemen baterai yang rusak penyebab baterai kembung

    BalasHapus
  14. Bisa saja namun tergantung tingkat keparahan rusak baterai ya

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel