Penyebab Transistor Horizontal TV Jebol atau Rusak Terus

DIVAIZ - Penyebab Transistor Horizontal TV Jebol atau Rusak Terus. Transistor horizontal disebut juga sebagai Transistor HOT (Horizontal Output Transistor) yang memiliki fungsi sebagai penguat horizontal pada rangkaian Televisi berjenis tabung (CRT). Pada saat memperbaiki Televisi kadang kita pernah mengalami permasalahan kerusakan pada Televisi yang mana kerusakan tersebut pada Transistor horizontal.

Kerusakan Transistor horizontal memang umum terjadi atau sering terjadi pada Televisi. Seperti halnya Transistor horizontal konslet, Transistor horizontal TV jebol, Transistor horizontal terbakar, Transistor horizontal short, dan Transistor  TV mati total.

Transistor horizontal sering rusak karena memang kinerja dari Transistor horizontal cukup berat. Selain itu Transistor terbebani arus yang besar sehingga cepat mengalami panas dan juga beresiko dan sering mengalami kerusakan.

Kadang kita pernah mengalami masalah saat memperbaiki TV dengan kerusakan pada Transistor horizontal. Setelah menggantinya dengan Transistor horizontal yang baru kemudian kita menyalakan Televisi lalu Transistor TV jebol terus. Kita coba ganti Transistor horizontal lagi lalu setelah itu Transistor horizontal rusak lagi dan begitu seterusnya.

Penyebab Transistor Horizontal TV Jebol atau Rusak Terus.


Penyebab Transistor Horizontal TV Jebol atau Rusak Terus

Transistor horizontal jebol terus bisa di sebabkan oleh berbagai faktor yang menghambat kinerja dari Transistor horizontal tersebut. Sebagian faktor-faktor penyebab Transistor horizontal TV jebol terus di antaranya adalah:

  • Playback TV rusak atau playback short.
  • Capasitor milar atau kapasitor damper short atau rusak, kapasitor damper ini bisanya berukuran 6.8nF-10nF /1kV-2kV yang terletak di dekat playback.
  • Transistor horizontal overheat atau mengalami panas yang berlebihan, maka tambahkan saja heatsink atau pendingin aluminium secukupnya guna mengurangi panas yang berlebihan saat Televisi di nyalakan dalam waktu lama.
  • Dioda rusak atau short.
  • Tegangan yang masuk pada Transistor horizontal terlalu tinggi.
  • Transistor horizontal murahan atau kualitas yang kurang bagus sehingga kinerja nya kurang optimal.


Namun kerusakan Transistor horizontal tidak terbatas dari faktor-faktor di atas. Tidak menutup kemungkinan juga kerusakan Transistor horizontal tv bisa saja dari komponen lainnya baik itu Resistor, Elco, dan lain sebagainya.

Maka dari itu langkah terbaik adalah dengan cek secara keseluruhan antara komponen yang terhubung dengan Transistor horizontal tersebut. Pastikan juga komponen-komponen tersebut dalam kondisi baik.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab Transistor horizontal sering jebol atau Transistor horizontal jebol terus, semoga bisa menambah wawasan kita semua dalam bidang elektronika dan tak lupa juga semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Transistor Horizontal TV Jebol atau Rusak Terus"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel