Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Drop Atau Rusak Soak

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Drop Atau Rusak Soak. Aki memiliki peranan yang cukup penting baik itu pada sebuah kendaraan. Apabila aki rusak atau aki drop tentu ada sebagian komponen yang mengalami kendala dalam sistem kinerja nya dan salah satu contohnya adalah motor starter tidak akan berfungsi.

Cara memulihkan aki yang ngedrop atau soak dapat diterapkan dengan cara yang mudah dan ringan. Tentu hal ini akan lebih hemat dan tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk service aki. Pada dasarnya sebuah Aki lama kelamaan pasti akan mengalami kerusakan baik itu aki motor maupun aki mobil.

Ada beberapa faktor penyebab aki rusak mulai dari kita salah dalam pemakaian. Selain itu bisa juga di sebabkan dari usia aki tersebut yang mana pemakaian aki tersebut memang sudah terlampau lama. Kerusakan seperti ini memang alami atau natural dari aki itu sendiri.

Kalau memang aki sudah lapuk usia dan sudah tidak bisa di pakai maupun di perbaiki mungkin memang seharusnya segera ganti dengan aki yang baru. Saat aki kendaraan kita mengalami kerusakan mungkin ada baiknya kita coba untuk memperbaikinya sendiri.

Pada pebahasan kali ini admin akan berbagi tips dan cara agar aki ngedrop atau soak bisa digunakan kembali. Namun yang perlu di garis bawahi adalah cara ini tak sepenuhnya berhasil dan sukses di terapkan pada setiap aki yang rusak.

Tingkat keberhasilan dalam memperbaiki aki yang rusak sangat berpengaruh pada kondisi aki tersebut. Apabila komponen-komponen yang terdapat pada aki sudah dalam kondisi yang buruk dan sudah lapuk atau terdapat beberapa elemen yang putus maka kecil kemungkinannya akan keberhasil.

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Drop Atau Rusak Soak.


Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Drop Atau Rusak Soak

Dalam memperbaiki aki basah yang rusak tentunya kita akan membutuhkan beberapa bahan dan juga langkah-langkah dalam proses memperbaiki aki yang rusak tersebut. Untuk bahan-bahan serta cara memperbaiki aki basah yang rusak maka simak dan cermati dengan baik di bawah ini:

Bahan-Bahan Memperbaiki Aki Basah Rusak atau Soak.


  • Yang pertama tentunya aki yang rusak atau aki yang soak.
  • Obeng.
  • Air panas.
  • Obat sakit kepala atau bodrex.
  • Air aki zuur. Pastikan jangan salah air aki zuur yang untuk mengisi baru bukan untuk menambah. Biasanya orang menyebutnya dengan air aki sir.


Cara Memperbaiki Aki basah Soak atau Rusak.


  • Pertama kali buka tutup cairan aki dengan obeng.
  • Setelah itu buang cairan atau air aki yang lama sampai benar-benar tuntas.
  • Lalu isi aki dengan air panas kemudian kocok aki dan buang air kocok kan aki. Lakukan tahap ini 3 samapi 4 kali atau sampai air kocok kan aki benar-benar bersih.
  • Diamkan dan keringkan aki dengan cara di balik atau tutup cairan aki berada di bawah sekitar 4 jam atau sampai aki benar-benar kering.
  • Isi aki dengan air aki zuur sampai batas upper level dan setiap lubang di beri bodrex yang sudah di tumbuk halus atau di halus kan.
  • Diamkan aki kurang lebih satu hari agar cairan zuur dan bodrex bercampur.
  • Setelah itu pasang aki pada kendaraan dan hidupkan kendaraan agar aki mulai ter charger.
  • Aki sudah siap digunakan kembali.


Dengan cara ini sebagian aki yang rusak drop bisa diperbaiki. Namun tidak semua aki yang rusak bisa diperbaiki dengan cara ini akan sepenuhnya berhasil kembali ke poin yang telah admin jelaskan di atas. Silahkan dicoba apabila berhasil itu berarti kerusakan aki memang belum terlalu parah.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki aki basah soak. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan kita dan juga bisa bermanfaat bagi kita semua.

1 Response to "Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Drop Atau Rusak Soak"

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel